Topik Terkait: Perempuan Dan Ilmu Syari

  • Inilah Alasan Pentingnya Perempuan Menuntut Ilmu
    Muslimah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 15:32 WIB
    Seorang perempuan yang cerdas akan menjadi pendamping yang hebat bagi suaminya kelak. Dengan kedalaman ilmu pula, ia akan dapat mendidik anak-anaknya menjadi pribadi-pribadi baik dan berkualitas
  • Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar, Lengkap dengan Latin dan Artinya
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 14:59 WIB
    Bacaan doa sebelum belajar dan sesudah belajar, sangat baik kita ajarkan kepada anak-anak. Doa-doa pendek ini, akan memudahkan, anak-anak kita dalam menerima pelajaran atau ilmu.
  • Karena Keistimewaannya, Perempuan Dianjurkan Belajar Ilmu Fiqih
    Muslimah
    Senin, 14 Desember 2020 - 19:24 WIB
    Adanya ilmu fiqih perempuan, tentu untuk dipelajari oleh setiap muslimah agar kehidupannya sesuai dengan syariat Islam. Kenapa harus dipelajari dan apa saja yang ada dalam bahasan ilmu fiqih perempuan ini?
  • Ilmu Wudhu yang Wajib Kamu Ketahui (4)
    Hikmah
    Kamis, 02 Januari 2020 - 16:30 WIB
    Berikut ini penjelasan tentang hal-hal yang dilarang bagi yang tidak berwudhu. Dilarang bagi yang tidak ada wudhu melakukan tiga hal berikut.
  • Mengapa Harus Belajar Ilmu dan Adab ke Yaman? Ini Alasannya
    Tausyiah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 11:25 WIB
    Mengapa harus belajar ilmu dan adab ke Yaman? Yaman adalah negara di Jazirah Arab di Asia Barat Daya, bagian dari Timur Tengah. Berikut keistmewaan negeri Yaman.
  • Kewajiban Utama Suami dalam Islam : Mendidik Istrinya dalam Ilmu Syariat
    Muslimah
    Minggu, 15 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Dalam Islam, kewajiban suami tidak hanya berkaitan dengan nafkah , sebagaimana yang disangka oleh sebagian (atau banyak) suami. Akan tetapi, terdapat kewajiban penting yang justru banyak dilalaikan. Apa itu?
  • Kiprah Perempuan dalam Dakwah,  Wajibkah?
    Muslimah
    Rabu, 22 September 2021 - 18:03 WIB
    Kiprah perempuan dalam berdakwah saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena kehadirannya tidak bisa dinafikkan untuk kebaikan umat dan generasi penerus bangsa.
  • Riya dan Sumah, 2 Perkara Ini Sering Diremehkan Kalangan Perempuan
    Muslimah
    Senin, 15 Maret 2021 - 15:47 WIB
    Niat yang tadinya ikhlas karena Allah, tetapi dilakukan terus menerus dan masif akhirnya bisa bercampur riya dan sumah. Inilah yang secara tidak sadar sering diremehkan, termasuk di kalangan perempuan.
  • Tanda Kiamat dan Fenomena Perempuan Akhir Zaman
    Muslimah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 16:46 WIB
    Sinyal atau ciri-ciri akan datangnya hari kiamat sudah banyak terlihat. Allah Subhanahu wa taala, telah memberikan sinyal-sinyal itu melalui Rasul-Nya. Salah satunya, tanda kiamat ditunjukkan pada kaum perempuan.
  • 3 Tipe Penuntut Ilmu, Jadilah Golongan yang Pertama
    Hikmah
    Minggu, 20 Oktober 2019 - 05:20 WIB
    Menuntut ilmu (tholabul ilmi) wajib hukumnya bagi setiap muslim dan muslimah sejak dari ayunan hingga liang lahat. Berikut 3 tipe penuntut ilmu.
  • Mengapa Adab Lebih Penting daripada Ilmu? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 22 Januari 2024 - 11:15 WIB
    Dalam Islam, akhlak dan adab ditempatkan Allah Taala sebagai hal yang paling utama. Sebab, kepintaran tidak ada artinya apabila seseorang tidak memiliki adab (etika)
  • 4 Perkara Ini Mesti Dimiliki Santri Agar Mendapatkan Ilmu
    Tausyiah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 23:18 WIB
    Bagi santri yang mendalami ilmu syariat Islam, perlu mengetahui hal-hal yang menjadi sebab memperoleh ilmu. Dalam syariat, menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim.
  • Perempuan yang Namanya Diabadikan dalam Al-Quran, Siapa Saja Mereka?
    Hikmah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 20:06 WIB
    Jika kita membaca Al-Quran, maka dapat kita ketahui bahwa penciptaan Nabi Adam AS bersamaan dengan ibu Hawa, yang berfungsi sebagai istri dan kawan hidup beliau.
  • Begini Persamaan Kedudukan Perempuan dan Lelaki dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 05:15 WIB
    Perempuan dan laki-laki, misalnya, memiliki kedudukan yang sama dalam kebebasan kewajiban beragama dan beribadah. Di dalam masalah takalif agama dan sosial yang pokok, Al Quran juga menyamakan antara keduanya
  • Perempuan-Perempuan Pemegang Bara Api
    Muslimah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 19:26 WIB
    Dari kisah-kisah Islam yang bersumber dari Al-Quran dan Sunnah, ada banyak tokoh perempuan yang patut dijadikan suri tauladan. Mereka perempuan-perempuan penggenggam bara api. Siapa mereka dan apa maksud penggenggam bara api ini?
  • Keutamaan Menuntut Ilmu di Atas Ibadah Lain
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Desember 2023 - 19:38 WIB
    Salah satu bentuk ibadah yang memiliki kedudukan mulia di sisi Allah ialah menuntut ilmu (tholabul ilmu). Al-Quran menyatakan bahwa Allah meninggikan derajat orang beriman dan berilmu.
  • Begini Keutamaan Memiliki dan Merawat Anak Perempuan
    Tausyiah
    Rabu, 20 September 2023 - 14:37 WIB
    Rasulullah SAW telah menjadikan surga sebagai balasan untuk setiap bapak yang baik dalam memperlakukan anak wanitanya dan bersabar untuk mendidik mereka dan baik dalam mendidiknya.
  • Al-Quran dan Ilmu Pengetahuan, Quraish Shihab: Letakkan Pada Sisi Psikologi Sosial
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 11:18 WIB
    Membahas hubungan Al-Quran dan ilmu pengetahuan bukan dinilai dengan banyaknya cabang-cabang ilmu pengetahuan yang tersimpul di dalamnya, bukan pula dengan menunjukkan kebenaran teori-teori ilmiah,
  • Tuntutlah Ilmu Walau ke Negeri Cina Ternyata Bukan Hadis Shahih
    Hikmah
    Rabu, 09 September 2020 - 23:11 WIB
    Kita sering mendengar hadis yang satu ini disampaikan di berbagai majelis taklim. Hadis ini begitu populer di tengah masyarakat muslim Indonesia. Tuntutlah Ilmu Walau ke Negeri Cina.
  • Bolehkah Perempuan Haid Mengajarkan Al-Quran?
    Muslimah
    Senin, 28 September 2020 - 18:50 WIB
    Sebagai seorang muslim, tentu menjaga kesucian saat aktivitas pengajar juga sangat dianjurkan. Bagi pengajar kaum laki-laki anjuran ini bukanlah persoalan, namun bagaimana dengan pengajar perempuan saat sedang mengalami menstruasi atau haid ?