Topik Terkait: Ahli Hikmah

  • Ahli Maksiat Masuk Surga Ahli Ibadah Masuk Neraka, Ini Penyebabnya
    Tausyiah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 16:34 WIB
    Rasulullah SAW pernah berkisah tentang dua orang bersaudara dari kalangan Bani Israil. Yang satu sering berbuat dosa, sementara yang lain sebaliknya: sangat tekun beribadah.
  • Hikmah Ramadan Memberikan Berbagai Kemudahan
    Hikmah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 10:04 WIB
    Islam akan membawa kemudahan pada umatnya. Kemudahan ini dapat dibuktikan dalam syariat puasa Ramadan yang tengah dijalankan kaum muslim saat ini.
  • Kisah Sahabat yang Disebut Ahli Neraka Oleh Nabi, Ternyata Ini Sebabnya
    Hikmah
    Senin, 18 Juli 2022 - 23:00 WIB
    Para sahabat mengira orang ini adalah Syuhada dan pahlawan karena semangat dan keberaniannya di medan perang. Tiba-tiba Rasulullah SAW berkata: Orang ini ahli neraka!
  • Kisah Hikmah : Ketika Nabi Musa Sakit Gigi dan Tanaman Obat
    Hikmah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 09:36 WIB
    Sebuah kisah menarik yang dialami Nabi Musa ketika bergelut dengan sakit gigi. Banyak pelajaran dan hikmah yang bisa dipetik dari kisah ini bagi kita umat Muslim dalam menghadapi problema kehidupan sehari-hari.
  • Hikmah Menyegerakan Berbuka Puasa
    Hikmah
    Kamis, 22 Juni 2017 - 11:50 WIB
    Tim Spirit of Ramadan (SOR) PPPA Daarul Quran masih &nbspterus istiqomah berjelajah memberikan manfaat menjelang akhir Ramadan.
  • 9 Pelajaran dan Hikmah dari Perang Uhud
    Hikmah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 14:27 WIB
    Setidaknya ada 9 pelajaran dan hikmah dari Perang Uhud. Salah satunya, betapa perang ini kita bisa menyaksikan besarnya kecintaan para Sahabat kepada Rasulullah SAW.
  • Hikmah Mengucapkan Wallahu Alam Bagi Seorang Muslim
    Hikmah
    Rabu, 20 Juli 2022 - 17:17 WIB
    Seorang muslim pastinya sudah sering mendengar kalimat Wallahu Alam yang artinya hanya Allah Yang Lebih Mengetahui (Maha Tahu). Berikut hikmahnya.
  • Kisah Ahli Ibadah, 220 Tahun Tak Pernah Maksiat Tapi Mati Suul Khatimah
    Hikmah
    Rabu, 16 November 2022 - 21:30 WIB
    Kisah ini sarat dengan pelajaran berharga bahwa tak seorang pun mengetahui akhir hidupnya. Seperti kisah ahli ibadah ini, tak pernah bermaksiat justru mati suul khatimah.
  • Kisah Hikmah : Bahaya Khawarij dan Fitnah Wanita
    Hikmah
    Senin, 04 Desember 2023 - 08:55 WIB
    Kisah ini mengambil pelajaran dari cerita hidup Imran bin Hitthan bin Zhbyan. Tentang bahayanya khawarij dan fitnah wanita. Lantas siapakah Imran bin Hitthan ini?
  • Kisah Guru Imam Junaid Al-Baghdadi Menjadi Pengemis di Pasar
    Hikmah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 08:35 WIB
    Dikisahkan, seorang wali besar sekaligus guru Imam Junaid Al-Baghdadi (220-298 Hijriyah) yang bermukim di Baghdad. Beliau adalah Syaikh Imam Abu Ishaq Annuri rahimahullah.
  • Kisah Hikmah : Amanah Berutang Seribu Dinar
    Muslimah
    Minggu, 27 Februari 2022 - 05:14 WIB
    Ketika kita menyampaikan kisah kepada anak-anak, tentunya ada makna yang ingin kita sampaikan. Misalnya tentang pentingnya menjaga amanah dan menanamkan sifat amanah kepada anak.
  • Kisah Hikmah : Padamnya Lampu Istana dan Khalifah Umar Bin Abdul Aziz
    Hikmah
    Sabtu, 27 April 2024 - 17:50 WIB
    Gaya hidup Umarbin Abdul Aziz sangat sederhana ketika menjadi khalifah. Gajinya hanya 2 dirham perhari atau 60 dirham perbulan. Meski menjabat hanya 2-3 tahun, karyanya sangat mengagumkan.
  • Hikmah Puasa Menurut Syaikh Ali Ahmad al-Jurjawi
    Tausyiah
    Senin, 25 Maret 2024 - 11:55 WIB
    Seseorang (yang berpuasa) menahan dirinya dari syahwatnya dan kesenangannya sebulan penuh, yang di balik itu ia tidak mengharapkan apa apa kecuali Wajah Allah Taala
  • Kisah Hikmah : Jangan Berdusta Walaupun Hal Ringan
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 14:40 WIB
    Ada kisah ringan dari seorang shahabiyah (sahabat perempuan Nabi SAW) Asma binti Umais. Ia adalah salah seorang wanita yang pertama memeluk Islam.
  • Kisah Barshisa, Ahli Ibadah yang Mati sebagai Penyembah Iblis
    Hikmah
    Senin, 06 September 2021 - 09:48 WIB
    Di saat Barshisa terlentang di tiang salib menanti saat-saat kematiannya, Iblis kembali datang ke hadapannya dan berkata, Aku dapat menolongmu , asalkan kau bersedia bersujud kepadaku.
  • Hikmah Iduladha dan Napak Tilas Pengorbanan Nabi Ibrahim
    Tausyiah
    Rabu, 05 Juli 2023 - 11:55 WIB
    Napak tilas momentum bersejarah Nabi Ibrahim alaihissalam dan putranya Nabi Ismail alaihissalam diabadikan menjadi salah satu perayaan umat Islam yang kita kenal dengan Iduladha.
  • 6 Hikmah Puasa Ramadhan, Nomor Terakhir Positif Bagi Kesehatan Tubuh
    Muslimah
    Senin, 21 Maret 2022 - 08:05 WIB
    Bulan Ramadhan akan segera kita sambut dengan gembira. Ibadah puasa di bulan suci ini, selain merupakan bagian dari rukun dan pilar yang membangun Islam, juga terkandung banyak hikmah yang sangat agung.
  • Kisah Hikmah : Golongan yang Selamat karena Takwa
    Hikmah
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 09:19 WIB
    Banyak kisah dalam Al Quran yang memberikan pelajaran dan hikmah bagi hamba-hamba yang beriman. Salah satunya tentang hamba-hamba atau golongan yang selamat dari berbagai musibah dan ujian karena ketakwaan mereka kepada Allah Subhanahu wa taala.
  • Kisah Hikmah : Pesan dari Kuburan
    Hikmah
    Rabu, 07 Juli 2021 - 09:26 WIB
    Cinta seorang muslim kepada Allah Subhanahu wa taala mengharuskan ia mencintai Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Kenapa demikian? Sebab, Rasulullah merupakan kekasih Allah.
  • Penting Diketahui Hikmah dan Keutamaan Sahur Saat Puasa Ramadhan
    Muslimah
    Senin, 05 April 2021 - 08:38 WIB
    Sebentar lagi umat muslim akan menjalankan puasa Ramadhan. Sebagai persiapan menjalankan puasa sepanjang hari, sahur memiliki banyak hikmah dan keutamaan. Apa dan bagaimana sebenarnya perihal sahur ini?