Topik Terkait: Tidur Malam

  • Rahasia Tidur yang Jarang Diketahui Berikut Adabnya
    Tausyiah
    Kamis, 23 Juni 2022 - 22:02 WIB
    Tidur adalah bagian dari sunnatullah yang dengannya manusia dapat mengistirahatkan anggota tubuhnya. Inilah rahasia dan hakikat tidur berikut adab-adabnya.
  • Tidur Siang, Sunnah Rasul yang memiliki Banyak Manfaat
    Tips
    Selasa, 11 Januari 2022 - 09:48 WIB
    Tidur siang ternyata merupakan sunnah Rasul. Tidur ini disebut tidur qailulah atau di siang hari dan aktivitas tersebut selalu dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang sudah pasti memiliki manfaat.
  • Inilah Adab dan Cara Tidur Rasulullah SAW, Yuk Amalkan
    Tips
    Kamis, 09 November 2023 - 18:39 WIB
    Satu-satunya teladan dan akhlak terbaik Islam adalah Rasulullah SAW, Beliau senantiasa memberikan contoh kepada umatnya tentang bagaimana melakukan sesuatu dengan benar termasuk cara tidur.
  • Doa Ketika Susah Tidur sesuai Sunah Rasulullah
    Tips
    Kamis, 08 Juni 2023 - 21:02 WIB
    Doa saat sulit tidur atau insomia ini dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Tentang insomnia ini juga pernah dialami beberapa sahabat Nabi SAW.
  • Tidur Qailullah,  Sunnah Rasulullah yang Banyak Manfaatnya
    Muslimah
    Minggu, 18 April 2021 - 11:31 WIB
    Tidur Qailullah adalah tidur di siang hari. Tidur ini ternyata merupakan salah satu sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang sudah pasti memiliki manfaat.
  • Mengapa Sebelum Tidur Disunnahkan Mengibaskan Tempat Tidur Dulu? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 16:43 WIB
    Salah satu amalan atau sunnah sebelum tidur adalah mengibaskan tempat tidur. Kenapa harus melakukan hal tersebut? Apa alasan logisnya?
  • Doa Ketika Mengalami Kesulitan Tidur
    Tips
    Sabtu, 18 September 2021 - 20:26 WIB
    Doa ketika mengalami kesulitan tidur yang diajarkan Rasulullah bisa kita amalkan, ketika kita mengalaminya. Susah tidur atau atau insomnia ini, biasa terjadi karena ada masalah, perasaan gelisah atau juga mengalami stres .
  • Kantuk Datang Saat Tahajud, Pilih Tidur atau Melanjutkan Sholat?
    Tausyiah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 18:30 WIB
    Sholat malam, atau sholat tahajud memang banyak keistimewaannya. Lantas bagaimana saat di jam-jam tersebut kita justru merasakan kantuk yang teramat berat?
  • Amalan Tidur Sehat Jasmani dan Rohani Berdasarkan Sunnah
    Tips
    Rabu, 20 September 2023 - 19:30 WIB
    Ada amalan sebelum tidur berdasarkan sunnah Nabi Shalallahu alaihi wa sallam yang jika diamalkan dengan rutin maka ruang gerak dosa akan dipersempit, dan sudah pasti akan menambah pahala.
  • 5 Manfaat Tidur Sunnah Qailullah, Nomor 1 Menguatkan Ingatan
    Tips
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 11:02 WIB
    Tidur qailulah, namanya terasa asing terdengar, namun demikian mungkin hampir semua orang pernah melakukannya. Qailulah adalah tidur di siang hari.
  • Bagaimana Hukum Tidur Tanpa Pakaian?
    Muslimah
    Senin, 05 Juni 2023 - 22:15 WIB
    Ada anjuran bahwa ketika kita tidur sebaiknya tanpa mengenakan pakaian alias telanjang. Bagaimana syariat memandang hal tersebut dan bagaimana hukumnya?
  • Agar Tidur Saat Puasa Menjadi Ibadah, Perhatikan Syarat-syaratnya!
    Muslimah
    Senin, 11 April 2022 - 13:27 WIB
    Banyak amalan atau perbuatan yang dilakukan di bulan Ramadhan menjadi ladang pahala. Seperti membaca Al-Quran, shalat tarawih, bersedekah, bahkan ada hal sederhana yang jika dilakukan untuk kebaikan akan mendapat pahala, yaitu tidur.
  • 7 Adab Sebelum Tidur, Utamakan Tidur Menghadap Kiblat
    Tips
    Selasa, 07 November 2023 - 19:59 WIB
    Agar tidur bernilai ibadah dan diberkahi Allah, hendaknya memperhatikan adab-adabnya. Salah satu adabnya adalah tidur menghadap kiblat.
  • Sejarawan Nasrani: Bani Israel Hidup sebagai Badui yang Baru Siuman dari Tidur
    Dunia Islam
    Sabtu, 28 Oktober 2023 - 09:25 WIB
    Sampai pada masa raja-raja mereka, Bani Israel tetap hidup sebagai badui yang baru siuman dari tidur terkaget-kaget, aggressor yang suka menumpahkan darah dan meluap-luap dalam perseteruan biadab
  • Bacaan Doa Malam Nisfu Syaban Lengkap, Arab, Latin dan Terjemahannya
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 14:56 WIB
    Bacaan doa malam Nisfu Syaban ini biasanya diamalkan umat muslim pada saat pertengahan bulan Syaban (malam nisfu syaban). Malam tersebut diyakini bahwa semua doa akan diijabah Allah SWT.
  • 2 Sunnah Ketika Bangun Tidur yang Terlupakan
    Tips
    Senin, 25 September 2023 - 19:39 WIB
    Ada beberapa sunnah ketika bangun tidur yang sering dilalaikan kaum muslimin, padahal sunnah tersebut pasti memiliki kemuliaan atau keutamaan.
  • Lakukan 2 Amalan Ini Sebelum Tidur, Akan Dapat Pahala Besar
    Muslimah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 18:07 WIB
    Rasulullah banyak memberikan contoh bagaimana agar persiapan sebelum tidur bisa bernilai ibadah. Misalnya, lakukan amalan-amalan untuk mempersempit ruang gerak dosa dan menambah amal pahala.
  • Dilarangnya Tidak Tidur Setelah Sahur, Ini Alasannya!
    Muslimah
    Selasa, 13 April 2021 - 20:03 WIB
    Kondisi perut yang kenyang dan rasa kantuk yang masih tersisa kerap membuat seseorang memilih kembali tidur usai santap sahur. Padahal, baik secara kajian agama maupun kesehatan prilaku ini termasuk dalam kategori yang kurang baik.
  • Khutbah Jumat tentang Keistimewaan Malam Nisfu Syaban
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 05:10 WIB
    Khutbah Jumat Syaban kali ini mengangkat tema keistimewaan malam Nisfu Syaban. Malam Nisfu Syaban (15 Syaban) tahun ini jatuh pada Selasa malam, 7 Maret 2023 (malam Rabu).
  • Mau Tidur Dapat Pahala? Yuk, Lakukan Amalan Ini!
    Tips
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 18:41 WIB
    Bagi seorang muslim, tidur itu bukan aktivitas biasa yang sekadar hanya untuk melepas lelah dan memenuhi rasa kantuk. Tidur bagi setiap muslim sangat bernilai ibadah jika tahu caranya.