Kumpulan Artikel: Tokoh Muslim Berpengaruh

  • Kisah Heroik Malcolm X, Jubir Nation of Islam yang Legendaris
    Dunia Islam
    Rabu, 28 Februari 2024 - 15:05 WIB
    Malcolm X dibunuh pada usia 39 tahun pada tanggal 21 Februari 1965. Saat itu ia tengah berpidato di depan Organisasi Persatuan Afro-Amerika di Audubon Ballroom di New York.
  • Al Tusi, Ahli Matematika dan Filsafat Pelopor Pendirian Observatorium Astronomi Terbesar di Dunia
    Dunia Islam
    Kamis, 23 November 2023 - 13:15 WIB
    Al Tusi adalah seorang cendikiawan muslim yang berkontribusi besar dalam sejarah keilmuan Islam. Ia juga salah satu penulis produktif pada zaman Islam periode pertengahan.
  • Al Zahrawi alias Abucalcis, Penemu Cikal Bakal Produk Kedokteran dan Kosmetika Dunia Saat Ini
    Dunia Islam
    Rabu, 22 November 2023 - 09:29 WIB
    Dunia kecantikan dan kedokteran harus berterima kasih kepada Al Zahrawi. Siapakah beliau? Dialah seorang ilmuwan muslim yang bernama asli Abul Qasim Khalaf ibn al-Abbas az-Zahrawi atau Al-Zahrawi, peletak dasar ilmu kedokteran dan kecantikan dunia.
  • Al Battani : Astronom Muslim yang Tepat Menghitung Jumlah Waktu dan Hari
    Dunia Islam
    Selasa, 21 November 2023 - 13:02 WIB
    Al Battani menjadi ilmuwan pertama yang berhasil menentukan s ecara tepat perhitungan waktu dalam satu tahun yang terdiri dari 365 hari, 5 jam, 46 menit dan 24 detik.
  • Alhazen, Fisikawan Muslim Penemu Ilmu Optik yang Spektakuler
    Dunia Islam
    Senin, 20 November 2023 - 09:40 WIB
    Alhazen yang dikenal di dunia Barat, adalah ilmuwan muslim cerdas yang menguasai banyak ilmu khususnya bidang fisika dan matematika. Penemuannya yang spektakuler adalah gelombang cahaya atau optik.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • 8 Muslimah Pelopor Ilmu Pengetahuan, Mulai dari Matematika hingga Ahli Pengobatan
    Muslimah
    Minggu, 19 November 2023 - 15:42 WIB
    Dari ilmuwan-ilmuwan muslim populer di dunia, beberapa di antaranya ternyata seorang muslimah. Mulai dari dunia ilmu pengetahuan hingga dunia bisnis. Siapa saja mereka?
  • Abu Rahyan alias Al-Biruni, Ilmuwan Jenius yang Dikagumi Dunia Barat
    Dunia Islam
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:25 WIB
    Muhammad bin Ahmdan atau Abu Rahyan atau dikenal Al Biruni atau Al Bairuni (973-1048) adalah sosok ilmuwan muslim yang diakui kehebatan dan kejeniusannya oleh para ilmuwan barat modern.
  • 7 Hal yang Membuat Nabi Muhammad Menjadi Manusia Paling Berpengaruh di Dunia
    Dunia Islam
    Selasa, 26 September 2023 - 17:29 WIB
    Nabi Muhammad Shallalahu alaihi wa sallam adalah rasul Allah Subhanahu wa taala yang dijadikan panutan oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia.
  • Biografi Ibnu Khaldun, Bapak Sosiologi dan Ilmu Sejarah dari Islam
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 10:48 WIB
    Ibnu Khaldun merupakan tokoh terkemuka yang berhasil mengembangkan filosofi sejarah nonreligius pertama di dunia. Namun sebagian besar mengenalnya sebagai bapak sosiologi dan ilmu sejarah dari Islam.
  • Buya Syafii Maarif Wafat, Haedar Nashir: Beliau Milik Semua Orang
    Dunia Islam
    Jum'at, 27 Mei 2022 - 17:36 WIB
    Indonesia berduka. Allah Taala memanggil Ahmad Syafii Maarif ke haribaan-Nya. Tokoh teladan bangsa ini wafat pada Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB. Buya Ahmad Syafii wafat dalam usia 87 tahun.
