Kumpulan Artikel: Kakbah (halaman 4)

  • Kisah Abdullah Ayah Rasulullah SAW yang akan Disembelih di Antara Berhala Isaf dan Naila
    Hikmah
    Senin, 31 Januari 2022 - 09:09 WIB
    Abdullah ayah Nabi Muhammad SAW sempat akan disembelih sebagai realisasi nazar ayahnya, Abdul Muthalib. Tempat penyembelihan itu di dekat sumur Zamzam di antara berhala Isaf dan Naila.
  • Kisah Penemuan Harta Karun Saat Abdul Muthalib Menggali Sumur Zamzam
    Hikmah
    Sabtu, 29 Januari 2022 - 09:53 WIB
    Sumur Zamzam mengering ketika Kakbah di bawah pengelolaan Jurhum. Pada era Abdul Muthalib, beliau mencoba menggali kembali sumur tersebut dan di sana ditemukan barang-barang berharga.
  • Kisah Syaiba, Kakek Nabi Muhammad SAW yang Namanya Dilupakan karena Dikira Budak
    Hikmah
    Kamis, 27 Januari 2022 - 09:20 WIB
    Syaiba, nama yang pendek dan harusnya mudah diingat. Namun nama ini menjadi asing bagi warga Mekkah. Dia lebih dikenal sebagai budak milik Muthalib.
  • Ketika Mekkah Jadi Negeri Para Pedagang, Begini Peran Penting Leluhur Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Kamis, 20 Januari 2022 - 13:18 WIB
    Perintis perdagangan di Mekkah adalah leluhur Nabi Muhammad SAW, setidaknya ini era pasca-Qushay sebagai pengelola Kota Mekkah dan Kakbah. Anak-anak Abd Manaf jadi pionir perdagangan.
  • Begini Leluhur Nabi Muhammad SAW Mengelola Kakbah, Makan Gratis bagi Jamaah Haji
    Dunia Islam
    Rabu, 19 Januari 2022 - 13:34 WIB
    Leluhur Nabi Muhammad SAW ini dikenal sebagai Bapak Pembangunan Kota Mekkah. Pada masanya, pengelola Kakbah menyiapkan makan gratis pada para peziarah Kakbah.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Tahukah Anda? Orang yang Pertama Kali Memasang Kiswah Kakbah Ternyata Penyembah Berhala
    Dunia Islam
    Rabu, 19 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Penyembah berhala asal Yaman ini tercatat sebagai orang yang pertama kali memasang kiswah pada Kakbah. Menariknya, hal itu dilakukan setelah ia berkonsultasi dengan dua orang Yahudi.
  • Kisah Amr bin Luhay, Penguasa Kakbah dari Yaman yang Eksportir Patung
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Setelah Amr bin Luhay sukses mengusir suku Jurhum dalam mengelola Kakbah, kerajinan patung di Mekkah maju pesat. Penyembahan berhala kian mewabah, bahkan Mekkah menjadi eksportir patung.
  • Kisah Keturunan Nabi Ismail Terusir dari Mekkah dan Rusaknya Aqidah Pengelola Kakbah
    Hikmah
    Senin, 17 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Perawatan Kakbah pada mulanya ditangani Nabi Ibrahim AS. Selepas beliau wafat, tugas ini diambil alih Nabi Ismail AS dan keluarganya. Namun sepeninggal Nabi Ismail, terjadi kudeta kaum Jurhum.
  • Selain Abrahah, Berikut Upaya Penaklukan Mekkah dan Pemindahan Kakbah
    Dunia Islam
    Minggu, 16 Januari 2022 - 16:48 WIB
    Selain Abrahah yang gagal merebut Kakbah di Mekkah pada sekitar tahun 570 Masehi, ternyata ada sejumlah penguasa lain yang juga punya niat yang sama.
  • Pra-Islam: Ada Sejumlah Kakbah Lain untuk Berhala di Dekat Mekkah
    Hikmah
    Minggu, 02 Januari 2022 - 14:59 WIB
    Pada masa pra-Islam, orang Arab meninggalkan ajaran Nabi Ibrahimm dan menyembah banyak tuhan dalam wujud patung. Masing-masing patung memiliki bangunan yang mirip kakbah.
