Kumpulan Artikel: Mistik Sufi (halaman 3)

  • Sepercik Kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha, Serta Permadani Nabi
    Hikmah
    Sabtu, 12 September 2020 - 06:17 WIB
    Berusahalah menahan duka, derita, dan luka, dan dengan itu tunjukkan semangatmu. Bila kau luka, terimalah itu, dan jangan perturutkan sikap mengasihani diri sendiri.
  • Makanan Khas Sufi Tidak Sama dengan Makanan Biasa
    Hikmah
    Kamis, 10 September 2020 - 09:16 WIB
    Kemanusiaan berputar-putar di sekitar realitas dalam sebuah sistem yang tidak sejati. Ia harus memasuki lingkaran dan bukannya sekadar mengikuti garisnya.
  • Sufisme Bekerja dengan Bahan-Bahan yang Terlihat dan Tidak
    Hikmah
    Rabu, 09 September 2020 - 09:07 WIB
    Jika ilmu dan skolastisisme selalu mempersempit cakupannya ke dalam bidang kajian yang semakin sempit, maka sufisme tetap menggunakan setiap bukti kebenaran yang melandasinya.
  • Kisah Syaikh Abubakar, Jangggut Panjang, dan Nasihat Iblis kepada Nabi Musa
    Hikmah
    Rabu, 09 September 2020 - 06:06 WIB
    Jangan biarkan dirimu terbujuk oleh gemerlap yang kaulihat. Selama tubuh nafsumu menentangmu, hati-hatilah. Kau harus melawan musuh ini, dengan pedang di tangan.
  • Jalaluddin Rumi: Jawaban untuk Seseorang yang Bodoh Adalah Diam
    Hikmah
    Selasa, 08 September 2020 - 09:43 WIB
    Pada mulanya pencerahan datang kepadamu dari orang-orang yang tercerahkan. Ini adalah suatu tiruan. Namun ketika hal itu datang berulang kali, ini adalah pengalaman tentang kebenaran.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Rumi: Kitab Sang Sufi Bukanlah Huruf-Huruf yang Kelam
    Hikmah
    Senin, 07 September 2020 - 08:40 WIB
    Maulana Jalaluddin Rumi mengatakan, peniru itu seperti penyalur. Ia sendiri tidak minum, tetapi ia mungkin bisa memindahkan air kepada orang yang kehausan.
  • Rumi: Apa yang Tampak Sebuah Batu bagi Orang Biasa, Adalah Mutiara bagi Sang Alim
    Hikmah
    Minggu, 06 September 2020 - 10:00 WIB
    Rumi mengajarkan bahwa manusia sebenarnya tidak mengetahui apa yang mereka inginkan. Jeritan batinnya dinyatakan dalam ratusan keinginan yang mereka duga sebagai kebutuhan mereka.
  • Sepercik Kisah Imam Hambal, Raja India, Perang Salib, dan Nabi Yusuf
    Hikmah
    Minggu, 06 September 2020 - 06:23 WIB
    Keadilan ialah raja keselamatan. Lebih baik adil daripada melewatkan seluruh hidupmu dengan berlutut dan bersembah sujud dalam peribadatan lahiriah.
  • Ibrahim Adham: Kubeli Kemiskinan Itu Seharga Kerajaan Dunia
    Hikmah
    Sabtu, 05 September 2020 - 06:05 WIB
    Aku telah memilih kemiskinan itu dengan sengaja dan telah kubeli kemiskinan itu seharga kerajaan dunia. Dan aku masih akan membeli sesaat dari kemiskinan ini dengan harga seratus dunia.
  • Dunia Sufi: Guru Palsu Bisa Jadi Tampak Seperti Asli
    Hikmah
    Jum'at, 04 September 2020 - 08:40 WIB
    Seorang Sufi memiliki banyak rahasia, tetapi ia harus menjadikan rahasia-rahasia tersebut berkembang dalam diri murid. Sufisme merupakan sesuatu yang diberikan kepadanya.
