Kumpulan Artikel: Zuhud (halaman 3)

  • Kisah Tabiin Cerdas Iyas Bin Mu’awiyah Al-Muzanni
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 10:23 WIB
    Orang-orang datang kepadanya dari berbagai penjuru untuk bertanya tentang ilmu dan agama. Sebagian ingin belajar, ada yang ingin menguji dan ada pula hendak berdebat kusir.
  • Nasehat Mahal dan Menyentuh dari Tabiin Syaikh Ar-Rabi bin Khutsaim
    Hikmah
    Kamis, 25 Juni 2020 - 13:15 WIB
    Waspadalah kalian terhadap dosa yang meski tersembunyi dari orang-orang, namun jelas bagi Allah Subhanahu wa Taala, segeralah datangkan obatnya! ujar Ar-Rabi.
  • Pengetahuan Tentang Tuhan (1): Miniatur Kekuasaan dan Cinta Sang Pencipta
    Tausyiah
    Kamis, 25 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Jika semua orang pandai dari seluruh dunia dikumpulkan dan hidup mereka diperpanjang sampai waktu yang tidak terbatas, tidak akan bisa mereka hasilkan perbaikan apa pun atas bangun satu bagian saja dari jasad manusia.
  • Tangis Si Kecil di Tengah Malam yang Mengaduk-aduk Perasaan Bunda
    Hikmah
    Rabu, 24 Juni 2020 - 18:10 WIB
    Ia membenarkan bahwa dirinya telah membunuh seorang jiwa ketika sang bunda bertanya apakah dirinya telah berbuat jahat atau telah membunuh orang?
  • Dituduh Menyimpang karena Tidak Menikah dan Menolak Makan Daging
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 11:35 WIB
    Beliau terjun di kancah peperangan dengan gigih yang tiada orang lain segigih beliau. Akan tetapi di saat pembagian ghanimah, tiada yang lebih enggan menerima daripada heliau.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Pengetahuan Tentang Diri Kunci Pengetahuan Tentang Tuhan (3-Habis)
    Tausyiah
    Senin, 22 Juni 2020 - 04:40 WIB
    Suatu bagian penting dari pengetahuan kita tentang Tuhan timbul dari kajian dan renungan atas jasad kita sendiri yang menampakkan pada kita kebijaksanaan, kekuasaan, serta cinta Sang Pencipta.
  • Permintaan Pertama: Mencabut Rasa Cinta kepada Wanita
    Hikmah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 14:17 WIB
    Alqamah bin Martsad mengatakan puncak orang yang zuhud ada delapan orang dan yang terdepan adalah Amir bin Abdillah At-Tamimi. Siapa lelaki zuhud ini?
  • Pengetahuan Tentang Diri Kunci Pengetahuan Tentang Tuhan (2)
    Tausyiah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 04:34 WIB
    Menurut Imam Ghazali, sementara hati para nabi dan wali, meskipun mereka juga mempunyai nafsu seperti kita, sangat peka terhadap segenap kesan-kesan ilahiah
  • Sampaikan Cita-Cita Tinggi di Kaki Kabah, Semua Terkabul
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 17:49 WIB
    Keempat remaja, Abdullah bin Zubair, Musab bin Zubair, Urwah bin Zubair, dan Abdul Malik bin Marwan menyampaikan cita-citanya di kaki Kabah. Semua cita-cita itu terkabul.
  • Di Kaki Kabah, Tatkala Khalifah Meminta Fatwa dari Bekas Budak
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 15:07 WIB
    Tiada aku melihat seorangpun yang lebih mengharapkan wajah Allah dengan ilmunya melainkan tiga orang, Atha, Thawus, dan Mujahid (Salamah bin Kuhail)
  • Cinta kepada Allah dan 7 Ujian ke Arah Sana (3-Habis)
    Tausyiah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Sebenarnyalah, ujar Imam Ghazali, jika kecintaan kepada Allah benar-benar menguasai hati manusia, maka semua cinta kepada yang lain pun akan hilang.
  • Dua Versi Tentang Pertobatan Malik Bin Dinar yang Dramatis
    Hikmah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 17:35 WIB
    Malik bin Dinar adalah orang yang berbeda dengan Malik Dinar, salah satu sahabat Rasulullah. Meskipun namanya mirip, namun Malik Dinar hidup di masa yang berbeda dengan Malik bin Dinar.
  • Allah Menempatkan Kebenaran di Lidah dan di Hati Umar
    Hikmah
    Kamis, 11 Juni 2020 - 14:14 WIB
    Rasulullah berkata: Allah menempatkan kebenaran di lidah dan di hati Umar. Dialah al-Faruq (Pemisah), yang memisahkan antara yang hak dengan yang batil.
  • Berlaku Zuhud, Gus Miftah: Kaya Boleh tapi Jangan Cinta Harta
    Tausyiah
    Jum'at, 17 April 2020 - 03:30 WIB
    Gus Miftah menyarankan agar orang kaya punya sifat zuhud: boleh punya tapi tak boleh cinta. Sementara, orang miskin punya sifat wirok, menjaga kehormatan dirinya dari minta-minta.