Topik Terkait: Kisah Maryam

  • Surah Maryam Ayat 26: Kisah Maryam Berpuasa Bicara
    Tausyiah
    Senin, 28 Maret 2022 - 17:08 WIB
    Secara umum, surat Maryam ayat 26 berbicara mengenai kitab Allah SWT kepada Maryam agar ia makan, minum dan berbahagia di tengah carut-marut persoalan kehamilannya.
  • Kisah Siti Maryam Bunda Nabi Isa dalam Al-Quran
    Hikmah
    Minggu, 17 Juli 2022 - 18:02 WIB
    Al-Quran menyatakan bahwa Siti Maryam adalah putri Imran. Beliau dinazarkan kepada Allah ketika masih dalam perut ibunya. Hal ini termaktub dalam surat Ali Imran:ayat 35-36.
  • Mengapa Hanya Maryam, Perempuan Terpilih  yang Diabadikan Al-Quran?
    Muslimah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 19:18 WIB
    Ada satu nama perempuan mulia yang disebutkan dalam Al-Quran dan menjadi salah satu nama surat dalam kitab suci umat Islam ini. Dialah Maryam binti Imran.
  • Mengulik Asbabun Nuzul Surat Maryam Ayat 77
    Tips
    Kamis, 14 Desember 2023 - 08:29 WIB
    Asbabun nuzul Surat Maryat ayat 77 menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Dengan memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui asal-usul atau penyebab turunnya ayat tersebut.
  • Maryam binti Imran : Satu-satunya Perempuan Terpilih yang Diabadikan dalam Surat Al-Quran
    Muslimah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 08:45 WIB
    Maryam binti Imran merupakan satu-satunya nama perempuan mulia yang disebut dalam Al-Quran, bahkan namanya diabadikan menjadi salah satu nama surat dalam kitab suci umat Islam ini
  • Keutamaan Surat Maryam untuk Ibu Hamil
    Muslimah
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 14:21 WIB
    Keutamaan Surat Maryam untuk ibu hamil penting untuk diketahui para muslimah yang akan menjadi calon ibu. Pasalnya banyak sekali fadhilah bacaan surat Al-Quran ini
  • Kisah-Kisah Mengharukan Jelang Wafatnya Rasulullah SAW
    Hikmah
    Minggu, 15 November 2020 - 13:13 WIB
    Menanggapi perkataan Umar itu para sahabat berselisih pendapat. Ada yang minta supaya segera disediakan alat tulis agar Rasulullah menuliskan wasiatnya yang terakhir.
  • Kisah Dalam Al-Quran yang Terulang dan yang Tak Terulang Kembali
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 14:13 WIB
    Jika Al-Quran tidak menyebut secara eksplisit nama tokoh dalam konteks kisahnya, maka peristiwa serupa dapat terulang. Sebaliknya, jika Al-Quran menyebut nama tokohnya, maka peristiwa itu tidak akan terulang.
  • Kisah Hikmah, Seorang Putri Pengusaha Jatuh Cinta kepada Budak Ayahnya
    Hikmah
    Senin, 24 Juli 2023 - 20:53 WIB
    Banyak kisah dan peristiwa aneh penuh hikmah bisa dijadikan penghibur sekaligus pelajaran berharga. Berikut kisah seorang putri pengusaha jatuh cinta kepada budak ayahnya.
  • Kisah Mengharukan Umar Bin Khattab Masuk Islam
    Hikmah
    Senin, 04 Juni 2018 - 16:27 WIB
    Umar bin Khattab bin Nafiel bin Abdul Uzza atau lebih dikenal dengan Umar bin Khattab (581- November 644) adalah salah seorang sahabat Nabi Muhammad yang juga khalifah kedua Islam (634-644).
  • Kisah Abrahah yang Sombong dan Kehancuran Tentara Gajah
    Hikmah
    Kamis, 26 September 2019 - 18:49 WIB
    Ada dua peristiwa besar yang terjadi di Makkah pada masa Abdul Mutthalib (kakeknya Nabi Muhammad SAW). Pertama, penggalian sumur zam-zam oleh Abdul Mutthalib dan penyerangan Abrahah.
  • Kisah Kebijaksanaan Rasulullah Saat Pembebasan Makkah
    Hikmah
    Jum'at, 17 Mei 2019 - 14:37 WIB
    Dalam peristiwa Fathu Makkah ada satu kisah kebijaksanaan Rasulullah yang menyentuh hati. Kedatangan beliau ke Makkah berhasil membebaskan Makkah dari kesyirikan tanpa perlawanan dari kaum quraisy.
  • Maryam binti Imran, Sosok yang Taat dalam Menjaga Kesucian
    Muslimah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 06:00 WIB
    Maryam binti Imran, dialah ibunda Nabi Isa Alaihisalam. Maryam menjadi figur perempuan mulia yang menjaga kehormatan dirinya dan taat beribadah kepada Rabbnya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Khasiat Darah Manusia
    Hikmah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 06:19 WIB
    Karena raja tidak mempunyai iman, ia harus memiliki sesuatu yang sepadan. Sesuatu itu adalah gabungan antara tekadnya sendiri dan harapan mulia para ibu.
  • Kisah Sufi Suhrawardi: Burung dan Telur
    Hikmah
    Selasa, 04 Januari 2022 - 13:18 WIB
    Kisah ini terdapat dalam beragam bentuk pada versi-versi yang berbeda dari karya Suhrawardi, Awarif al-Maarif pada abad kedua belas, dan mengandung berbagai pesan.
  • Kisah Sufi: Keperluan yang Kian Mendesak
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 16:30 WIB
    Lantaran kekayaannya, seorang penguasa tiran Turkestan ingin berjumpa dengan Nabi Kidir. Seorang sufi menyanggupinya karena butuh uang untuk keluarganya.
  • Kisah Orang Buta yang Sembuh Berkat Jubah Rasulullah
    Hikmah
    Kamis, 17 Mei 2018 - 21:50 WIB
    KISAH ini adalah satu dari sekian banyak kisah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW) yang perlu kita ketahui. Selain menarik, kisah ini mengandung hikmah yang besar.
  • 3 Macam Kisah dalam Al-Quran dan 4 Hikmahnya
    Hikmah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 16:57 WIB
    Ada tiga macam kisah dalam Al-Quran. Dan adanya kisah-kisah yang ada dalam Al-Quran itu mempunyai beberapa tujuan atau hikmah. Berikut penjelasannya.
  • Kisah Indah Jelang Buka Puasa Sayyidah Aisyah
    Muslimah
    Minggu, 02 Mei 2021 - 13:54 WIB
    Ummul Mukminin Sayyidah Aisyah radhiyallahu anha, adalah potret perempuan muslimah yang menjadi teladan dalam hal kedermawanan. Seorang istri yang gemar bersedekah dan sangat dermawan.
  • Kisah Abu Nawas Mencari Jodoh: Doanya Itu Lho Penuh Siasat
    Hikmah
    Sabtu, 11 September 2021 - 18:31 WIB
    Kisah Abu Nawas mencari jodoh cukup religius, juga menggelitik. Dibilang religius, karena ia rajin berdoa dalam rangka mendapatkan gadis pujaannya. Menggelitik, karena redaksi doa itu tak lazim.