  • Gara-Gara Mentimun,  Anak Syaikh Khirkani Dipenggal Orang
    Hikmah
    Jum'at, 04 September 2020 - 06:59 WIB
    Bila kau telah membakar segala yang kaumiliki, kumpulkan abunya dan tempatkan dirimu di atas abu itu. Sebelum kau melepaskan diri dari segala sesuatu di dunia ini, satu demi satu, kau tak akan bebas.
  • Patuhilah Cobaan-Cobaan, Agar Dapat Mengenal Diri Sendiri
    Hikmah
    Kamis, 03 September 2020 - 06:01 WIB
    Bila seseorang berlaku patuh, ia berbuat sesuai dengan sabda Tuhan. Ia bukan hamba Allah yang membanggakan kedudukannya sebagai hamba. Hamba sejati memperlihatkan sifatnya pada saat diuji
  • Jalaluddin Rumi, Raksasa Afghanistan yang Mempengaruhi Barat
    Hikmah
    Rabu, 02 September 2020 - 10:38 WIB
    Rumi dipandang sebagai salah seorang dari guru mistik tingkat pertama -- meskipun ia menyatakan bahwa ajaran-ajaran al-Quran bersifat alegoris, dan ia memiliki tujuh makna yang berbeda.
  • Kepuasan Tercapai Bila Seseorang Telah Belajar Menerima dengan Cinta
    Hikmah
    Rabu, 02 September 2020 - 06:41 WIB
    Ajarkan padaku doa agar aku dapat menemukan kepuasan. Selama ini aku senantiasa menjadi mangsa perasaan tak puas, tetapi kini aku ingin bebas dari perasaan demikian.
  • Mungkinkah Orang Tidur Membangunkan Orang yang Tidur?
    Hikmah
    Selasa, 01 September 2020 - 09:20 WIB
    Gulistan kerapkali menyinggung dalam bentuk puisi dan kisah, orang-orang yang tidak sabar mempelajari Sufisme tanpa menyadari bahwa mereka tidak dapat mempelajarinya dengan jiwa yang kosong.
  • Hidup Ini, Baik Panjang atau Singkat, Tercipta dari Sekelumit Napas
    Hikmah
    Selasa, 01 September 2020 - 06:38 WIB
    Tidakkah kau mengetahui bahwa barangsiapa dilahirkan harus mati pula? Bahwa ia akan masuk tanah dan bahwa angin akan mencerai-beraikan unsur-unsur yang membentuk tubuhnya?
  • Kita Ada di Bawah Kekuasaan Nafsu Jasmani yang Durhaka
    Hikmah
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 06:10 WIB
    Jiwa, bagai kesatria yang setia, terus mengendarai kudanya, tetapi senantiasa anjing itu kawannya kesatria itu mungkin lari di atas kudanya, tetapi si anjing mengikuti.
  • Mestinya Cinta itu Sepenuhnya atau Tidak Sama Sekali
    Hikmah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 06:22 WIB
    Kalau ia sungguh-sungguh mendambakan aku, tentulah ia lebih suka kehilangan kepala ketimbang berpisah dari yang dicintainya. Mestinya cinta itu sepenuhnya atau tidak sama sekali.
  • Ketika Sebuah Cerita Nashruddin Dibaca dan Direnungkan, Sesuatu Akan Terjadi
    Hikmah
    Senin, 24 Agustus 2020 - 10:31 WIB
    Ketika sebuah cerita Nashruddin dibaca dan direnungkan, sesuatu akan terjadi. Kesadaran akan peristiwa dan keberlangsungan itulah yang merupakan pusat dari Sufisme.
  • Mullah Nashruddin Masuk Jebakan Kepala Biara
    Hikmah
    Minggu, 23 Agustus 2020 - 11:23 WIB
    Nashruddin berpikir, Ketua biara ingin membalas dendam kepadanya dan Ketua Biara itu telah menyelipkan biji beras dijenggotnya, Mana Ia berusaha membuangnya secara diam-diam.