Topik Terkait: Sholat Sunnah Wudhu

  • 18 Amalan Sunnah Penyempurna Wudhu yang Sayang Dilewatkan
    Tips
    Kamis, 27 Januari 2022 - 15:41 WIB
    Amalan sunah dalam wudhu adalah amalan yang apabila seseorang melakukannya maka akan mendapatkan pahala lebih dari sekadar melakukan fardhu-fardhu wudhu saja.
  • Bolehkah Menggabung Dua Niat Sholat Sunnah?
    Tips
    Senin, 24 Januari 2022 - 20:01 WIB
    Sholat merupakan ibadah badaniyah paling afdhal atau paling utama untuk dikerjakan seorang muslim. Pertanyaannya, bolehkah menggabung dua niat sholat sunnah?
  • 3 Sholat Sunnah yang Tidak Boleh Dilaksanakan Berjamaah
    Tips
    Kamis, 20 Oktober 2022 - 22:11 WIB
    Dalam pelaksanaannya, sholat sunnah ada yang dilakukan berjamaah, ada yang Munfarid (sendirian) serta ada yang boleh dilaksanakan secara berjamaah maupun Munfarid.
  • 7 Keutamaan Sholat Sunnah yang Jarang Diketahui
    Tausyiah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 22:53 WIB
    Tidak semua orang bisa istiqamah mengerjakan sholat sunnah kecuali orang-orang yang hatinya diridhai dan dibimbing oleh Allah. Berikut 7 keutamaan sholat sunnah.
  • Wudhu Rasulullah Menurut Mazhab Syafii
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 17:14 WIB
    Untuk mengetahui sah tidaknya wudhu seseorang cukup melihat bagaimana ia memenuhi rukun-rukunnya. Berikut cara berwudhu Rasulullah menurut Mazhab Syafii.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Kunci Bilal Masuk Surga: Selalu Menjaga Wudhu dan Sholat Sunnah 2 Rakaat
    Tausyiah
    Selasa, 09 November 2021 - 07:28 WIB
    Banyak kisah tentang seseorang yang konsisten menjaga wudhu. Bilal, sahabat Rasulullah SAW, salah satunya. Rasulullah SAW bahkan mendengar suara sandal sang muazin tersebut di surga.
  • Sunnah yang Terlupakan! Berbaring Sejenak Usai Sholat Qabliyah Subuh
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 15:53 WIB
    Sunnah Nabi yang satu ini mungkin sering dilupakan kaum muslimin. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya berbaring sejenak usai sholat sunnah qabliyah Subuh.
  • Bolehkah Sholat Dhuha Dilakukan Berjamaah? Ini Penjelasannya
    Tips
    Minggu, 30 Oktober 2022 - 08:05 WIB
    Sholat Dhuha termasuk sholat sunnah yang dianjurkan karena memiliki banyak fadhilah (keutamaan). Pertanyaannya, bolehkah sholat Dhuha dilaksanakan secara berjamaah?
  • Keutamaan Sholat Idul Fitri dan 8 Amalan Sunnah Jelang Sholat
    Tips
    Selasa, 11 Mei 2021 - 16:23 WIB
    Keutamaan Sholat Idul Fitri sungguh besar. Salat ini bukanlah salat yang biasa kita lakukan rutin, namun hanya dilakukan setelah kita melaksanakan puasa Ramadhan.
  • Sholat 2 Rakaat Sebelum Maghrib untuk Berlindung dari Setan
    Tausyiah
    Selasa, 08 November 2022 - 14:01 WIB
    Waktu Maghrib mendapat perhatian khusus dari Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Sallam, karena waktu tersebut adalah awal dimulainya malam dan pertanda mulai keluarnya bala tentara jin, yakni setan.
  • Amalan Sholat Sunnah Mutlak Tolak Balak Rebo Wekasan
    Tausyiah
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:31 WIB
    Sejumlah ulama menyarankan umat Islam melakukan sholat sunnah untuk menolak balak di hari Rebo Wekasan. Namun saran ini menjadi polemik karena tidak ada dasarnya.
  • Sudahkan Kita Melakukan Wudhu dengan Benar?
    Muslimah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 09:00 WIB
    Syariat wudhu ini semestinya menjadi motivasi bagi umat Islam untuk senantiasa memerhatikan setiap detil pelaksanaannya. Agar wudhu yang dilakukan betul-betul sempurna dan mendapat ganjaran pahala dan keutamaannya..
  • Muslimah, Ini Pentingnya Menyempurnakan Wudhu
    Muslimah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 17:51 WIB
    Di sebagian kaum perempuan, banyak yang kurang perhatian terhadap kesempurnaan wudhu. Mereka biasanya berwudhu dengan cepat, tidak bersungguh-sungguh dalam membasuhnya dan tidak pula memperhatikannya
  • Sunnah-sunnah Wudhu dan Dalilnya
    Hikmah
    Selasa, 18 Februari 2020 - 21:35 WIB
    Berikut Sunnah berwudhu dan dalilnya yang dikutip dari Kitab Fiqih Wudhu versi Mazhab Syafii karya Ustaz Muhammad Ajib (pengajar di Rumah Fiqih Indonesia).
  • Bacaan Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat, Arab dan Artinya, Lengkap dengan Tata Caranya
    Tips
    Kamis, 01 September 2022 - 09:43 WIB
    Bacaan niat sholat tahajud 2 rakaat, merupakan bacaan awal untuk melaksanakan sholat sunnah yang utama ini. Bagaimana bacaan dan tata cara melaksanakan sholat tahajud ini?
  • Keutamaan Wudhu : 8 Pintu Surga akan Terbuka
    Tips
    Senin, 22 Agustus 2022 - 12:36 WIB
    Wudhu dan berdoa setelah wudhu, merupakan amalan yang sangat ringan dikerjakan, namun memiliki keutamaan yang sangat besar. Dan, ternyata berdoa setelah wudhu ini juga akan membukakan 8 pintu surga.
  • Niat Wudhu, Tata Cara Beserta Doa Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 17:04 WIB
    Niat wudhu dan tata caranya wajib diketahui setiap muslim karena wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Berikut bacaan niat dan doa setelah wudhu.
  • Menyentuh Kemaluan Apakah Membatalkan Wudhu? Simak Penjelasannya
    Tips
    Jum'at, 29 September 2023 - 09:49 WIB
    Apakah menyentuh kemaluan membatalkan wudhu? Pertanyaan ini kerap muncul di benak kaum muslim mengingat wudhu merupakan perkara penting yang menjadi syarat sahnya ibadah sholat.
  • Tata Cara Sholat Sunnah Bagi Pengantin Baru pada Malam Pertama
    Tips
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 23:59 WIB
    Tata cara sholat sunnah bagi pengantin baru perlu diamalkan oleh mereka yang baru melangsungkan akad nikah. Pada malam pertama dianjurkan sholat sunnah sebelum jimak.
  • Pengertian Sunnah Nabi, Jenis dan Contohnya
    Hikmah
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 23:50 WIB
    Ulasan kali ini kita akan membahas tentang pengertian Sunnah Nabi dan macam-macamnya. Berikut empat macam Sunnah Nabi yang perlu diketahui umat Islam.