Topik Terkait: Alam Semesta

  • Apakah Al-Quran Memiliki Definisi tentang Umur Alam Semesta?
    Dunia Islam
    Rabu, 13 Desember 2023 - 16:45 WIB
    Telah dibuktikan, bahwa alam semesta telah sangat tua. Diperkirakan umurnya telah berbilliun-billiun tahun. Tampaknya kitab Injil Kristen mengecilkan (mengurangi) umur alam semesta beberapa ribu tahun.
  • 5 Keajaiban Al-Quran di Alam Semesta
    Hikmah
    Senin, 15 Januari 2024 - 15:11 WIB
    Berikut 5 keajaiban Al-Quran di alam semesta. Pertama, Pertemuan dua air laut yang tidak menyatu. Kedua, api di dasar laut. Ketiga, garis edar tata surya. Keempat, sungai di dasar laut. Kelima, terbentuknya air hujan.
  • 6 Pertanyaan di Alam Kubur dan Cara Menjawabnya
    Tausyiah
    Selasa, 02 Agustus 2022 - 00:11 WIB
    Alam Kubur atau alam barzakh merupakan gerbang pertama menuju alam akhirat. Setiap manusia yang memasuki alam kubur akan ditanya oleh Malaikat tentang enam perkara.
  • Tiga Soal Ujian di Alam Kubur untuk Dapat Tiket Surga atau Neraka
    Tausyiah
    Senin, 08 Juni 2020 - 15:17 WIB
    Kewajiban setiap muslim, tanpa terkecuali, dituntut untuk mengetahui serta menyakini, bahwa di dalam kubur nanti ada nikmat maupun siksa bagi penghuninya.
  • Nabi Muhammad Bukan Manusia Biasa! Beliau Penghulu Alam Semesta
    Hikmah
    Selasa, 19 November 2019 - 05:15 WIB
    Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Kalimat bijak ini sangat tepat untuk mereka yang mungkin khilaf membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan mantan presiden yang notabene adalah umatnya.
  • 4 Perkara yang Menyelamatkan Manusia di Alam Kubur
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 05:10 WIB
    Untuk mendapatkan kenikmatan kubur tentu tidak dapat diraih begitu saja kecuali dengan amal saleh ketika hidup. Berikut ini empat perkara yang menyelamatkan di alam kubur.
  • Mengingat Maut dan Alam Kubur
    Muslimah
    Minggu, 23 Mei 2021 - 10:54 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam selalu menasehati para sahabatnya. Salah satu nasehat beliau adalah tentang siksa kubur dan alam kubur, yang senantiasa mengingatkan bahwa sifat takut karena Allah adalah sesuatu yang sangat penting.
  • Asbabun Nuzul Maryam Ayat 64: Bukti Kekuasaan Allah SWT Pemilik Alam Semesta
    Muslimah
    Minggu, 10 Desember 2023 - 13:06 WIB
    Asbabun Nuzul surat Maryam berguna untuk meningkatkan keimanan seorang muslim. Surat Maryam surat tergolong surat Makkiyah yang disebut sebagai surat ke-19 dalam Al-Quran dan terdiri dari 98 ayat.
  • Alam Barzakh: Teori Frekuensi dan Gelombang-Gelombang Suara
    Tausyiah
    Senin, 21 Februari 2022 - 18:11 WIB
    Cendekiawan Muslim Musthafa Al-Kik mencoba menghubungkan kejadian saat kematian, kehidupan barzakh, dan peristiwa sesudahnya dengan teori frekuensi dan gelombang-gelombang suara.
  • Doa Rasulullah Saat Terjadi Bencana Alam
    Muslimah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 07:42 WIB
    Wilayah Indonesia berada dalam kawasan yang rentan bencana alam. Salah satunya adalah bencana gempa bumi. Dalam pandangan Islam gempa bumi ini merupakan bagian dari tanda kekuasaan Allah Subhanahu wa taala di alam semesta ini.
  • Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur dan Orang yang Selamat
    Hikmah
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 17:21 WIB
    Setiap manusia yang memasuki alam kubur akan ditanya oleh Malaikat Munkar dan Nakir tentang beberapa perkara. Berikut gambaran Munkar dan Nakir dan pertanyaannya kepada mayit.
  • Begini Sikap Malaikat yang Melakukan Interogasi di Alam Kubur
    Tausyiah
    Senin, 30 Mei 2022 - 15:18 WIB
    Orang kafir, setelah memberi jawaban yang salah, terdengar seruan di langit, Ia telah berdusta. Siapkanlah tempat tidur dari api neraka dan bukalah pintu menuju neraka!
  • Tadabbur Al-Baqarah Ayat 29: Penciptaan 7 Lapis Langit dan Penjelasan Sains
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 17:54 WIB
    Tadabbur ayat Al-Quran kali ini mengulas tentang penciptaan tujuh lapis langit yang sempurna. Keberadaan tujuh lapis langit ini telah diisyaratkan Al-Quran. Berikut penjelasannya.
  • Kengerian Alam Kubur: Setiap Mukmin Inginkan Kiamat Dipercepat
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 12:28 WIB
    Karena fase setelah kubur lebih mudah bagi yang telah selamat, maka seorang mukmin dalam kuburnya, ketika melihat surga yang disiapkan Allah, berkata, Ya Tuhan, segerakanlah terjadinya kiamat.
  • 5 Ayat Yasin tentang Fenomena Alam Berikut Penjelasannya
    Hikmah
    Jum'at, 02 September 2022 - 05:10 WIB
    Ayat Yasin tentang fenomena alam menjadi bukti dan tanda-tanda kebesaran Allah Yang Maha Agung. Berikut ini lima ayat tentang fenomena alam dalam Surat Yasin.
  • Hidup di Alam Kubur Bagai Berada dalam Ruangan Terpisah yang Terbuat dari Kaca
    Tausyiah
    Sabtu, 19 Februari 2022 - 07:12 WIB
    Para ulama mengartikan alam barzakh sebagai periode antara kehidupan dunia dan akhirat. Keberadaan di sana memungkinkan seseorang untuk melihat kehidupan dunia dan akhirat.
  • Ekspresi Orang Tua di Alam Kubur Ketika Diziarahi Anaknya
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 10:22 WIB
    Ziarah kubur termasuk amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Bagaimana ekspresi orang tua di alam kubur ketika diziarahi dan didoakan anaknya?
  • Bencana Alam Bertubi-tubi, Jangan Lupa Membaca Doa Ini
    Tausyiah
    Minggu, 17 Januari 2021 - 07:30 WIB
    Musibah yang menimpa manusia baik kematian, gempa bumi, gunung meletus, banjir, tanah longsor, tidaklah terjadi kecuali atas izin Allah Taala. Berikut doa saat terjadi bencana alam.
  • Wabah Covis-19 di Saat Bulan Haram, Siklus Semesta Alam?
    Hikmah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 07:30 WIB
    Sangat penting dipahami bahwa wabah penyakit, termasuk COVID-19, adalah suatu fenomena alam biasa. Tidak perlu panik, tetapi perlu kewaspadaan tinggi
  • Penjelasan Logika Nabi Ibrahim saat Melakukan Pencarian
    Tausyiah
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Ibrahim sangat menyadari bahwa Allah menguasai alam semesta. Pertanyaannya: Apakah sumber kekuatan itu terdiri dari benda-benda langit ini, atau suatu Wujud Yang Mahakuasa, yang lebih tinggi daripadanya?