Topik Terkait: Fiqih Safar

  • Amalan-amalan Ketika Safar Umrah di Tanah suci
    Tips
    Sabtu, 29 April 2023 - 14:23 WIB
    Banyak amalan yang bisa dilakukan ketika safar umrah di tanah suci. Amalan-amalan tersebut untuk mendapatkan manfaat maksimal dari bersafar umrah ini. Apa saja amalannya?
  • Karena Keistimewaannya, Perempuan Dianjurkan Belajar Ilmu Fiqih
    Muslimah
    Senin, 14 Desember 2020 - 19:24 WIB
    Adanya ilmu fiqih perempuan, tentu untuk dipelajari oleh setiap muslimah agar kehidupannya sesuai dengan syariat Islam. Kenapa harus dipelajari dan apa saja yang ada dalam bahasan ilmu fiqih perempuan ini?
  • 3 Keutamaan Bulan Safar dan Doa yang Dianjurkan Nabi
    Hikmah
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 21:14 WIB
    Shafar atau Safar merupakan bulan kedua dalam kalender Islam (Hijriyah). Meski tidak seagung bulan Muharram, bulan Safar memiliki keutamaan tersendiri.
  • Keutamaan Bulan Safar yang Penting Diketahui Umat Muslim
    Hikmah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 12:25 WIB
    Safar merupakan bulan kedua dalam kalender Islam (Hijriyah), untuk tahun ini umat Islam memasuki bulan Safar 1445 hijriah.
  • Peristiwa Bulan Safar: Meletusnya Perang Pertama dalam Islam
    Hikmah
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 16:59 WIB
    Pada tahun ini, 1 Safar 1444 H jatuh pada hari Ahad 29 Agustus 2022. Ada sejumlah peristiwa penting di bulan ini, antara lain meletusnya Perang Al-Abwa, yakni perang pertama dalam Islam.
  • Mudik? Bacalah Doa Safar, Begini Penjelasannya
    Tips
    Kamis, 04 April 2024 - 15:25 WIB
    Salah satu tata cara bepergian yang diajarkan Islam (dari sekian banyak adabnya), yaitu seseorang mengawali perjalanannya dengan membaca doa safar yang mengandung makna yang sangat penting dan dalam.
  • Bantahan Rasulullah SAW Terhadap Mitos Sial Bulan Safar
    Hikmah
    Kamis, 01 September 2022 - 13:10 WIB
    Masyarakat Arab jahiliyyah dulu mempercayai Safar sebagai bulan sial, penuh kemalangan dan hal-hal buruk lainnya. Berikut bantahan Rasulullah SAW terhadap mitos tersebut.
  • Perlunya Muslimah Belajar Ilmu Fiqih, Ini Alasannya!
    Muslimah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 11:10 WIB
    Dalam Islam, kaum muslimah memiliki kemuliaan dan keistimewaan tersendiri. Karena keistimewaannya ini, maka ada sebuah cabang ilmu Islam yang mempelajari tentang fiqih perempuan , yang menjelaskan mengenai hukum dan aturan dunia wanita.
  • Bolehkah Mengadakan Walimatus Safar Haji? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 11:03 WIB
    Syukuran atau tasyakuran ibadah haji atau yang dikenal dengan walimatus safar ini, memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Haruskah menggelar kegiatan tersebut? Bagaimana hukumnya?
  • Mengenal 4 Macam Ilmu Fiqih Beserta Dalil-dalilnya
    Hikmah
    Senin, 25 September 2023 - 19:50 WIB
    Dalam Islam, ilmu fiqih hendaknya dipelajari oleh kaum muslimin. Apa sebenarnya fiqih ini dan bagaimana pengertiaannya? Selain itu, adakah dalil yang mengharuskan belajar fiqih ini?
  • Fiqih Salat Malam, Bolehkan Salat Tahajjud Setelah Witir?
    Tips
    Sabtu, 02 April 2022 - 23:30 WIB
    Bagaimana hukumnya Salat Tahajjud setelah Salat Witir, sementara Witir disebut sebagai salat penutup salat malam? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir Lc.
  • Syekh Abdul Qadir Jilani, Sosok Ulama yang Toleran dalam Perbedaan Fiqih
    Hikmah
    Minggu, 06 Juni 2021 - 07:44 WIB
    Tak hanya menguasai ilmu tasawuf, Syekh Abdul Qadir Al-Jilani (470-561 H) adalah sosok ulama besar yang sangat toleran dalam perbedaan ilmu fiqih.
  • 12 Adab Melakukan Safar dan Doa yang Diajarkan Nabi
    Tausiyah
    Selasa, 08 Oktober 2019 - 20:20 WIB
    Bagi yang ingin melakukan kegiatan safar (perjalanan jauh), ada banyak hal yang perlu diketahui umat Islam. Berikut ulasannya.
  • Bolehkah Wanita Bersafar Tanpa Mahram? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Bolehkan wanita bersafar (bepergian) tanpa mahram? Pertanyaan ini umumnya ditujukan untuk wanita muslimah yang akan bepergian seorang diri.
  • Beda Keputihan, Madzi, Wadi dan Mani Menurut Fiqih
    Muslimah
    Kamis, 23 September 2021 - 13:23 WIB
    Ada beberapa jenis cairan putih yang keluar dari organ kemaluan kaum wanita, yaitu keputihan, madzi, wadi dan mani. Di antara keempatnya memiliki perbedaan satu sama lain.
  • Bolehkah Muslimah Bepergian Seorang Diri?
    Muslimah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 09:20 WIB
    Safar atau dalam bahasa Arab berarti menempuh perjalanan. Safar merupakan bagian hidup setiap muslim dalam rangka menjalankan ketaatan kepada Rabb-nya atau untuk meraih kemaslahatan duniawinya
  • Syarat Safar yang Bebas dari Perintah Puasa (3)
    Tips
    Jum'at, 24 April 2020 - 03:21 WIB
    Para ulama menetapkan beberapa hal yang menyebabkan status sebagai musafir itu berakhir, di antaranya ketika orang itu berhenti di suatu tempat dan berniat untuk menetap di tempat itu.
  • Ali bin Abu Thalib, Ahli Fiqih Kebanggaan Rasulullah yang Tak Tertandingi
    Hikmah
    Jum'at, 23 April 2021 - 05:00 WIB
    Penguasaan, penafsiran dan penerapan hukum Islam oleh Ali dilakukan secara tepat dan diakui Rasulullah SAW. Hal itu dibuktikan dengan diangkatnya Ali bin Abu Thalib sebagai qadhi di Yaman.
  • Hukum Mengadakan Walimatul Safar Haji
    Tausyiah
    Senin, 13 Mei 2024 - 13:01 WIB
    Hukum mengadakan walimatul safar haji penting diketahui calon jemaah haji. Meski umum dan biasa dilaksanakan calon jemaah haji Indonesia, namun masih banyak yang belum memahami tentang hukum tentang syukuran tersebut.
  • Ada Tidaknya Mahram Saat Perempuan Bersafar Wajib
    Muslimah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:52 WIB
    Bentuk safar yang ketiga adalah Safar Wajib. Contoh dari safar wajib ini seperti melakukan perjalanan untuk melaksanakan ibadah haji , menolong orang sakit, dan berbakti kepada orang tua