Topik Terkait: Mata Uang

  • Bolehkah Menyambung Bulu Mata? Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Kamis, 24 Juni 2021 - 11:18 WIB
    Trend kecantikan eyelash extension atau menyambung bulu mata, tengah digemari kaum wanita. Bagaimana sebenarnya syariat Islam memandang penggunaan teknologi kecantikan ini? Apa hukumnya?
  • Kabar Kiamat dari Mata Air Zughar, Buah Kurma Baisan, dan Danau Tiberias
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 18:28 WIB
    Dalam hadis kisah Tamim Ad-Dari tersebut adalah keluarnya Dajjal ditandai dengan keringnya danau Tiberias, keringnya mata air Zughar, dan pohon kurma Baisan tidak lagi berbuah.
  • Hati-hati dengan Jerat Pandangan Mata Ini !
    Muslimah
    Sabtu, 01 Agustus 2020 - 20:08 WIB
    Fitnah di zaman sekarang, sudah sangat terang-terangan. Salah satunya soal pandang memandang. Istilah cuci mata pun menjadi sangat familiar. Terlebih di kalangan generasi muda
  • 3 Mata yang Tidak Menangis di Hari Kiamat
    Hikmah
    Senin, 20 Maret 2023 - 14:29 WIB
    Al-Quran menceritakan berkali-kali tentang peristiwa hari kiamat ini, seperti yang disebutkan dalam surah Al-Ghasyiyah ayat 1-16. Dalam surah itu, digambarkan bahwa tidak semua wajah ketakutan.
  • Bagaimana Hukum Tukar Uang Baru di Pinggir Jalan untuk THR Lebaran?
    Tausyiah
    Selasa, 02 April 2024 - 13:15 WIB
    Bukan rahasia lagi, di hari-hari terakhir Ramadan, biasanya banyak bermunculan layanan jasa penukaran uang baru baik di mal, jalanan dan lainnya. Lantas bagaimana hukumnya bagi umat Islam yang tukar uang baru itu?
  • 9 Faedah dan Keutamaan Menundukkan Pandangan
    Tausyiah
    Rabu, 01 Maret 2023 - 11:23 WIB
    Islam mensyariatkan harus ghadhul bashar (menundukkan pandangan) agar terhindar dari perbuatan dosa. Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari perilaku menjaga pandangan ini.
  • 10 Faedah Menjaga Pandangan Menurut Ibnu Qayyim
    Muslimah
    Minggu, 15 November 2020 - 07:06 WIB
    Menjaga pandangan mata diperintahkan agama Islam agar pemeluknya terhindar dari dosa, maksiat, ataupun marabahaya lain. Bentuk-bentuk penjagaan Islam ini terdiri dari penjagaan atas akidah, akal, harta, jiwa dan menjaga keturunan.
  • Hati-hati dengan Pandangan Mata yang Khianat
    Muslimah
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 15:39 WIB
    Pandangan mata yang khianat, apa maksudnya? Benarkah ia sama dengan zina mata atau zina hati? Bagaimana hukumnya dalam pandangan Islam?
  • Inilah Pahala dan Keutamaan Menjaga Pandangan Mata
    Muslimah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:59 WIB
    Allah Taala memerintahkan hamba-Nya untuk menjaga pandangan mata, tak hanya bagi kaum laki-laki tetapi juga kaum perempuan muslimah. Hal ini agar umat Islam terhindar dari dosa, maksiat, ataupun marabahaya lain..
  • Waspadai Pandangan Mata yang Khianat
    Muslimah
    Senin, 12 April 2021 - 18:04 WIB
    Khianat adalah tipu daya, perbuatan tidak setia dan merupakan bentuk sikap tercela yang sangat menyakitkan hati. Lantas, apa yang dimaksud dengan pandangan yang khianat? Seperti apa bentuknya?
  • Wanita pun Diperintahkan Menjaga Pandangan Mata
    Muslimah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 07:00 WIB
    Mata merupakan anugerah terbesar bagi manusia yang diberikan Allah Subhanahu Wa Taala. Sebagai anugerah, tentu manusia harus menjaganya dengan baik dan merawatnya dari bahaya kerusakannya.
  • Sejarah Dinar dan Dirham, Jadi Tolok Ukur dalam Menentukan Nisab Zakat
    Dunia Islam
    Senin, 13 Juni 2022 - 18:39 WIB
    Sejarah dinar dan dirham amatlah panjang dan bukan dimulai dari Islam. Meski begitu, dunia Islam menganggap dinar dan dirham sebagai mata uang yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.
  • Kisah Syihab Yang Membuka Mata Hati
    Hikmah
    Senin, 12 Juni 2017 - 14:39 WIB
    Ahmad Syihab Athoillah adalah seorang anak yang spesial. Ia terlahir dengan tunanetra. Namun, meski tak dapat melihat indahnya kehidupan, Syihab tak pernah merasa rendah diri.
  • Hati-hati Jebakan Riba dalam Tradisi Tukar Uang Jelang Lebaran
    Tips
    Selasa, 11 Mei 2021 - 09:05 WIB
    Sudah menjadi tradisi menjelang lebaran, kaum muslimin disibukkan dengan menukar uang pecahan baru guna memenuhi kebutuhan Hari Raya. Bagaimana hukumnya?
  • Bolehkah Bayar Zakat Fitrah Dengan Uang?
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 10:00 WIB
    KINI Ramadhan berada di penghujung bulan. Sebagian kita yang beriman pasti sedih akan ditinggalkannya meskipun masih ada beberapa hari lagi untuk menjemput lailatul qadar.
  • Khasiat Surat Al-Humazah, Salah Satunya Mengobati Sakit Mata
    Hikmah
    Selasa, 05 September 2023 - 17:58 WIB
    Khusus keistimewaan surat Al-Humazah, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan hendaklah dibacakan pada mata yang sakit. InsyaAllah sembuh.
  • Tafsir Ayat Pilihan: Allah Tak Dapat Dicapai Oleh Penglihatan Mata
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 23:04 WIB
    Salah satu sifat Allah yang wajib diimani adalah Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan manusia, dan sebaliknya Allah melihat segala penglihatan makhluk-Nya.
  • Zakat Fitrah, Bolehkah Ditunaikan dalam Bentuk Uang?
    Tips
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 08:30 WIB
    Kita sering menemukan orang-orang membayar Zakat Fitrah dengan uang yang nilainya seharga dengan makanan pokok seharihari. Apakah hal itu dibolehkan?
  • Apakah Boleh Zakat Fitrah dengan Uang?
    Tips
    Selasa, 02 April 2024 - 05:15 WIB
    Apakah boleh Zakat Fitrah dengan uang? Berikut penjelasan Ustaz Isnan Ansory (pengajar Rumah Fiqih Indonesia) dalam Bukunya Itikaf, Qiyam al-Lail, Shalat Ied dan Zakat Al-Fithr di Tengah Wabah.
  • Cak Nur: Puasa Salah Satu Mata Rantai Kesinambungan Agama-Agama
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 11:12 WIB
    Puasa di bulan Ramadan dilakukan kaum Yahudi dan Nasrani. Begitu sebagian ahli tafsir kedua agama itu mengatakan. Namun kemudian mereka meninggalkan kewajiban puasa tersebut.