Topik Terkait: Pujian Dalam Islam

  • Hakikat Pujian adalah Ujian, Hati-hati Saat Menerimanya
    Muslimah
    Senin, 27 Juni 2022 - 09:53 WIB
    Fitrah manusia pasti senang dipuji, namun Islam mengingatkan bahwa pujian pada hakikatnya adalah ujian. Kenapa demikian? Karena ujian itu bisa berupa ujian kebaikan maupun keburukan.
  • Menyikapi Pujian dan Menghindari Bahayanya
    Muslimah
    Jum'at, 10 Juli 2020 - 16:06 WIB
    Dalam kehidupan sehari-hari, pasti akan menemui berbagai karakter manusia. Salah satunya, seseorang yang selalu gemar memuji, dipuji atau bahkan yang gila pujian. Soal pujian ini, ternyata ada bahaya yang mengintainya.
  • Menilik Fenomena Childfree dalam Sudut Pandang Islam, Benarkah Dilarang?
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 15:14 WIB
    Childfree adalah sebuah istilah dimana seseorang memilih untuk tidak punya anak setelah menikah. Bagaimana padangan Islam terhadap paham ini? Simak ulasan berikut.
  • Bahayanya Pujian, Ini 6 Penyakit yang Ditimbulkannya
    Muslimah
    Senin, 25 Januari 2021 - 18:27 WIB
    Pujian seseorang kepada orang lain biasanya disampaikan dengan kata-kata manis. Ada yang betul-betul ikhlas memberikannya karena seseorang itu layak dipuji, namun ada pula dicampuri dengan pamrih tertentu.
  • Bolehkah Berdebat dalam Perspektif Islam?
    Tips
    Jum'at, 02 Juli 2021 - 17:40 WIB
    Kita sering mendapati banyak orang berdebat baik di acara formal ataupun di berbagai media sosial. Bagaimana Islam menyikapi debat, bolehkah?
  • Ketika Seseorang Mendapat Pujian, Begini Pesan Rasulullah
    Tausyiah
    Kamis, 17 Desember 2020 - 11:42 WIB
    Setiap muslim yang beramal tentu ingin mendapatkan keridhaan Allah Taala karena ridha Allah merupakan kenikmatan tertinggi dari segala nikmat-Nya.
  • Nasihat untuk Pemimpin, Begini Politik dan Kekuasaan dalam Islam
    Tausyiah
    Kamis, 25 Agustus 2022 - 22:03 WIB
    Bagi yang saat ini mengemban amanah mengurus umat, ada baiknya menyimak pesan Rasulullah SAW berikut. Beliau memuji penguasa dengan sebutan Naungan Allah.
  • Apakah Melukis Atau Menggambar Haram dalam Islam? Ini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 23 Mei 2023 - 17:33 WIB
    Banyak yang bertanya tentang hukum melukis atau menggambar dalam Islam. Bolehkah atau dilarang? Simak penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan berikut.
  • Hukum Memungut Pajak dari Rakyat dalam Pandangan Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 22:01 WIB
    Bagaimana hukum memungut pajak dari rakyat dalam pandangan Islam? Bolehkah hal ini dilakukan negara atau pemerintah? Mari simak penjelasan berikut.
  • Asy-Syifa’ binti Abdullah, Ilmuwan Perempuan Pertama Dalam Islam
    Muslimah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 09:10 WIB
    Sosok ini dikenal sebagai seorang muslimah yang pandai dan berilmu tinggi, di masa awal datangnya Islam. Di mana pada saat itu hanya segelintir perempuan yang diperbolehkan menulis dan membaca.
  • Bolehkah Melakukan Perjanjian Pranikah dalam Islam?
    Hikmah
    Senin, 31 Juli 2023 - 10:29 WIB
    Perjanjian pranikah, sesuatu yang semula terdengar tabu sepertinya mulai dipopulerkan di Indonesia. Terutama mulai didengar dari model-model pernikahan di kalangan selebritas di Tanah Air.
  • Batasan Berhias bagi Wanita dalam Islam Beserta Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 18:39 WIB
    Batasan berhias bagi wanita dalam Islam penting diketahui oleh kalangan muslimah. Batasan ini, sebagai rambu-rambu agar berhias atau berdandan kaum muslimah sesuai dengan tuntunan syariat.
  • Bagaimana Pola Asuh dan Cara Menyapih Anak dalam Islam?
    Muslimah
    Senin, 26 Juni 2023 - 14:30 WIB
    Dalam Islam dibolehkan untuk menyusui anak hingga berumur lebih dari dua tahun, sebagaimana dibolehkan untuk menyapihnya kurang dari dua tahun, dengan dua syarat, y tidak membahayakan kesehatan anak maupun ibu, serta disepakati kedua orang tuanya.
  • Hukum Mewarnai Rambut dalam Islam Beserta Dalilnya
    Tips
    Jum'at, 04 November 2022 - 09:48 WIB
    Hukum mewarnai rambut dalam Islam adalah boleh bahkan dianjurkan. Hal ini berbeda dengan orang-orang Yahudi dan Nasrani yang tidak memperkenankan menyemir rambut dan merombaknya.
  • Mimpi Hamil Menurut Islam, Bagaimana Arti dan Maknanya?
    Muslimah
    Senin, 13 Desember 2021 - 06:26 WIB
    Mimpi hamil menurut Islam, tidak ada penjelasan spesifik tentangnya, begitu juga dengan dalil yang membahasnya. Akan tetapi, mimpi tersebut bisa ditafsirkan banyak arti dan pendapat, tergantung siap yang bermimpi.
  • Turunnya Ayat Perintah Berperang dalam Islam, Begini Pesan Al-Quran
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 23:59 WIB
    Banyak Ayat yang membahas tentang perang, namun perlu diingat bahwa ayat-ayat perang ini berkaitan dengan sisi historis dan sebab turunnya ayat tersebut.
  • Inilah Kemuliaan-kemuliaan Wanita Muslimah dalam Islam
    Muslimah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 13:00 WIB
    Kaum wanita dalam ajaran Islam, sangat dimuliakan. Kedudukan dan fungsinya mendapatkan penghargaan dan dihargai semenjak pertama kali lahir ke bumi.
  • Syarat Poligami dalam Islam: Sanggup Berlaku Adil
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 09:53 WIB
    Syarat poligami dalam Islam adalah adil di antara para isterinya, dalam masalah makan, minum, berpakaian, tempat tinggal, menginap dan nafkah. Berikut pendapat Syaikh Yusuf al-Qardhawi.
  • Kesetaraan Perempuan Dalam Islam
    Muslimah
    Rabu, 21 April 2021 - 10:44 WIB
    Momen peringatan Hari Kartini, selalu membahas tentang kesetaraan perempuan. Padahal bila menengok sejarah awal Islam, kesetaraan perempuan dengan lelaki ini telah ada di masa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Adakah Perjanjian Pranikah Dalam Islam?
    Muslimah
    Jum'at, 26 Februari 2021 - 08:24 WIB
    Istilah perjanjian pra nikah mulai trend. Sesuatu yang semula terdengar tabu, sepertinya mulai dipopulerkan di Indonesia, terutama mulai didengar dari model-model pernikahan di kalangan selebriti Tanah Air.