  • Sukarno Menemukan Makam Imam Bukhari di Era Uni Soviet?
    Dunia Islam
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 13:23 WIB
    Lokasi makam Imam Bukhari berhasil ditemukan lagi meski dalam keadaan terlantar. Untuk menyambut dan menyenangkan hati Sukarno, makam perawi hadis terkemuka itu direnovasi.
  • Ibnu Katsir, Ulama Ahli Tafsir yang Tunanetra di Masa Tuanya
    Hikmah
    Selasa, 08 Maret 2022 - 16:38 WIB
    Cobaan kebutaan yang menimpa Ibnu Katsir di akhir-akhir masa hidupnya, tidak menghalangi beliau untuk tetap berkarya dalam upaya menghidupkan Ilmu-Ilmu Al-Quran, khususnya Ilmu Tafsir.
  • Legenda 3 Pemain NBA Muslim Terpopuler dan 5 Pemain yang Berlaga di NBA 2021-2022
    Dunia Islam
    Selasa, 14 Desember 2021 - 15:05 WIB
    Legenda 3 pemain NBA muslim terpopuler boleh jadi adalah Kareem Abdul-Jabbar, Hakeem Olajuwon, dan Rasheed Wallace. Kini mereka sudah pensiun, namun namanya tetap diingat publik basket.
  • Al-Idrisi sang Pemandu Marcopolo, Ibnu Batutta, dan Colombus
    Dunia Islam
    Sabtu, 04 Desember 2021 - 09:58 WIB
    Para penjelajah dunia macam Marcopolo, Ibnu Batutta, dan Christopher Columbus boleh jadi akan kandas meraih ambisi tanpa alat yang diciptakan oleh Al-Idrisi. Alat iu adalah peta yang akurat.
  • Kisah Imam Al-Ghazali saat Mengalami Krisis Kepercayaan
    Hikmah
    Sabtu, 27 November 2021 - 13:13 WIB
    Pada tahun 1095, Imam al-Ghazali mengalami krisis kepercayaan diri. Beberapa orang menganggap al-Ghazali mendapat gangguan mental. Dia berhenti dari pekerjaannya dan mengembara di dunia Muslim.
  • Umar bin Abdul Aziz, Kisah Ketika Dipecat sebagai Gubernur Madinah
    Hikmah
    Senin, 15 November 2021 - 13:48 WIB
    Umar bin Abdul Aziz dipecat sebagai Gubernur Madinah di era Khalifah Al Walid bin Abdul Malik. Hal ini dilakukan khalifah karena kebijakannyadinilai bisa mengancam keberlangsungan Dinasti Umayyah.
  • Abbas Bin Firnas, Inspirator Ilmuwan Barat untuk Kembangkan Pesawat
    Dunia Islam
    Minggu, 14 November 2021 - 18:47 WIB
    Keberhasilan Abbas bin Firnas (Ibnu Firnas) menguji dan menerbangkan alat buatannya pada tahun 852 telah memberi inspirasi kepada ilmuwan-ilmuwan Barat untuk mengembangkan pesawat.
  • Abd-al Rahman al-Sufi, Astronom Muslim yang Mengindentifikasi 100 Bintang Baru
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 November 2021 - 14:21 WIB
    Abd-al Rahman al-Sufi adalah astronom muslim yang mengindentifikasi 100 bintang baru, bersama dengan deskripsi dan ilustrasi pertama yang diketahui dari galaksi Andromeda.
  • Sebelum Columbus,  Abu Bakar Saudara Mansa Musa Telah Temukan Benua Amerika
    Dunia Islam
    Jum'at, 12 November 2021 - 19:34 WIB
    Saudara Mansa Musa, orang terkaya sepanjang sejarah dengan kekayaan sebesar USD400 miliar atau setara Rp5.897 triliun, diyakini sebagai penemu Benua Amerika jauh sebelum Christopher Columbus.
  • Imam Masjidil Haram dari Indonesia Cuma 3 Ulama Sepanjang Sejarah, Ini Penyebabnya
    Hikmah
    Jum'at, 12 November 2021 - 18:13 WIB
    Imam Masjidil Haram dari Indonesia sepanjang sejarah tercatat ada tiga ulama. Mereka adalah Syaikh Junaid Al Batawi, Syaikh Imam Nawawi Al Bantani, dan Syaikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.