Topik Terkait: Ulama Perempuan

  • Nasehat Bagi Perempuan yang Senang Jalan-jalan ke Pasar
    Muslimah
    Kamis, 19 November 2020 - 14:58 WIB
    Sebenarnya perempuan tidak dilarang untuk keluar dari rumahnya karena ada keperluan yang mendesak. Begitu pula, keluar untuk berbelanja, baik ke pasar maupun ke pusat-pusat perbelanjaan lainnya, namun hal yang diperhatikan syaraiat bagi mereka yang keluar rumah ini.
  • MUI DKI Bahas Peran Ulama Betawi dalam Lintasan Sejarah
    Dunia Islam
    Minggu, 31 Juli 2022 - 12:26 WIB
    Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta mengajak umat muslim meneladani peran ulama Betawi dalam membentuk masyarakat yang agamis dan cinta Tanah Air.
  • Ulama Indonesia yang Wafat dan Dimakamkan di Luar Negeri
    Dunia Islam
    Minggu, 13 Maret 2022 - 23:50 WIB
    Banyak tokoh ulama Indonesia yang wafat dan dimakamkan di luar negeri. Sebagian besar dimakamkan di pekuburan Jannatul Mala, Makkah Arab Saudi.
  • Islam Pinggirkan Perempuan? Begini Jawaban Gus Baha
    Tausyiah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 19:02 WIB
    Andaikan sejarah mencatat tentang siapa orang pertama yang beriman, secara mutlak--tidak melihat kelompok dan golongan--pasti yang muncul adalah nama perempuan, yakni Sayyidah Khadijah Kubro.
  • Kesetaraan Perempuan Dalam Islam
    Muslimah
    Rabu, 21 April 2021 - 10:44 WIB
    Momen peringatan Hari Kartini, selalu membahas tentang kesetaraan perempuan. Padahal bila menengok sejarah awal Islam, kesetaraan perempuan dengan lelaki ini telah ada di masa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Bahaya Ulama Instan
    Tausyiah
    Senin, 06 Juli 2020 - 23:49 WIB
    Rasulullah SAW mengingatkan: Ulama itu adalah pewaris para Nabi. Hari ini kita menyaksikan begitu banyak yang dadakan menjadi ustaz, dai, dan penceramah instabile yang selebritas.
  • Nasehat Seorang Perempuan dan Sang Alim
    Hikmah
    Rabu, 30 Juni 2021 - 14:40 WIB
    Apakah seorang perempuan tidak boleh memberio nasehat? Kisah hikmah berikut menunjukkan bahwa kaum Hawa pun dapat memberikan andil dalam ber- amar maruf nahi munkar sesuai dengan kemampuan mereka.
  • Hukum Puasa bagi Musafir Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Sabtu, 01 April 2023 - 14:56 WIB
    Musafir mendapat keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 185. Lalu apa syarat musafir yang dapat keringanan itu?
  • Profil Habib Segaf Baharun, Ulama yang Perhatian Terhadap Fiqih Wanita
    Dunia Islam
    Senin, 13 November 2023 - 17:09 WIB
    Profil Habib Segaf Baharun dikenal sebagai ulama muda Dzurriyah Nabi yang konsern terhadap fiqih wanita. Beliau cukup produktif menulis berbagai kitab sekaligus konsultan fiqih wanita.
  • Hak-Hak Perempuan di Luar Rumah Menurut Sejumlah Ulama
    Muslimah
    Senin, 21 November 2022 - 13:08 WIB
    Keberadaan perempuan di dalam atau di luar rumah dapat bermula dari surat Al-Ahzab ayat 33. Ayat ini seringkali dijadikan dasar untuk menghalangi wanita ke luar rumah.
  • Satu Persatu Ulama Kita Dipanggil, Berikut Daftar Ulama Wafat Januari 2021
    Hikmah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 19:19 WIB
    Belum hilang kesedihan atas wafatnya Dai ilallah Syekh Ali Jaber, sore ini kita kembali dikejutkan kabar duka wafatnya ulama Pengasuh Majelis Talim Al-Afaf Tebet Jakarta, Sayyidil Walid Al-Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf.
  • Perempuan-Perempuan yang Dinantikan Neraka
    Muslimah
    Minggu, 22 November 2020 - 18:27 WIB
    Ada beberapa golongan perempuan yang akan diusir dari surga dan berakhir di neraka, dan mereka bahkan tak diizinkan mencium harumnya surga. Padahal, begitu dasyatnya surga dapat tercium sejauh 70 tahun jarak perjalanan.
  • Rahasia Keberkahan Usia Para Ulama
    Hikmah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 06:42 WIB
    Saya tidak membayangkan sekiranya para ulama, semisal Imam At-Thabari hidup di era digital seperti hari ini, karya apa yang beliau hasilkan ya?
  • Kisah Ulama Mengislamkan 200 Orang dan Membuat 200 Ribu Orang Bertobat
    Hikmah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 16:22 WIB
    Sosok ulama yang satu ini benar-benar luar biasa dan dapat dijadikan teladan bagi para Dai dan Asatidz. Berkat tausiyahnya, sebanyak 200 orang memeluk Islam pada masanya.
  • Nasihat Al-Qarni agar Menjadi Perempuan Paling Bahagia
    Muslimah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 06:11 WIB
    Islam telah mengubah derajat perempuan. Bahkan ditegaskan, peran perempuan dalam menaati perintah Allah, tanggung jawabnya mencari jalan ke surga. Islam menempatkan perempuan sebagai manusia mulia.
  • Kiprah Perempuan dalam Dakwah,  Wajibkah?
    Muslimah
    Rabu, 22 September 2021 - 18:03 WIB
    Kiprah perempuan dalam berdakwah saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena kehadirannya tidak bisa dinafikkan untuk kebaikan umat dan generasi penerus bangsa.
  • Inilah Wasiat Syaikh Al Utsaimin untuk Perempuan Muslimah
    Muslimah
    Senin, 09 November 2020 - 07:01 WIB
    Syaikh Muhammad Bin Sholeh Al-Utsaimin menuliskan sebelas wasiat untuk kaum perempuan muslimah. Ia berharap bahwa setiap perempuan muslimah memegang teguh wasiatnya ini, agar selamat dunia dan akhirat
  • Keutamaan Memiliki Anak Perempuan Bisa Menjadi Penghalang Pintu Neraka
    Muslimah
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 15:01 WIB
    Bagi keluarga muslim yang memiliki anak perempuan, bisa dikatakan sangat beruntung. Kenapa demikian? Karena, ternyata anak perempuan akan menjadi penghalang untuk orang tuanya dari api neraka.
  • Inilah Keberuntungan Memiliki Anak Perempuan dalam Islam
    Muslimah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 10:55 WIB
    Sungguh beruntung keluarga muslim yang memiliki anak perempuan. Mengapa demikian? Karena ternyata, dalam Islam, keutamaan memiliki anak perempuan akan menjadi penghalang untuk orang tuanya dari api neraka
  • Hadhramaut, Negeri Wali Pencetak Ulama dan Dai Nusantara
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 23:42 WIB
    Hadhramaut, sebuah lembah di negeri Yaman dikenal sebagai surganya ilmu dan buminya para Waliyullah. Dari sinilah lahir para ulama dan embrio penebar dakwah Islam di Nusantara.