Topik Terkait: Asy Syifa Binti Abdullah

  • Asy-Syifa’ binti Abdullah, Ilmuwan Perempuan Pertama Dalam Islam
    Muslimah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 09:10 WIB
    Sosok ini dikenal sebagai seorang muslimah yang pandai dan berilmu tinggi, di masa awal datangnya Islam. Di mana pada saat itu hanya segelintir perempuan yang diperbolehkan menulis dan membaca.
  • Cerdas dan Subur Ilmu, Asy-Syifa  Dinobatkan Sebagai Pendidik Muslimah Pertama
    Muslimah
    Kamis, 25 Juni 2020 - 11:45 WIB
    Banyak kisah inspiratif dari perjalanan para shahabiyat yang mendapat kedudukan tersendiri di sisi Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Salah satunya merupakan tokoh ilmuwan perempuan pertama dalam Islam.
  • Safanah binti Hatim, Sang Diplomat Dakwah yang Santun
    Muslimah
    Rabu, 11 November 2020 - 16:56 WIB
    Banyak kisah muslimah yang dapat kita teladani, di antarnya adalah Safanah binti Hatim ath-thai. Ia merupakan salah satu shahabiyah yang dikenal akan kesantunnya dalam berperilaku dan berbicara.
  • Zainab Binti Rasulullah, Teladan dalam Cinta dan Kesetiaan pada Suami
    Hikmah
    Sabtu, 06 November 2021 - 09:30 WIB
    Bagi yang ingin belajar tentang cinta dan kesetiaan, sosok Sayyidah Zainab Binti Muhammad Rasulullah adalah teladannya. Kisahnya layak kita jadikan pelajaran.
  • 5 Keutamaan dan Manfaat Surat Asy-Syuara, Penghilang Rasa Takut dan Lelah
    Tips
    Kamis, 26 Januari 2023 - 22:44 WIB
    Keutamaan dan manfaat Surat Asy-Syuara, surat ke-26 dalam Al-Quran perlu diketahui kaum muslim. Salah satunya dapat menghilangkan rasa takut dan kelelahan.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Saudah binti Zamah : Sosok Keindahan dan Kesetiaan Seorang Istri
    Muslimah
    Sabtu, 05 September 2020 - 17:46 WIB
    Ummul mukminin Aisyah sangat terkesan akan keindahan kesetiaan Saudah binti Zamah kepada Rasulullah, bahkan Aisyah pun berharap bisa menjadi bajunya (penggantinya) di sisi Nabi yang mulia tersebut.
  • Ketika Maimunah Binti Harits Cemburu Pada Agama Allah
    Muslimah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 15:23 WIB
    Kecintaan Maimunah binti Al Harits terhadap Islam, tidak diragukan lagi. Sebagai salah satu Ummul Mukminin, Maimunah betul-betul tegas bila menyangkut soal agama Allah.
  • Asy-Syifa binti Abdullah, Sosok Ilmuwan Wanita Pertama dalam Islam
    Muslimah
    Jum'at, 12 November 2021 - 09:03 WIB
    Sosok Asy-Syifa binti Abdullah bin Abdi Syams merupakan tokoh ilmuwan wanita pertama dalam Islam. Ia adalah seorang muslimah yang terkenal dengan kepandaian dan kebaikannya sejak zaman Jahiliyah
  • Inilah Sosok Ayah Imam Abdullah bin Mubarak yang Luar Biasa
    Hikmah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 05:19 WIB
    Imam Abdullah bin Mubarak (118-181 H) memang terlahir dari orang tua biasa. Ayahnya seorang budak, namun Ibnul Mubarak lahir dan tumbuh menjadi seorang ulama besar.
  • Kisah Ummu Kultsum binti Uqbah, Berhijrah Demi Iman
    Muslimah
    Sabtu, 06 Maret 2021 - 15:56 WIB
    Kata hijrah beberapa tahun terakhir menjadi kata yang sangat populer di Indonesia. Tentang hijrah ini, ada salah satu contoh terbaik dari seorang shahabiyah yakni Ummu Kultsum binti Uqbah.