  • Orang Pertama yang Menutup Kabah dengan Kain Kiswah
    Hikmah
    Selasa, 07 Desember 2021 - 23:18 WIB
    Dalam Sirah Nawabiyah Ibnu Hisyam diceritakan sejarah kain penutup Kabah dan orang pertama yang melakukannya. Setiap musim Haji, kain Kiswah ini diganti oleh otoritas Haromain.
  • Sejumlah Hadits yang Menjelaskan Orang Ethiopia Merusak Kabah Jelang Kiamat
    Tausyiah
    Sabtu, 18 September 2021 - 20:41 WIB
    Kabah akan dihancurkan menjelang kiamat. Ibnu Katsir menyampaikan sejumlah hadis tentang perusakan Kabah tersebut yang dilakukan oleh Dzu as-Suwaiqatain dari Ethiopia.
  • Warna-warni Kain Kiswah Kakbah Sepanjang Sejarah
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juli 2021 - 19:43 WIB
    Bertepatan Hari Arafah 9 Dzulhijjah Arafah, semua jamaah Haji berkumpul di Padang Arafah. Ada yang menarik dari keberaadan kain kiswah Kakbah yang sering berganti warna.
  • Haji Wada (2): Rasulullah SAW Sempat Marah Karena Perintahnya Tidak Diikuti
    Hikmah
    Minggu, 06 Juni 2021 - 14:30 WIB
    Barangsiapa di antara kamu tidak membawa binatang kurban dan ingin menjadikan (ihram) ini sebagai umrah, lakukanlah tetapi yang membawa binatang kurban jangan.
  • Matahari Lintasi Kakbah Pada 27 dan 28 Mei, Waktunya Meluruskan Arah Kiblat
    Dunia Islam
    Rabu, 26 Mei 2021 - 17:56 WIB
    Direktur Urais Binsyar Kementerian Agama (Kemenag) Agus Salim mengatakan, akan terjadi Istiwa Azham atau Rashdul Qiblah pada Kamis dan Jumat (27-28/5/2021).
  • Hajar Aswad, Batu Indah di Kakbah yang Dicium Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Mei 2021 - 04:00 WIB
    Kisah Nabi Muhammad SAW mencium Hajar Aswad diriwayatkan Umar bin Khatab.
  • Hajar Aswad (1): Jibril yang Membawakan Batu Hitam Itu dari Hindustan
    Hikmah
    Kamis, 06 Mei 2021 - 16:11 WIB
    Hajar Aswad dibawa Nabi Adam dari Surga. Selanjutnya batu itu ditaruh di India. Oleh Malaikat Jibril, batu surga tersebut diserahkan kepada Nabi Ibrahim, untuk menyempurnakan Kabah.
  • Menakjubkan, Indahnya Hajar Aswad Dilihat dari Jarak Dekat
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Mei 2021 - 09:31 WIB
    Untuk pertama kalinya, dunia bisa melihat indahnya Hajar Aswad setelah foto situs suci ini diambil dengan teknik fokus panorama bertumpuk.
  • Rahasia Tawaf, Ini Alasan Mengapa Kabah Diputari Melawan Arah Jarum Jam
    Tausyiah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 17:46 WIB
    Kabah adalah sebuah bangunan di tengah-tengah Masjidil Haram Makkah, Arab Saudi. Umat Islam diperintahkan melakukan tawaf dengan melawan arah jarum jam. Berikut rahasianya.
  • Kisah Penuh Ibrah: Perusakan Hajar Aswad Jadi Sasaran Musuh Islam
    Hikmah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 08:37 WIB
    Upaya perusakan batu hitam ternyata tidak hanya sekali itu saja. Kedengkian musuh-musuh Allah dan usaha mereka untuk menghancurkan syiar-syiar Allah salah satunya dengan menjarah Hajar Aswad.