Topik Terkait: Penyimpangan Kaum Sufi

  • Hati-hati, Inilah Penyimpangan yang Sering Dilakukan Kaum Wanita
    Muslimah
    Jum'at, 23 September 2022 - 09:27 WIB
    Saat ini, penyimpangan-penyimpangan di dalam masalah keimanan, ibadah dan akhlak yang secara sadar atau tidak sadar banyak dilakukan kaum wanita.
  • Puasa Kaum Sufi: Menjaga 7 Anggota Tubuh
    Tausyiah
    Jum'at, 07 April 2023 - 08:00 WIB
    Seorang sufi berpengaruh, Al-Harits al-Muhasibi (wafat 243 H), mengemukakan bahwa ada tujuh anggota badan yang patut dijaga, terlebih ketika Ramadan. Apa saja?
  • 5 Penyimpangan Kaum Wanita yang Sering Diremehkan Dosanya
    Muslimah
    Sabtu, 06 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Penyimpangan dalam masalah keimanan, ibadah atau akhlak di zaman sekarang, seringkali diremehkan kaum wanita. Baik penyimpangan yang tersamar atau tidak nampak, bahkan banyak yang tidak disadari oleh pelakunya sendiri.
  • Instruksi dan Tradisi Chisytiyah: Misteri Kaum Sufi?
    Hikmah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 07:55 WIB
    Jika manusia mencari Kebenaran, ia harus memenuhi syarat untuk menerima kebenaran. Ia tidak mengetahui ini. Akibatnya, meyakini keberadaan Kebenaran, ia beranggapan dirinya mampu menerimanya.
  • Nasihat Sufi untuk Raja: Orang Paling Tak Berharga Sesungguhnya Berharga!
    Hikmah
    Rabu, 21 Desember 2022 - 13:55 WIB
    Ini adalah salah satu kisah yang berasal dari Abdul-Hamid Khan. Beliau adalah Pemimpin Aghan Mint, dan seorang darwis Kuno yang menguasai teknologi Barat.
  • Salah Paham Umat Islam terhadap Tasawuf dan Kaum Sufi
    Hikmah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 13:38 WIB
    Sebelum abad ke-19, hampir mustahil untuk mengklaim bahwa Sufisme tidak ada kaitannya dengan Islam. Ini karena, hingga akhir abad ke-18, ulama terkemuka di Makkah dan Madinah sangat dipengaruhi oleh tasawuf.
  • Kaum Sufi Maroko: Obat Penangkal Radikalisme
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Mei 2023 - 06:45 WIB
    Tradisi Sufi di Maroko sudah terjadi selama berabad-abad lampau. Kini Raja Mohammed VI mencoba menggunakan mereka untuk memerangi radikalisme. Program reformasinya meliputi promosi gerakan Sufi dan pemikir Islam moderat.
  • Idul Fitri 1441 Hijriyah dan Lahirnya Kaum Sufi Baru
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 22:23 WIB
    Idul Fitri 1441 Hijriyah memiliki makna berbeda bagi umat Islam karena berada dalam suasana pandemi Covid-19. Kesederhanaan Idul Fitri nampak di kebanyakan umat Islam, terutama di lapisan bawah dan menengah.
  • Puasa Kaum Sufi: Bukan Sekadar Menahan Lapar dan Haus
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 11:56 WIB
    Menurut Syaikh Abdul Qadir, puasa juga berarti menahan secara mutlak dan menolak secara total dari apapun selain al-Haq. Puasa jenis ini adalah puasanya orang-orang yang akalnya bersih.
  • Berikut Penyimpangan Kaum Sufi Menurut Al-Imam Ibnul Qayyim Al-Jauzi
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Ilmu tasawuf akan meningkat ke bidang makrifat perkenalan, setelah itu ke arah khasab ungkapan dan karunia Allah. Hal ini diperoleh melalui pembersihan hati nurani
  • Jalan Ketaatan Para Sufi Menurut Ibnu Taimiyah
    Tausyiah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:50 WIB
    Para sufi dan mereka yang menekuni fiqih sama-sama berhak memperoleh sebutan al-shiddiq-u, hanya saja masing-masing menempuh jalan ketaatan pada Allah dan Rasul-Nya menurut ijtihad yang mereka lakukan.
  • Inilah 5 Penyimpangan Ibadah yang Sering Dilakukan Kaum Wanita
    Muslimah
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 10:26 WIB
    Banyak penyimpangan-penyimpangan dalam masalah keimanan dan ibadah yang sadar atau tidak sadar banyak dilakukan oleh sebagian kaum wanita saat ini
  • Azyumardi Azra: Para Sufi Pengembara Sukses Mengislamkan Penduduk Nusantara
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 15:55 WIB
    Azyumardi Azra mengatakan, para sufi pengembaralah yang secara luas menjalankan dakwah Islam. Mereka berhasil mengislamkan penduduk di Nusantara paling tidak semenjak abad ke-13.
  • Kisah Sufi yang Cerdik Kalahkan Setan Raksasa Jahat
    Hikmah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 11:55 WIB
    Versi ini berasal dari suatu Majmua (kumpulan kisah darwis) yang aslinya ditulis oleh Hikayati pada abad ke-11, menurut kolofon, tetapi dalam bentuknya yang kita baca ini ia berasal dari abad ke-16.
  • Jalan Sufi: Pertumbuhan, Kemerosoan, dan Pembaruan
    Hikmah
    Minggu, 17 Januari 2021 - 08:23 WIB
    Ajaran sejati dimulai dengan para Pelindung, Raja Pengetahuan dan Pemahaman. Tidak dimulai dengan cinta, usaha atau indakan yang hanya mungkin dengan pengetahuan sejati.
  • Kisah Sufi: Berharga dan Tak Berharga
    Hikmah
    Selasa, 23 November 2021 - 13:08 WIB
    Raja yang disinggung dalam kisah ini diduga adalah mendiang Nadir Shah dari Afghanistan, yang diabdi oleh Sufi Abdul-Hamid Khan, dan yang wafat pada tahun 1933.
  • Kisah Sufi Al-Mutanabbi tentang Tiga Kebenaran
    Hikmah
    Rabu, 15 Desember 2021 - 14:32 WIB
    Salah satu keistimewaan kisah ini adalah selalu direvisi dan waktu ke waktu, dikarenakan pengisahan kembali terus-menerus harus sesuai dengan perubahan zaman.
  • Kaum Perempuan Dalam Bahaya Besar!
    Muslimah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 07:11 WIB
    Kegundahan dan kegelisahan akan selalu menyesakkan dada seorang perempuan yang beriman dan beramal saleh, sehingga tergeraklah hatinya untuk mencari tahu faktor-faktor apa saja yang bisa menyelamatkan dirinya dari azab Rabbnya
  • Kisah Bijak Para Sufi: Orang Berjalan di Atas Air
    Hikmah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 06:44 WIB
    Selain terdapat dalam sastra populer masa kini di Timur, kisah ini juga ditemukan dalam naskah-naskah ajaran darwis, beberapa di antaranya merupakan naskah yang besar.
  • Fathimah dari Nisyapur, Sosok Wanita Sufi yang Berkeluarga
    Muslimah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 14:38 WIB
    Tokoh sufi wanita yang populer di dunia tidak begitu banyak. Namun, sosok sufi ini merupakan sosok yang mempunyai keteguhan hati, independen , percaya diri, dan begitu mendalam dalam mempelajari tradisi-tradisi tasawuf .