  • Abdullah bin Zubair: Bayi Mungil dan Kekalahan Sihir Yahudi
    Hikmah
    Senin, 03 Mei 2021 - 16:02 WIB
    Tatkala Abdullah bin Zubair lahir, hal itu merupakan suatu kenyataan yang digunakan takdir untuk menolak kebohongan orang-orang Yahudi di Madinah dan mematahkan tipu muslihat mereka.
  • Belajar Ridha dari Sahabat Mulia Abdullah Bin Abbas
    Tausyiah
    Senin, 07 Desember 2020 - 21:50 WIB
    Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhuma sahabat, ahli ilmu yang lahir tiga tahun sebelum hijrah Nabi. Beliau adalah sosok teladan meskipun Allah mengujinya dengan kebutaan.
  • Kisah Abdullah Bin Ubay Sebarkan Api Kebencian terhadap Kaum Muhajirin
    Hikmah
    Rabu, 04 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Abdullah bin Ubay bin Salul menjadi gembong kaum munafik karena dengki dan membeci Nabi Muhammad. Rasulullah dianggap penghalang dirinya untuk menjadi penguasa Madinah.
  • Kisah Abdullah bin Mubarak di Medan Perang, Satu Persatu Pasukan Romawi Tumbang
    Hikmah
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 21:44 WIB
    Imam Abdullah bin Mubarak rahimahullah (118 -181 H) ternyata tak cuma terkenal sebagai ulama zuhud yang sangat dermawan. Beliau juga seorang jagoan Mujahidin pada masanya.
  • Kisah Shafiyah binti Huyay, Istri Nabi Muhammad yang Berasal dari Bangsa Yahudi
    Muslimah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 19:34 WIB
    Shafiyah binti Huyay merupakan salah satu istri Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yang memiliki kisahnya tersendiri lantaran berasal dari kaum Yahudi.
  • Kisah Fatimah binti Abdul Malik, Ibu Negara yang Tanggalkan Kemewahan dan Fasilitas Istana
    Hikmah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 07:05 WIB
    Fatimah binti Abdul Malik, satu dari deretan muslimah yang namanya bersinar di pentas sejarah. Beliau seorang ibu negara yang memilih hidup zuhud meski tinggal di istana.
  • Juwairiyah binti Harits, Pembawa Berkah Kaumnya ke Dalam Cahaya Islam
    Muslimah
    Minggu, 01 November 2020 - 13:00 WIB
    Kisah Sayyidah Juwairiyah sampai ke pintu rumah Rasulullah, tidak lepas dari permusuhan Bani Musthaliq kepada Islam. Harits bin Abu Dhirar, ayah Juwairiyah yang menyembah berhala hendak menghalangi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
  • Fakhitah binti Abi Thalib, Saksi Sejarah Perjalanan Isra Miraj Nabi SAW
    Muslimah
    Kamis, 11 Maret 2021 - 15:24 WIB
    Ummu Hani adalah sosok penting dalam sejarah Islam. Dari rumahnya, di bawah atap yang menjadi langit keluarganya, sebuah kemukjizatan pernah terjadi. Kediamannya yang penuh berkah menjadi saksi peristiwa Isra Miraj.
  • Legasi KH Abdullah Syukri Zarkasyi
    Hikmah
    Kamis, 22 Oktober 2020 - 22:54 WIB
    Di Gontor ada masa perkenalan untuk santri baru dan lama. Tahun 1994 saya alami masa perkenalan itu, sama sekali tidak diminta bawa batu kali, jangkrik atau yang aneh-aneh.
  • Asma Binti Yazid, Si Penyuara Hak-hak Perempuan
    Muslimah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 18:38 WIB
    Ia adalah seorang muslimah ahli hadis yang mulia, mujahidah yang memiliki kecerdasan, dien-nya bagus dan ahli argumen atau seorang orator ulung mewakili kaumnya, sehingga dijuluki sebagai juru bicara wanita.