Kumpulan Artikel: Kisah Hikmah (halaman 28)

  • Dialog Sang Guru yang Bikin Murid Menangis
    Hikmah
    Rabu, 12 Agustus 2020 - 21:07 WIB
    Dai lulusan Darul Musthafa Hadhramaut Yaman, Ustaz Saeful Huda, menceritakan sebuah dialog antara guru dan murid. Mengapa bukan para guru yang menjadi pemimpin dunia atau pengusaha sukses?
  • Kisah Iblis Galau dan Memohon Tobat Lewat Nabi Musa
    Hikmah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 17:29 WIB
    Kisah Iblis laknatullah memohon tobat pernah terjadi di zaman Nabi Musa alaihissalam (AS). Kisah ini diceritakan ulama besar kelahiran Khurasan, Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam Kitab Tanbihul Ghafilin.
  • Kisah Sang Raja dan Pemuda yang Jujur
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 15:36 WIB
    Ada sebuah kisah motivasi yang dapat kita petik hikmahnya diceritakan oleh Ustaz Rikza Maulan (Direktur Institut for Islamic Studies dan Development Jakarta).
  • Kisah Bijak Para Sufi: Orang yang Mencapai
    Hikmah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 06:27 WIB
    Mereka yang percaya bahwa kemajuan spiritual semata-mata tergantung pada penguasaan hal-hal pahala dan siksa, sering kali dikejutkan oleh kisah Sufi tentang Isa ini.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Isa dan Para Peragu
    Hikmah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 06:12 WIB
    Tradisi menyebutkan bahwa tokoh yang sering mengulang-ulang kisah ini adalah salah seorang dari orang-orang pertama yang menyandang gelar Sufi: Jabir bin Al-Hayyan
  • Kisah Bijak Para Sufi: Orang yang Murah Hati
    Hikmah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 06:19 WIB
    Inilah makna ungkapan tersamar orang harus mati sebelum ia mati. Hadiah itu datang setelah kematian, dan bukan sebelumnya. Dan bahkan, kematian ini pun tak mungkin ada tanpa pertolongan.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Mimpi dan Sepotong Roti
    Hikmah
    Minggu, 02 Agustus 2020 - 06:31 WIB
    Aku merasakan suatu kekuatan yang memaksaku bangun, mencari roti dan air itu, dan memakannya saat itu juga di sana. Dan itulah yang kulakukan semalam.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Si Tolol, Si Bijak dan Kendi
    Hikmah
    Sabtu, 01 Agustus 2020 - 06:27 WIB
    Di tengah jalan Si Tolol, karena kecerobohannya, menyebabkan kendi itu terbentur batu dan pecah. Sesampainya di rumah Si Bijak, ia memberikan pegangan kendi itu.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Anjing dan Keledai
    Hikmah
    Jum'at, 31 Juli 2020 - 06:00 WIB
    Anjing itu menyalak sengit sehingga suara orang itu pun tak kedengaran dan keledai menyepak sekerasnya dengan kaki belakangnya hingga orang itu jatuh terjerembab.
  • Mengapa Burung yang Terbuat dari Tanah Liat Bisa Terbang
    Hikmah
    Kamis, 30 Juli 2020 - 06:40 WIB
    Mereka bertanya di mana gerangan burung-burung tanah liat itu. Isa menunjuk ke arah burung-burung yang telah selesai dibuatnya, dan burung-burung itu pun terbang pergi.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Ibarat Tentang Tiga Tingkatan
    Hikmah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 06:18 WIB
    Kisah ini, yang berasal dari para Sufi Sarmoun, menggemakan ajaran Ghazali bahwa orang tolol tidak mempunyai pengetahuan sejati mengenai pelajaran kaum terpelajar.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Si Lumpuh dan Si Buta
    Hikmah
    Selasa, 28 Juli 2020 - 06:23 WIB
    Kisah ini diandaikan dibaca hanya setelah menerima perintah untuk membacanya atau oleh mereka yang telah mempelajari karya Hakim Sanai, Orang-orang Buta dan Gajah
  • Dahsyatnya Tawakkal Nabi Ibrahim, Api pun Menjadi Dingin
    Hikmah
    Senin, 27 Juli 2020 - 16:37 WIB
    Momentum Idul Adha selalu mengingatkan kita tentang sosok Nabi Ibrahim alaihissalam (AS) dan putranya Nabi Ismail AS. Keduanya menjadi figur teladan dalam hal tawakkal dan pengorbanan.
  • Kereta: Tiga Macam Ilmu dalam Telaah Kemanusiaan
    Hikmah
    Senin, 27 Juli 2020 - 06:10 WIB
    Hanya pengetahuan batin yang nyata bisa menghasilkan Ilmu kenyataan yang benar. Yang kedua itu boleh dikatakan tak ada gunanya tanpa yang ketiga.
  • Sang Raja dan Anak Miskin
    Hikmah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 06:36 WIB
    Sendirian saja, orang tidak akan bisa menempuh jalan dalam perjalanan batinnya. Kau tidak usah mencoba menempuhnya sendirian, sebab harus ada pembimbingmu.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Putra Raja
    Hikmah
    Sabtu, 25 Juli 2020 - 06:40 WIB
    Sebuah pesan pun disampaikan secara gaib kepada Sang Pangeran. Bangun! Sebab kau ini putra seorang raja, disuruh mengambil batu permata tertentu, dan kepada kami kau harus kembali.
  • Ketika Malaikat Maut Datang ke Baghdad
    Hikmah
    Jum'at, 24 Juli 2020 - 06:15 WIB
    Setelah memeras otak bagaimana caranya menghindarkan diri dari maut, ia memutuskan bahwa apabila ia menjauhkan diri dari Bagdad tentunya Maut tak akan bisa mencapainya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Si Bebal di Kota Agung
    Hikmah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 06:08 WIB
    Seorang yang suka iseng, mengetahui apa yang dikerjakan Si Bebal, menanti hingga ia pulas tertidur. Dilepaskannya ikatan labu itu dari kaki Si Bebal.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Akal-Akalan Menyiasati Sumpah
    Hikmah
    Rabu, 22 Juli 2020 - 06:05 WIB
    Banyak orang berketetapan hati untuk mengamalkan suatu ajaran, tetapi mereka menafsirkan ajaran itu sesuai dengan keuntungan diri mereka sendiri.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Pukullah pada Tanda Ini
    Hikmah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 06:10 WIB
    Dzun-Nun, orang Mesir itu, menulis tentang cara menemukan pengetahuan yang tersembunyi dalam prasasti-prasasti peninggalan Firaun dengan perumpamaan.