Topik Terkait: Hewan Cerdas

  • Pengin Otak Cerdas? Berikut Panduan Syariat yang Bisa Diamalkan!
    Tips
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 10:20 WIB
    Islam menganjurkan umatnya agar cerdas otak dan pikirannya. Kenapa demikian? Karena hal tersebut merupakan perintah Allah SWT dalam Al Quran dan terulang di beberapa ayat untuk menyuruh menggunakan akal dan pikiran.
  • Kisah Hewan yang Memberi Isyarat di Zaman Para Nabi
    Hikmah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 13:41 WIB
    Kisah hewan memberi isyarat di zaman para Nabi merupakan salah satu tanda kebesaran Allah Azza wa Jalla. Hewan-hewan ini memainkan perannya atas izin pencipta-Nya.
  • Masih Bingung Pilih Hewan Kurban? Ini Ketentuannya Menurut Syariat
    Tips
    Minggu, 25 Juni 2023 - 08:04 WIB
    Dalam Buku Fiqih Kurban Perspektif Mazhab Syafii, Ustaz Muhammad Ajib menjelaskan bahwa hewan yang dibolehkan untuk kurban hanya dari jenis Al-Anam saja yaitu unta, sapi dan kambing (domba).
  • 3 Sahabat Nabi Muhammad SAW Paling Cerdas
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 23:53 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad adalah orang-orang paling cerdas, paling mengerti Al-Quran-Sunnah dan paling sempurna keimanannya. Berikut tiga sahabat Nabi paling cerdas.
  • 5 Hewan yang Boleh Dibunuh di Tanah Suci, Nomor 3 Sering Dijumpai
    Tausyiah
    Minggu, 02 Juli 2023 - 22:11 WIB
    Hewan yang boleh dibunuh di Tanah Suci Makkah dan Madinah ataupun saat Ihram ada lima jenis. Kelima hewan ini dianggap sebagai hewan fasiq yang menggangu.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Rasulullah Pernah Ditanya, Siapa Orang Paling Cerdas?
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Maret 2021 - 21:16 WIB
    Suatu hari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah ditanya, Siapakah orang yang paling cerdas di dunia ini?. Berikut jawaban Rasulullah.
  • Hukum Sunah Shohibul Qurban Menyembelih Sendiri Hewan Kurbannya
    Hikmah
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 20:02 WIB
    Disunahkan seorang muslim untuk bersentuhan langsung dengan hewan kurbannya (menyembelihnya sendiri). Kendati demikian, dibolehkan mewakilkan pada orang lain.
  • 25 Wanita Cerdas di Zaman Rasulullah Layak Diteladani (1)
    Hikmah
    Senin, 01 November 2021 - 10:40 WIB
    Wanita cerdas di zaman Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah orang-orang yang punya pengaruh besar dalam sejarah Islam. Siapa saja mereka?
  • Hukum Menjual Sesuatu dari Hewan Sembelihan Kurban
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 17:31 WIB
    Jumhur ulama mengatakan tidak boleh. Abu Hanifah mengatakan boleh menjualnya dengan selain dinar dan dirham. Yakni (ditukar) dengan barang-barang.
  • 5 Nama Hewan yang Diabadikan Menjadi Nama Surat Dalam Al Quran
    Muslimah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 08:38 WIB
    Penamaan surat yang ada dalam Al-Quran menggambarkan isi atau kandungan ayat di dalamnya. Salah satunya dinamai dengan nama-nama hewan, karena isi atau kandungan ayat di dalamnya ada kisah yang melibatkan hewan.
  • Sambut Iduladha, Mendagri Serahkan Ratusan Hewan Kurban dari Jajaran Kemendagri dan BNPP
    Dunia Islam
    Senin, 26 Juni 2023 - 22:22 WIB
    Jajaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) tahun ini akan berkurban ratusan sapi dan kambing. Hewan kurban itu diserahkan secara simbolis oleh Mendagri Tito Karnavian kepada Panitia Penyelenggara Iduladha 1444 Hijriah di Lingkungan Kemendagri dan BNPP, Senin (26/6/2023).
  • Iduladha 2023, Baznas Bazis DKI Bagikan Hewan Kurban hingga Pulau Sebira
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Juni 2023 - 21:01 WIB
    Baznas Bazis DKI Jakarta yang merupakan lembaga nonstruktural Pemprov DKI Jakarta menyambut Iduladha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi dengan tema Jakarta Berkurban. Baznas Bazis DKI akan melakukan pengumpulan dan pembagian hewan kurban.
  • Boleh Berkurban dengan Hewan Apapun yang Halal, Termasuk Ayam
    Tausyiah
    Kamis, 10 Juni 2021 - 18:55 WIB
    Beberapa pendapat Fiqih Ibnu Hazm ada yang berbeda dengan ulama kebanyakan. Perihal masalah kurban, misalnya, dia berpendapat boleh berkurban dengan hewan apapun yang halal.
  • 4 Tips Memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam
    Tips
    Senin, 26 Juni 2023 - 09:56 WIB
    Memilih hewan kurban tidak boleh asal dan harus sesuai syariat Islam. Sudah seharusnya umat muslim mengetahui hal ini supaya maksimal dalam berkurban di Hari Raya Iduladha.
  • Hukum Hewan Kurban Dipotong sebelum Sholat Idul Adha
    Tausyiah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 16:33 WIB
    Hukum hewan kurban dipotong sebelum sholat Idul Adha adalah tidak sah dan dinilai sebagai sembelihan bukan kurban. Jadi tidak memiliki nilai pahala ibadah kurban.
  • Doa saat Menggiring Hewan Kurban ke Tempat Penyembelihan dan Doa Sebelum Disembelih
    Tips
    Minggu, 25 Juni 2023 - 09:35 WIB
    Membaca doa ketika berkurban adalah sesuatu yang tidak boleh dilupakan. Di antara syarat halalnya sembelihan adalah membaca basmalah.
  • Ini 3 Hewan yang Sah untuk Kurban
    Tausyiah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 21:58 WIB
    Banyak hal yang harus diketahui umat muslim seputar ibadah kurban. Salah satunya tentang hewan yang sah untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha.
  • 25 Wanita Cerdas di Zaman Rasulullah Layak Diteladani (2)
    Muslimah
    Kamis, 04 November 2021 - 05:08 WIB
    Wanita cerdas di zaman Rasulullah adalah perempuan-perempuan hebat yang patut kita teladani. Berikut lanjutannya dirangkum dari Buku 25 Perempuan Teladan.
  • Keistimewaan Unta, Tunggangan Rasulullah yang Disebut dalam Al-Quran
    Hikmah
    Sabtu, 04 Desember 2021 - 15:27 WIB
    Ketika kita mendengar nama Unta, pikiran kita langsung tertuju ke jazirah Arab atau gurun pasir. Berikut keistimewaan hewan yang menjadi salah satu tunggangan Rasulullah.
  • 4 Adab Menyembelih Hewan Kurban Menurut Ustaz Adi Hidayat
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 14:15 WIB
    Ustaz Adi Hidayat menyampaikan tips adab menyembelih hewan kurban. Salah satunya adalah menghadapkan hewan kurban saat akan disembelih ke arah kiblat.