Topik Terkait: Anak Durhaka

  • Alqomah, Anak Durhaka yang Akan Dibakar Nabi Itu Hanya Kisah Bohong?
    Hikmah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 19:26 WIB
    Kisah ini sangat masyhur dan laris, dipasarkan oleh para khatib di mimbar-mimbar, dan masyhur disampaikan di sekolah-sekolah terutama dalam buku-buku kurikulum.
  • Agar Anak Tidak Durhaka pada Orang Tuanya
    Muslimah
    Senin, 09 Agustus 2021 - 07:05 WIB
    Anak sejatinya adalah amanat bagi bapak dan ibunya (kedua orang tuanya). Hati mereka suci dan bersih lahir batin bahkan sebelum mereka dilahirkan. Namun kenapa masih ada anak durhaka kepada orang tuanya?
  • Ngerinya Durhaka Kepada Orang Tua, Dosa Besar yang Mengiringi Syirik
    Muslimah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Allah akan meridhai kita jika orang tua meridhainya, dan apabila orangtua murka kepada kita maka Allah pun begitu. Karena itu, jika anak mendurhakai orang tuanya, maka itu termasuk dosa yang sangat besar
  • Fenomena Anak Durhaka, Orang Tua harus Bermuhasabah Diri
    Muslimah
    Senin, 21 Maret 2022 - 19:10 WIB
    Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini, banyak orang tua yang mengeluhkan perilaku buruk, tidak senonoh, dan berbagai bentuk kedurhakaan anak mereka
  • Allah Taala Percepat Azab bagi Orang yang Durhaka kepada Orang Tua
    Tausyiah
    Minggu, 10 September 2023 - 13:45 WIB
    Azab bagi mereka yang durhaka kepada kedua orang tuanya tidak selalu menunggu sampai di akhirat kelak. Allah mempercepat azab bagi para pendurhaka tersebut saat di dunia dan di akhirat k
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Kisah Azab Pedih dari Putri yang Durhaka
    Muslimah
    Sabtu, 20 November 2021 - 13:41 WIB
    Allah berkali-kali memerintahkan hamba-Nya untuk selalu berbakti dan menghormati kedua orangtua. Sementara bagi mereka yang berbuat durhaka, Allah telah menyiapkan azab yang amat pedih.
  • Doa Agar Anak Nurut Perkataan Orang Tua, Dibaca Setiap Hari
    Tips
    Selasa, 07 Desember 2021 - 11:37 WIB
    Doa agar anak nurut perkataan orang tua perlu kita amalkan agar mereka menjadi anak saleh/saleha. Berikut doanya bersumber dari Al-Quran dan Hadis.
  • Adab Orang Tua kepada Anak : Jadi Pemaaf agar Anak Selamat dari Dosa Durhaka
    Tips
    Jum'at, 04 November 2022 - 15:46 WIB
    Setiap anak harus berbhakti dan menunjukkan adab yang baik kepada orang tuanya. Sebaliknya, orang tua juga dituntut untuk bersikap yang baik terhadap anaknya. Hal itu merupakan salah satu adab terbaik orang tua kepada anak-anaknya.
  • Tidak Sendiri dalam Mendidik Anak
    Muslimah
    Jum'at, 03 September 2021 - 09:07 WIB
    Tuntunan mendidik anak telah dicontohkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sebagai teladan paripurna bagi kita umatnya. Lantas bagaimana kita sebagai orang tua menerapkan tuntunan Rasulullah ini?
  • Mulai Kapan Anak-anak Perempuan Wajib Berhijab?
    Muslimah
    Kamis, 09 Juli 2020 - 16:07 WIB
    Banyak anak usia balita sudah mengenakan jilbab dengan aneka hijab yang lucu dan menggemaskan. Sebenarnya, sejak usia berapakah kewajiban berhijab ini diberlakukan?
  • Menjadikan Anak sebagai Penyejuk Hati
    Muslimah
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 09:00 WIB
    Dalam pandangan Islam, seorang anak adalah qurrota ayun atau penyejuk hati. Qurrotu ayun adalah menyejukkan pandangan mata karena sejak dini, anak telah diarahkan kepada jalan Allah Subhanahu wa Taala.
  • Mendidik Anak Lelaki yang Menghargai Perempuan
    Muslimah
    Kamis, 30 September 2021 - 09:02 WIB
    Mendidik anak lelaki yang beradab mulia pada kaum perempuan menjadi amat penting, karena kaum lelakilah yang kelak memimpin generasi. Mereka adalah pemimpin bagi kaum perempuan.
  • Keistimewaan Mendidik Anak-anak Perempuan
    Muslimah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 09:28 WIB
    Ada keistimewaan bagi orang tua yang mendidik anak-anak perempuan. Bahkan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menekankan dan mengingatkan ada pahala yang besar yang akan didapat saat mendidik anak perempuan.
  • Mendidik Anak Berlandaskan Fitrah : Role Model Menanamkan Akidah Sejak Dini
    Muslimah
    Kamis, 19 Oktober 2023 - 11:05 WIB
    Dalam Islam, pemenuhan pendidikan berlandaskan fitrah seorang manusia merupakan hal terpenting, sebab ia adalah pola penanaman akidah paling penting bagi anak.
  • 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Anak di Luar Nikah
    Muslimah
    Sabtu, 18 September 2021 - 05:15 WIB
    Banyak pasangan muda mudi kebablasan dalam menjalin cinta. Sebagian remaja, bahkan terjerumus pada zina, hingga sang perempuan hamil. Tentu saja ini menjadi masalah karena terkait status anak setelah dilahirkan.
  • Banyak Anak Banyak Keuntungan?
    Muslimah
    Sabtu, 19 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Banyak anak banyak rezeki? Ah, itu hanya pepatah kuno. Sudah tidak zamannya lagi !! Padahal dalam pandangan Islam, membatasi jumlah kelahiran dengan alasan takut miskin, ternyata jauh lebih kuno dan ketinggalan zaman.
  • Hikmah Seringnya Mencium Anak, Bentuk Kasih Sayang hingga Mengamalkan Sunnah
    Muslimah
    Kamis, 21 Desember 2023 - 13:47 WIB
    Mencium anak-anak merupakan bentuk kasih sayang orang tua kepada buah hati mereka. Bahkan Syariat menganjurkan, ciumlah anak setiap hari dan izinkan mereka mencium kepala bapak dan kepala ibunya.
  • Mengapa Doa Anak Yatim Sangat Mustajab?
    Hikmah
    Jum'at, 16 Februari 2024 - 09:42 WIB
    Anak yatim sangat dimuliakan dalam Islam, dan ini adalah perintah Allah Subhanahu wa Taala dan Rasul-NYA. Dalam Al Quran Allah menjelaskan tentang anak yatim sampai berpuluh kali.
  • Melatih Tanggung Jawab Anak dengan Sikap Profesional
    Muslimah
    Senin, 14 September 2020 - 17:30 WIB
    Di antara tiga tingkatan agama adalah ihsan. Ihsan ini perlu kita tanamkan dan ajarkan kepada anak sebagai generasi penerus kita. Ihsan memiliki banyak makna, ada beberapa dimensi dari ihsan.
  • Parenting Islami : Mengajarkan Anak Bermain Sesuai Fitrahnya
    Muslimah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 10:48 WIB
    Salah satu ikhtiar dalam mendidik anak adalah memenuhi kebutuhan dasarnya, yakni bermain. Namun, hal tersebut belum sepenuhnya dipahami oleh para orang tua zaman sekarang.