Topik Terkait: Burung Unta

  • Mengambil Hikmah dari Perilaku Burung Unta yang Unik
    Hikmah
    Rabu, 16 September 2020 - 22:04 WIB
    Tuhan kita yang Mahabijaksana Allah Azza wa Jalla tidaklah menciptakan segala sesuatu kecuali ada hikmah dan pelajaran di dalamnya. Tidak terkecuali dengan Burung Unta.
  • Hukum Minum Air Kencing Unta Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 13 September 2023 - 14:23 WIB
    Hukum air kencing unta akan berbeda di setiap mazhabnya. Terlebih air kencing unta, mungkin adalah salah satu bahan yang paling tidak biasa untuk dibahas dalam konteks hukum agama.
  • Surat Al-Mulk Ayat 19: Penciptaan Burung Bisa Terbang dan Penjelasan Sains
    Hikmah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 23:41 WIB
    Pada Surat Al-Mulk ayat 19 ini Allah kembali mengingatkan kekuasaan-Nya menciptakan burung terbang di udara. Siapakah yang menahan burung itu sehingga tak jatuh ke bumi?
  • Amalan yang Lebih Baik daripada Memperoleh 3 Unta Terbaik
    Tausyiah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 22:17 WIB
    Di antara banyak amalan, ada satu amalan yang fadilahnya lebih baik dari mendapatkan tiga unta terbaik. Unta merah merupakan kendaraan terbaik di zaman Rasulullah SAW.
  • Renungan: Kisah Burung Ingin Mengubah Tradisi Ramadhan
    Hikmah
    Senin, 19 April 2021 - 05:00 WIB
    Berkali-kali aku mengatakan bahwa aku akan menyingkapkan semua rahasia di dunia yang fana ini. Tetapi, karena takut dan adanya hasrat untuk menyelamatkan diriku, aku telah mengunci bibirku.
  • Burung-Burung Membicarakan Perjalanan Menuju Simurgh
    Hikmah
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Bintang-bintang berkelompok menurut kecenderungan masing-masing, dan setiap susunan bintang memiliki tugasnya sendiri. Syaikh itu berjalan terus tak melihat sekilas gerak atau seorang pun manusia.
  • Burung Gagak dan Kisah Qabil Menguburkan Habil
    Tausyiah
    Kamis, 11 November 2021 - 13:05 WIB
    Kisah burung gagak dan awal tradisi menguburkan orang yang telah meninggal disebutkan oleh Al-Quran berawal dari pertikaian dua anak Nabi Adam yang bernama Qabil dan Habil.
  • Mantiqut-Thair: Burung-Burung Berkumpul
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 06:55 WIB
    O Hudhud! Kau yang menjadi penunjuk jalan Raja Sulaiman dan menjadi utusan sejati dari lembah, yang beruntung dapat pergi hingga ke batas-batas Kerajaan Saba.
  • Amr bin Luhai: Pelopor Penyembah Berhala yang Memiliki 20 Buah Mata Unta
    Hikmah
    Kamis, 30 November 2023 - 15:02 WIB
    Amr bin Luhai sang pelopor penyembah berhala yang disebut dalam hadis adalah tokoh yang disegani di tengah masyarakat Arabpada zamannya. Ia dikenal kaya raya. Amr bin Luhai mencukil mata untanya sebanyak 20 buah.
  • Si Burung Merak Dzakhwan bin Kaisan, Tak Pikun di Usia Lebih 100 Tahun
    Hikmah
    Jum'at, 11 September 2020 - 16:40 WIB
    Malam 10 Dzulhijah 106 H, wafatlah seorang syaikh lanjut usia itu ketika tengah menunaikan haji, dari Arafah menuju Muzdalifah, pada perjalanannya yang keempat puluh kalinya.
  • Kisah Gagak, si Burung Kematian yang Tercantum dalam Al-Quran
    Hikmah
    Senin, 02 Januari 2023 - 10:04 WIB
    Burung gagak sering dianggap mistis karena selalu dikaitkan dengan perihal kematian. Dan tahukah Anda, bahwa burung ini ternyata sudah ada sejak zaman Nabi Adam diturunkan ke bumi?
  • Ucapan Burung Ketiga, Penjahat, Malaikat Jibril, dan Niat Baik
    Hikmah
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 06:26 WIB
    Mungkinkah seekor lalat kotor layak bagi Simurgh di Pegunungan Kaukasus? Bagaimana mungkin pendosa yang berpaling dari jalan yang benar akan mendekati Raja?
  • Faridud-Din Attar Pencipta Musyawarah Burung
    Hikmah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 06:29 WIB
    Konon ia memiliki pengertian yang lebih dalam tentang alam pikiran sufi dibandingkan dengan siapa pun di zamannya. Ia mengarang sekitar 200.000 sajak dan banyak karya prosa.
  • Ini Alasan Disyariatkannya Berwudhu Setelah Makan Daging Unta
    Tausyiah
    Senin, 06 Februari 2023 - 23:25 WIB
    Dalam Hadis disebutkan, orang yang makan daging unta disyariatkan untuk berwudhu. Umat muslim perlu mengetahui hukum memakan daging unta apakah membatalkan wudhu atau tidak.
  • Malik bin Dinar Saat Mengikuti Burung Gagak Utusan Tuhan
    Hikmah
    Jum'at, 03 September 2021 - 11:53 WIB
    Aku yakin bahwa Dia (Allah) akan mengabulkan doa hamba-Nya yang ditimpa kemalangan. Setelah itu, datang seekor gagak diutus Tuhan. Setiap hari burung itu memberikan makanan dan minuman untukku.
  • Merak Kencana serta Kisah Guru dan Murid
    Hikmah
    Rabu, 12 Agustus 2020 - 06:02 WIB
    Bagi seorang pencinta, seratus ribu kehidupan pun tiada artinya tanpa yang dikasihinya. Ia yang hidup untuk sesuatu yang lain dari Dia, biar Adam sendirilah itu, telah terusir.
  • Inilah Amalan yang Lebih Baik dari Perniagaan Unta
    Tips
    Kamis, 14 Mei 2020 - 21:27 WIB
    10 Hari terakhir Ramadhan adalah masa dimana umat Islam dianjurkan memperbanyak ibadah. Selain iktikaf dan salat malam, ada satu amalan yang memiliki ganjaran istimewa.
  • Burung Hantu, Tikus, Si Bakhil, dan Rayuan Emas
    Hikmah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 06:16 WIB
    Jiwa orang yang telah mengorbankan segalanya demi cinta akan emas menjelma menjadi tikus. Ingat baik-baik tentang diriku, tinggalkan cinta akan emas itu!
  • Musyawarah Burung: Madah Doa
    Hikmah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 07:32 WIB
    Ia tinggikan angkasa di atas bumi bagai tenda tanpa tiang-tiang penyangga. Dalam enam masa Ia ciptakan ketujuh kaukab dan dengan dua huruf Ia ciptakan kesembilan kubah langit.
  • Perdebatan antara Hudhud dan Burung-Burung
    Hikmah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 06:52 WIB
    bagaimana dapat burung-burung demikian berharap akan mengebat Simurgh pada cakar mereka? Maka Hudhud pun melanjutkan bicaranya: