Kumpulan Artikel: Muslim (halaman 3)

  • Hadis Arbain: Allah Telah Menetapkan Kewajiban-Kewajiban
    Tips
    Sabtu, 18 November 2023 - 10:40 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-30 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Abu Rahyan alias Al-Biruni, Ilmuwan Jenius yang Dikagumi Dunia Barat
    Dunia Islam
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:25 WIB
    Muhammad bin Ahmdan atau Abu Rahyan atau dikenal Al Biruni atau Al Bairuni (973-1048) adalah sosok ilmuwan muslim yang diakui kehebatan dan kejeniusannya oleh para ilmuwan barat modern.
  • Hadis Arbain: Bertakwalah di Manapun Engkau Berada
    Tips
    Kamis, 16 November 2023 - 10:52 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-18 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Hadis Arbain: Kewajiban Berlaku Ihsan pada Segala Sesuatu
    Tips
    Kamis, 16 November 2023 - 10:40 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-17 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Hadis Arbain: Barangsiapa Beriman kepada Allah dan Hari Akhir
    Tips
    Kamis, 16 November 2023 - 10:05 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-15 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Hadis Arbain: Tidak Halal Darah Seorang Muslim
    Tips
    Kamis, 16 November 2023 - 09:58 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-14 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis
  • Ilmuwan Muslim Penemu Algoritma: Tanpa Ilmu Al Khawarizmi Dunia Medsos Tak Akan Pernah Ada
    Dunia Islam
    Kamis, 16 November 2023 - 08:51 WIB
    Era digitalisasi dan media sosial seperti sekarang, ternyata ada karena kontribusi besar ilmuwan muslim di masa lampau. Sebab tanpa ada Algoritma dan Aljabar, maka tak akan pernah ada pula apa itu komputer, facebook, whatsApp, tiktok, instagram dan lainnya.
  • Hadis Arbain: Tinggalkanlah Sesuatu yang Membuatmu Ragu
    Tips
    Rabu, 15 November 2023 - 11:02 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-10 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Hadis Arbain: Terjaganya Darah dan Harta Seorang Muslim
    Tips
    Rabu, 15 November 2023 - 10:52 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-8 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Keuntungan Mendoakan Kaum Muslimin, Pahalanya Dahsyat
    Tausyiah
    Selasa, 14 November 2023 - 22:03 WIB
    Di antara fadhilah dan keuntungan mendoakan kaum mukmin dan muslimin akan mendapat ganjaran pahala yang dahsyat. Doa merupakan senjata bagi orang beriman.
  • Hadis Arbain: Segala Hal yang Haram dan yang Halal Telah Jelas
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 13:00 WIB
    Sesungguhnya perkara yang halal itu telah jelas dan perkara yang haram itu telah jelas. Dan di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang (samar), tidak diketahui oleh mayoritas manusia.
  • Hadis Arbain: Larangan Membuat Sesuatu yang Baru dalam Agama
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:54 WIB
    Barangsiapa yang (memulai) mengada-adakan (sesuatu yang baru) dalam urusan (agama) kami ini yang bukan termasuk bagian darinya, maka amalan tersebut tertolak.
  • Hadis Arbain: Takdir Setiap Manusia Sudah Tertulis
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:46 WIB
    Kemudian diutus seorang malaikat, lalu dia meniupkan ruh kepadanya, dan dia diperintah untuk menulis 4 kalimat: tentang rezekinya, amalannya, ajalnya dan (apakah) dia termasuk orang yang sengsara atau bahagia.
  • Hadis Arbain: Islam Dibangun di Atas 5 Dasar
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:39 WIB
    Islam itu dibangun di atas lima dasar: persaksian (syahadat) bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah subhanahu wa taala dan Muhammad adalah utusan Allah.
  • Hadis Arbain: Rukun Islam, Iman dan Ihsan
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:33 WIB
    Iman itu adalah) Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir serta engkau beriman kepada takdir baik dan buruk
  • Hadis Arbain: Amalan Bergantung pada Niat
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:22 WIB
    Hadis ini Diriwayatkan oleh dua Imamnya para ahli hadits, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari dan Abul Husain Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naisaburi.
  • Sunah-sunah Istri kepada Suami yang Ganjaran Pahalanya Luar Biasa
    Muslimah
    Minggu, 12 November 2023 - 05:15 WIB
    Sunah seorang istri kepada suami sangat ditekankan dalam Islam. Karena hal itu menjadi salah satu sumber kebahagian dalam rumah tangga. Apa saja amalan sunah Istri ini?
  • Akhlak Muslim, Pentingnya Mengenal Diri Sendiri
    Hikmah
    Kamis, 09 November 2023 - 10:28 WIB
    Seringkali kita pandai menilai orang lain, namun sebaliknya justru tidak mengenal akan diri sendiri. Padahal, sebagai bagian dari akhlak muslim, kita perlu mengetahui siapa diri kita dan bagaimana sebenarnya jati diri kita sendiri.
  • Pentingnya Berbuat Adil untuk Diri Sendiri, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Rabu, 08 November 2023 - 10:09 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan hamba-hambanya untuk berbuat kebaikan dan adil, tidak hanya untuk orang lain namun juga untuk dirinya sendiri. Mengapa adil untuk diri sendiri ini penting dilakukan?
  • 3 Hal yang Mengangkat Derajat Seseorang di Sisi Allah
    Tausyiah
    Selasa, 07 November 2023 - 20:19 WIB
    Setiap muslim pasti mendambakan kemuliaan di sisi Allah. Perlu diingat, kemuliaan di sisi Allah berbeda dengan kemuliaan dalam pandangan manusia.