Topik Terkait: Mahar Pernikahan

  • Hukum Menarik Mahar Kembali karena Batal Menikah
    Tips
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 14:06 WIB
    Lamaran bukan ikatan yang mengikat dan berkonsekuensi hukum sehingga mahar yang diserahkan terlebih dahulu saat lamaran bisa ditarik kembali bila perkawinan dibatalkan.
  • Hapalan Al Quran Menjadi Mahar Pernikahan, Dari Mana Asal Muasalnya?
    Muslimah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 14:32 WIB
    Mahar diartikan sebagai harta yang diberikan suami kepada istri sebagai imbalan dan penghargaan atas kesediaanya dihalalkan untuk dinikahi. Bagaimana jika mahar itu diberikan dalam bentuk hapalan Al-Quran, boleh atau tidak?
  • Ketentuan Mahar dalam Islam, Hak Istri Saat Ijab Kabul
    Muslimah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 17:41 WIB
    Ketentuan mahar dalam Islam merupakan bagian tak terpisahkan dalam pernikahan. Meskipun tidak termasuk rukun pernikahan, mahar (mas kawin) merupakan hak seorang istri.
  • Bolehkah Memberi Mahar dengan Hapalan Ayat Al-Quran?
    Muslimah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Penggunaan hapalan ayat-ayat suci Al-Quran seperti surat Ar-Rahman yang dijadikan mahar perkawinan menjadi fenomena baru di kalangan generasi muda Islam
  • Mahar Nikah Nabi Adam Ketika Menikahi Sayyidati Hawa
    Hikmah
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 15:08 WIB
    Mahar nikah Nabi Adam alaihissalam ketika menikahi Ibunda Sayyidati Hawa boleh dibilang sangat istimewa. Berikut kisah pernikahan manusia pertama di muka bumi ini.
  • Masya Allah, Mahar Nabi Kepada Khadijah Ternyata Rp1,3 Miliar
    Hikmah
    Rabu, 08 April 2020 - 04:42 WIB
    Menurut Gus Ach Dhofir Zuhry mahar Nabi saat menikahi Khadijah adalah&nbsp 20 ekor unta betina. Total lamaran Nabi kalau diuangkan sekarang Rp1,3 miliar, ujarnya.
  • Mahar Nabi Muhammad SAW kepada Aisyah Senilai Rp1,3 Miliar
    Hikmah
    Senin, 02 Januari 2023 - 16:56 WIB
    Emas kawin atau mahar Nabi Muhammad SAW kepada Aisyah ra saat menikah jika dikonversikan dengan emas adalah 200 gram emas terbaik, atau sebanyak 500 dirham.
  • Milik Siapakah Mahar Pernikahan?
    Muslimah
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Mahar pernikahan selebriti jadi trending topik. Bagaimana sebenarnya mahar pernikahan itu dalam pandangan syariat? Lantas, siapakah pemilik mahar tersebut, istri atau mertuanya?
  • Bolehkah Menjual Mahar Nikah? Simak Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 19:11 WIB
    Mahar nikah merupakan salah satu bagian dari wajib nikah yang harus dipenuhi oleh laki-laki kepada perempuan. Karena itu prosesi pemberian mahar ini tak dapat dilepaskan dalam sebuah prosesi pernikahan dalam Islam.
  • Mahar Nikah dalam Islam, Berikut Benda yang Bisa Dijadikan Mas Kawin
    Tips
    Kamis, 27 Januari 2022 - 18:05 WIB
    Umat Islam perlu mengetahui apa saja bentuk mahar nikah dalam Islam. Berikut benda-benda yang dapat kita jadikan mahar nikah yang dicontohkan Nabi dan Sahabat.
  • Mengenal Istilah Mahar dalam Kosakata Al-Quran
    Muslimah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 18:55 WIB
    Dalam Islam, setiap perkawinan diikat dengan pemberian harta dari laki-laki kepada pihak perempuan. Pemberian itu sering disebut dengan istilah mahar atau maskawin. Adakah istilah mahar ini dalam Al-Quran?
  • Inilah Hadis-hadis Tentang Pernikahan yang Perlu Diketahui
    Muslimah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 14:02 WIB
    Sasaran utama dari disyariatkannya pernikahan dalam Islam di antaranya adalah untuk membentengi martabat manusia. Pernikahan melindungi manusia dari perbuatan kotor dan keji, yang dapat merendahkan dan merusak martabat manusia yang luhur.
  • Pernikahan Adalah Tanda Kekuasaan Allah, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Minggu, 24 September 2023 - 13:13 WIB
    Islam datang untuk mengumumkan batalnya kerahiban dan melarang hidup lajang. Islam mengajarkan kepada kita bahwa pernikahan adalah salah satu dari tanda-tanda kekuasaan Allah dalam kehidupan ini.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Idealnya Pernikahan Itu Melalui Persetujuan Ayah, Ibu dan Anaknya
    Tausyiah
    Sabtu, 23 September 2023 - 11:06 WIB
    Pernikahan yang paling baik itu harus melalui persetujuan ayah, ibu dan anaknya, sehingga tidak ada peluang untuk menjadi pembicaraan di sana sini atau menimbulkan permusuhan dan kebencian.
  • Pernikahan Fitnah
    Muslimah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 19:18 WIB
    Ia adalah seorang tabiin yang menjadi panutan. Terkenal sebagai pakar hadits sehingga orang-orang berbondong-bondong ke majelisnya. Namun sayang, separuh hayatnya terjerat dalam cinta yang justru menjerumuskan hidup dan imannya.
  • Surat Ar-Rum 21 : Doa dan Keberkahan Pernikahan
    Tips
    Jum'at, 13 Agustus 2021 - 14:46 WIB
    Surat Ar-Rum 21 menjelaskan tentang tanda kekuasaan Allah Subhanahu wa taala dam keberkahan sebuah pernikahan yang mengandung unsur doa di dalam surat tersebut.
  • Pernikahan-pernikahan yang Tidak Sah Menurut Fiqih
    Muslimah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 14:41 WIB
    Tidak semua pernikahan itu halal dalam Islam. Ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya
  • Jadikan Surga sebagai Cita-cita dan Tujuan Pernikahan
    Muslimah
    Senin, 16 Agustus 2021 - 08:20 WIB
    Pernikahan suami istri bukan sekadar hidup bersama sampai tua. Tapi, ada yang lebih besar dari sekadar menua bersama, yakni menjadikan surga sebagai cita-cita dan tujuan suami Istri.
  • Mencari Warna Islami Pernikahan Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 10:51 WIB
    Sedikit kesan islami pada resepsi pernikahan Putra Mahkota Yordania Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif dari Arab Saudi pada Kamis 1 Juni kemarin.
  • Hikmah Pernikahan Rasulullah yang Penting Diketahui Kaum Muslim
    Hikmah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 09:07 WIB
    Termasuk kesempurnaan mentadabburi Al-Quran dan hadis berkenaan dengan Sirah Nabawiyah adalah mengetahui hikmah pernikahan Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam.