Topik Terkait: Makhluk Pertama

  • Mengupas Permulaan Penciptaan (1): Inilah Makhluk yang Pertama Kali Diciptakan
    Hikmah
    Rabu, 29 September 2021 - 19:19 WIB
    Permulaan penciptaan termasuk salah satu ilmu yang jarang diungkap ke publik. Siapa sebenarnya yang pertama kali diciptakan oleh Allah Azza wa Jalla? Berikut ulasannya.
  • 6 Makhluk Mistis dalam Islam yang Menarik untuk Diketahui
    Dunia Islam
    Rabu, 03 Mei 2023 - 12:10 WIB
    Dalam ajaran Islam, terdapat beberapa makhluk mistis yang dianggap berasal dari Al-Quran dan hadis. Meskipun belum terbukti keberadaannya, namun keberadaan mereka menjadi bagian dari sejarah dan budaya Islam
  • Karena Sombong, Sang Azazil yang Mulia menjadi Makhluk Terhina
    Muslimah
    Minggu, 03 Januari 2021 - 15:03 WIB
    Konon sebelum Allah menciptakan Adam sebagai manusia pertama, Iblis pernah menjadi pemimpin para Malaikat (Sayyid Al Malaikat) dan Bendaharawan Surga (Khazin Al Jannah)
  • Asy-Syifa binti Abdullah, Sosok Ilmuwan Wanita Pertama dalam Islam
    Muslimah
    Jum'at, 12 November 2021 - 09:03 WIB
    Sosok Asy-Syifa binti Abdullah bin Abdi Syams merupakan tokoh ilmuwan wanita pertama dalam Islam. Ia adalah seorang muslimah yang terkenal dengan kepandaian dan kebaikannya sejak zaman Jahiliyah
  • Mengapa Manusia Tidak Boleh Takut pada Makhluk Ghaib? Ini Alasannya!
    Tausyiah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 09:00 WIB
    Sebagai makhluk paling mulia di muka bumi dengan kesempurnaan melebihi makhluk yang lain atas karunia dari Allah Taala, maka rasa takut manusia kepada makhluk ghaib tidak diperbolehkan.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Kisah Jin yang Pertama Kali Mendengar Al-Quran
    Hikmah
    Sabtu, 09 Oktober 2021 - 16:58 WIB
    Kisah Jin yang pertama kali mendengar Al-Quran mengingatkan kita kepada salah satu surat dalam Al-Quran. Allah menceritakan kisah jin yang mendengarkan bacaan Al-Quran.
  • 5 Amalan 10 Hari Pertama Ramadhan, Nomor 2 Ganjarannya Berlipat
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 08:15 WIB
    Hari ini Rabu (6/4/2022) kita memasuki hari ke-4 Ramadhan 1443 H atau hari ke-5 menurut perhitungan Hisab. Ada lima amalan yang dapat kita hidupkan pada 10 hari pertama Ramadhan.
  • Amalan-amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah dan Iduladha
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 04:50 WIB
    Amalan-amalan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah penting diketahui umat Islam agar tidak terlewat begitu saja. Hari ini kita memasuki hari ke-8 Dzulhijjah bertepatan dengan Hari Tarwiyah.
  • Dua Macam Perasaan Takut Manusia Terhadap Makhluk Gaib, Nomor 1 Paling Populer
    Tips
    Sabtu, 11 Desember 2021 - 18:32 WIB
    Manusia adalah makhluk paling mulia di muka bumi dengan kesempurnaan melebihi makhluk yang lain, atas karunia dari Allah Subhanahu wa taala. Karena itu, manusia tidak boleh takut dengan makhluk ghaib seperti jin, apalagi takut yang tidak beralasan.
  • Materi Khutbah Jumat: Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 06:50 WIB
    Khutbah Jumat kali ini mengangkat tema keutamaan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Hari ini kita memasuki 4 Dzulhijjah bertepatan Jumat pertama 23 Juni 2023.
  • Inilah Amalan yang Pertama Kali Dihisab pada Hari Kiamat Nanti
    Hikmah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 14:04 WIB
    Segala perbuatan dan amal ibadah yang dilakukan manusia di dunia akan dihisab kelak di hari Kiamat. Tahukah Anda, amalan apa yang pertama kali akan dihisab?
  • Ummu Waraqah, Imam Salat Pertama Para Muslimah
    Muslimah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 14:27 WIB
    Ummu Waraqah menjadikan rumahnya sebagai masjid. Ia pun menjadi ikon dalam ibadah, menghayati kitab Allah hingga setiap ayatnya seakan mengalir di dalam urat-urat tubuhnya sehingga kalbunya mendapat asupan kesegaran iman dan ketaatan.
  • Dirindukan Makhluk
    Tausiyah
    Senin, 28 Juli 2014 - 13:30 WIB
    Di perumahan saya tinggal di kawasan Cibubur terdapat satu keluarga yang selalu dirindukan. Semua warga selalu menyapa keluarga ini.
  • Begini Cara Allah Menjamin Rezeki Makhluk-Nya
    Hikmah
    Kamis, 10 Maret 2022 - 05:14 WIB
    Semua makhluk Ciptaan-Nya baik di langit maupun di bumi semunya dijamin Allah rezekinya. Artinya, kalau sudah menjadi rezekimu maka tidak akan tertukar.
  • Orang Saleh Tak Pantas Takut Pada Penampakan Jin
    Muslimah
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 12:06 WIB
    Beberapa dalil menjelaskan bahwa jin bisa dilihat dengan mata kepala. Yaitu jika jin menampakkan diri kepada manusia. Jin menyamakan dimensinya dengan dimensi manusia sehingga mata bisa melihat pantulan cahaya dari tubuh (objek) jin.
  • Keistimewaan dan Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Tausyiah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 19:25 WIB
    Bulan Dzulhijjah termasuk bulan yang di dalamnya terdapat banyak keistimewaan dan keutamaan. Karena itu, Syariat Islam memerintahkan umat Islam untuk menyemarakkannya dengan berbagai amal shaleh yang istimewa.
  • Makhluk yang Paling Dicintai Allah Taala Adalah yang Paling Sering Berdoa
    Tausyiah
    Rabu, 29 November 2023 - 14:09 WIB
    Semakin bertambah iman seseorang, tingkat pemahamannya terhadap agama, dan ketergantungannya kepada Pencipta, semakin semangat pula ia berdoa kepada Allah dalam segala kondisi.
  • Kisah Penampakan Jin di Zaman Nabi dan Cara Mengusirnya
    Hikmah
    Rabu, 09 Oktober 2019 - 05:20 WIB
    Penampakan Jin dan gangguannya sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Dikisahkan dalam Shahih Bukhari, Jin pernah menampakkan diri di hadapan Nabi Muhammad SAW.
  • Kisah Hikmah : Makhluk yang Lebih Buruk dari Iblis dan Firaun
    Muslimah
    Rabu, 09 Maret 2022 - 16:15 WIB
    Ada sebuah kisah yang termaktub dalam kitab an-Nawadir karya Syekh Syihabuddin Ahmad bin Salamah Al Mishri Al Qalyubi asy-Syafii. Kisah yang menceritakan pertemuan iblis dan Firaun.
  • Keutamaan Amal Shaleh di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Tips
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 08:10 WIB
    Hari ini, umat Islam sudah memasuki bulan Dzulhijjah, di mana syariat memerintahkan kita untuk menyemarakkannya dengan berbagai amal shaleh yang istimewa.