Topik Terkait: Fadhillah Alquran

  • 4 Keutamaan Orang yang Suka Tilawah Alquran
    Hikmah
    Rabu, 18 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Tilawah memiliki tiga arti yaitu membaca, memahami dan mengamalkan. Ustaz Adi Hidayat menjelaskan ada empat keutamaan bagi mereka yang bisa dan suka tilawah Quran.
  • Fadhillah Luar Biasa dari Membaca 100 Ayat Al-Quran Saat Shalat Malam
    Tips
    Rabu, 09 Juni 2021 - 11:01 WIB
    Membiasakan bangun malam dan membaca 100 ayat Al-Quran dalam shalat malam, ternyata memiliki fadhillah luar biasa. Apa saja fadhillah dan keutamaannya? Bagaimana pula mempraktekkannya?
  • Kandungan dan Asbabun Nuzul Surat Az-Zukhruf
    Hikmah
    Selasa, 17 Januari 2023 - 17:34 WIB
    Surat Az-Zukhruf artinya perhiasan merupakan surat ke-43 dalam mushaf Al Quran terdiri 89 ayat (Surat Makkiyah). Berikut asbabun nuzul surat ini.
  • Fadhillah Membaca 100 Ayat Al-Quran dalam Salat Malam
    Tausyiah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 15:53 WIB
    Dalam banyak riwayat, Allah Taala memberikan keutamaan bagi mereka yang suka membaca Al-Quran, menyimak dan mentadabburinya. Berikut keutamaan bagi yang membaca 100 ayat dalam salat malam.
  • Fadhillah Surah Al-Kahfi, Diterangi Cahaya Hingga Dilindungi dari Dajjal
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 22:52 WIB
    Selain menghidupkan Salawat, ada satu amalan istimewa pada malam Jumat dan hari Jumat yaitu membaca Surah Al-Kahfi atau Gua. Surah Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam Kitab suci Al-Quran.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Inilah Keutamaan Membaca Alquran
    Tausiyah
    Kamis, 31 Mei 2018 - 09:00 WIB
    Bagi Anda yang mencintai Alquran, ada baiknya simak hitungan sederhana ini. Terlebih di bulan Ramadhan, amalan membaca Alquran (tilawah) sangat dianjurkan oleh para ulama.
  • Rahasia dan Fadhillah Surat Yasin, Yuk Amalkan
    Tips
    Kamis, 09 September 2021 - 18:00 WIB
    Dalam berbagai riwayat Surat Yasin memiliki rahasia dan keutamaan yang agung. Para ulama mengatakan bahwa Yasin dan Thoha adalah nama lain dari Nabi Muhammad.
  • Keutamaan dan Khasiat Surah Al-Quraisy
    Tausyiah
    Senin, 21 Desember 2020 - 17:56 WIB
    Surah Al-Quraisy adalah surat ke-106 dalam Kitab Suci Al-Quran. Surah ini tergolong Surah Makkiyah terdiri dari 4 ayat. Berikut keutamaan dan khasiatnya.
  • 5 Doa Sebelum Membaca Al-Quran, Nomor 4 Latunkan Doa untuk Orang Tua
    Tips
    Selasa, 27 Desember 2022 - 11:05 WIB
    Membaca Al-Quran memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah Allah subhanahu wataala mengganjar seseorang yang membaca Al-Quran setiap huruf yang ia baca dengan pahala yang besar.
  • 5 Keutamaan Membaca Surah Ali Imran
    Hikmah
    Kamis, 09 Januari 2020 - 20:28 WIB
    Surah Ali Imran (keluarga Imran) merupakan surah ketiga dalam Kita Suci Al-Quran terdiri dari 200 ayat. Berikut keutamaannya.
  • Memahami Al-Quran sebagai Kitab Penyembuh
    Tausyiah
    Senin, 26 Juli 2021 - 07:30 WIB
    Berkaitan dengan kondisi wabah, Covid-19 saat ini ayat di bawah yang menyatakan bahwa Alquran sebagai kitab penyembuh, menarik untuk dikaji bersama.
  • Membaca Al-Quran Tanpa Mengetahui Artinya, Masihkah Dapat Pahala?
    Tips
    Rabu, 06 Juli 2022 - 16:46 WIB
    Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi seluruh manusia. Namun bagaimana ketika kita membaca Al-Quran tanpa tahu artinya? Masihkah mendapat pahala?
  • Quraish Shihab: Al-Quran Sendiri Membuktikan Keotentikannya
    Tausyiah
    Rabu, 22 Maret 2023 - 17:48 WIB
    Al-Quran Al-Karim memperkenalkan dirinya dengan berbagai ciri dan sifat. Salah satu di antaranya adalah bahwa ia merupakan kitab yang keotentikannya dijamin oleh Allah, dan ia adalah kitab yang selalu dipelihara.
  • Doa Sebelum Membaca Al-Quran dan Penutupnya
    Tausyiah
    Minggu, 07 Maret 2021 - 23:35 WIB
    Berdoa sebelum membaca Al-Quran merupakan salah satu adab mulia ketika hendak berinteraksi dengan Al-Quran. Berikut lafaz doa dan artinya dihimpun dari berbagai sumber.
  • Alquran tepat benahi moralitas
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juli 2013 - 09:01 WIB
    Alquran diturunkan untuk kemaslahatan semua umat manusia. Dengan dasar itu, kandungan Alquran sangatlah tepat sebagai petunjuk guna memperbaiki moralitas bangsa saat ini. Alquran adalah petunjuk yang sangat tepat karena di dalamnya terdapat nilai-nilai terbaik.
  • Tadarus Alquran luar biasa
    Tausiyah
    Rabu, 31 Juli 2013 - 07:41 WIB
    Tadarus (membaca) Alquran adalah salah satu amalan sunah utama di Bulan Ramadan. Terlebih, pada bulan suci inilah Alquran mulai diturunkan, sebagaimana firman Allah SWT: ... Bulan Ramadan yang padanya diturunkan Alquran, menjadi petunjuk bagi sekalian manusia dan menjadi keterangan yang menjelaskan, petunjuk dan pembeda antara yang benar dengan yang salah (Al Baqarah: 185)
  • Khasiat Surat Al-Fatihah sebagai Obat, Sembuhkan Lemah Jantung
    Tips
    Senin, 22 Mei 2023 - 07:17 WIB
    Surah terdiri atas 7 ayat ini merupakan Pembukaan Al-Quran. Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa yang membaca surah al-Fatihah sebanyak tujuh kali, maka itu dapat menyembuhkan dari segala penyakit.
  • Alquran sebagai Lautan Ilmu
    Tausyiah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 08:45 WIB
    Alquran merupakan mukjizat terbesar yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan diturunkan pada bulan Ramadhan.
  • Jumlah Ayat Al-Quran yang Patut Diketahui Umat Islam
    Tausyiah
    Minggu, 06 Agustus 2023 - 20:54 WIB
    Jumlah ayat dalam Al-Quran patut diketahui umat muslim sebagai sumber hukum Islam. Adapun yang populer di kalangan umat Islam adalah 6.666 ayat.
  • Al-Quran di Tengah Perkembangan Filsafat Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Jum'at, 14 April 2023 - 15:42 WIB
    Tidak sedikit ayat Al-Quran yang berbicara tentang manusia bahkan manusia adalah makhluk pertama yang telah disebut dua kali dalam rangkaian Wahyu Pertama (QS 96:1-5).