Kumpulan Artikel: Agama (halaman 6)

  • Syaikh Yusuf Al-Qardhawi: Islam Bukanlah Ajaran yang Labil
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 20:08 WIB
    Mereka mengira bahwa syariat Islam yang didakwahkan merupakan sesuatu yang labil, tidak memiliki kriteria dan batasan yang pasti, sehingga setiap hakim memberikan penafsiran sendiri-sendiri.
  • Pertemuan Tokoh Agama Amerika, Serukan Perdamaian dan Stop Peperangan
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Mei 2023 - 22:11 WIB
    New Decade, making institutional peace take root. Inilah tema dari acara pertemuan tahunan tokoh-tokoh agama di Kota New York, Amerika Serikat, Minggu 28 Mei 2023 kemarin.
  • Inilah Para Pendusta Agama dalam Penjelasan Al-Quran
    Hikmah
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 06:44 WIB
    Ingin tahu siapa saja para pendusta agama dan yang mendustakan hari pembalasan? Surat Al Maun menjelaskannya kepada kita siapa saja mereka.
  • Menag Yaqut Imbau Jemaah Haji Tak Bawa Atribut Partai ke Tanah Suci
    Dunia Islam
    Rabu, 24 Mei 2023 - 08:11 WIB
    Menag Yaqut Cholil Qoumas mengimbau kepada jemaah haji Indonesia tak membawa barang-barang yang tidak perlu, termasuk atribut partai atau organisasi, ke Tanah Suci.
  • Coba Masakan Dapur Penyedia Katering Jemaah Haji, PPIH: Jaga Cita Rasa Indonesia
    Dunia Islam
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 05:23 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) meminta penyedia katering untuk menjaga cita rasa Indonesia dalam menyajikan makanan untuk jemaah haji.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Hari Ini Kemenag Berangkatkan 492 Petugas Haji ke Arab Saudi
    Dunia Islam
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 05:14 WIB
    Jelang penyelenggaraan ibadah haji 1444/2023, Kementerian Agama (Kemenag) memberangkatkan 492 petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) ke Arab Saudi.
  • 8.000 Kuota Haji Tambahan Diperuntukkan bagi Jemaah Daftar Tunggu
    Dunia Islam
    Kamis, 18 Mei 2023 - 14:23 WIB
    Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyatakan kuota tambahan 8.000 jemaah haji reguler 2023 akan diperuntukkan bagi daftar tunggu berikutnya.
  • Menag: 100% Jemaah Sudah Lunasi Biaya Haji 2023
    Dunia Islam
    Rabu, 17 Mei 2023 - 14:15 WIB
    Menag Yaqut Cholil Qoumas menyebut sampai hari ini sudah lebih dari 203.320 jemaah telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1444 H/2023 M. Artinya, 100% kuota jemaah haji reguler sudah terisi. Ke depan, Kementerian Agama akan fokus pada upaya pelunasan Bipih untuk 8.000 tambahan kuota.
  • BKM Pusat Siapkan Program Pemberdayaan Masjid di Indonesia
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 07:20 WIB
    Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Pusat menyiapkan sejumlah program kerja untuk memberdayakan masjid di Indonesia.
  • Islam Indonesia akan Jadi Panutan Dunia di Masa Depan
    Dunia Islam
    Kamis, 20 April 2023 - 18:42 WIB
    Islam Indonesia akan menjadi panutan dunia di masa depan menurut KH. Cholil Nafis, Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI).
  • Kemenag Hadirkan Al-Qur’an Isyarat dan Terjemahan Bahasa Daerah
    Dunia Islam
    Rabu, 19 April 2023 - 13:57 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan aplikasi Al Quran Isyarat 30 juz dengan terjemahan Al-Quran Bahasa Daerah. Kedua fitur tersebut merupakan hasil pengembangan Quran Kemang Android versi 2.4 RC1 oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ), Balitbang dan Diklat Kemenag.
  • TGB: Masjid Bukan Hanya Tempat Ibadah Tapi Sumber Kedamaian
    Dunia Islam
    Kamis, 06 April 2023 - 22:21 WIB
    Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi mengatakan, seseorang yang dianggap jago adalah yang bisa mengendalikan emosinya. Serta salah satu yang bisa membawa suasana damai berasal dari masjid.
  • TGB Sebut Islam Hadir Membawa Budaya dan Nilai-nilai Kedamaian
    Dunia Islam
    Kamis, 06 April 2023 - 21:58 WIB
    Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi mengungkapkan, Islam datang dalam keadaan asing. Di akhir zaman nanti agama ini juga akan kembali terasa asing. Meskipun demikian, Islam membawa perdamaian dan beruntung bagi masyarakat yang bisa menjaga nilai itu.
  • Jalaluddin Rumi: Kebenaran Esensial Terletak Pada Kesadaran Batin
    Hikmah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 13:33 WIB
    Kajian Rumi terhadap semua bentuk agama. Kesimpulannya bahwa kebenaran esensial terletak pada kesadaran batin manusia itu sendiri, bukan pada organisasi-organisasi eksternal.
  • Kaum Kebatinan dalam Islam Menurut Cak Nur
    Tausyiah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 04:00 WIB
    Al-Bathiniyyun digunakan secara longgar untuk mengidentifikasi kelompok Islam yang orientasinya berat ke arah paham keagamaan yang lebih mengutamakan usaha menangkap makna dalam (batin) dari suatu teks atau ajaran agama.
  • Jadwal Imsakiyah Surabaya Rabu 22 Maret 2023 M/29 Syaban 1444 H
    Tips
    Selasa, 21 Maret 2023 - 21:19 WIB
    Jadwal Imsakiyah dan salat untuk tanggal 22 Maret 2023 atau 29 Syaban 1444 H di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Bagi warga Surabaya dan sekitarnya, jadwal ini bisa digunakan sebagai acuan untuk menjalankan ibadah.
  • Mengapa Islam Diturunkan di Makkah? Begini Jawaban Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Maret 2023 - 19:10 WIB
    Mengapa Islam diturunkah di Makkah, bukan di Indonesia misalnya. Lalu ada yang menjawab itu karena penduduk Mekah sangat bejat. Begini penjelasan al-Quran.
  • Cak Nur: Puasa Salah Satu Mata Rantai Kontinuitas Agama-Agama
    Tausyiah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 13:49 WIB
    Dalam hal Islam, puasa menjadi salah satu bukti bahwa agama itu merupakan kelanjutan dan penyempurnaan dari agama-agama Allah yang telah diturunkan kepada umat-umat sebelumnya.
  • 5 Konsep Kisah Al-Quran dalam Meningkatkan Spiritual Anak
    Tausyiah
    Selasa, 14 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Setidaknya ada 5 konsep kisah al-Quran dalam meningkatkan spiritual anak, yakni konsep irsyad, konsep dialogis, konsep hikmah dan itibar, konsep dzikra, konsep takhwif dan tahdzir.
  • 3 Tahapan Perintah Salat dan Puasa
    Hikmah
    Minggu, 12 Maret 2023 - 07:21 WIB
    Hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Muaz ibnu Jabal ra menceritakan bahwa ibadah salat difardukan melalui tiga tahapan, dan ibadah puasa difardukan melalui tiga tahapan pula.