Topik Terkait: Khutbah Idul Fitri

  • Khutbah Idul Fitri: Mengetuk Pintu Surga dengan Empat Amalan
    Tausyiah
    Sabtu, 22 April 2023 - 08:01 WIB
    Khutbah Idulfitri kali ini mengangkat tema mengetuk pintu surga disampaikan oleh Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat KH Miftahul Huda. Berikut pesannya.
  • Khutbah Idul Fitri 7 Menit di Rumah: Covid-19, Puasa, dan Ketaatan kepada Allah
    Tips
    Rabu, 20 Mei 2020 - 16:31 WIB
    Berikut adalah contoh khutbah pendek, sekitar 7 menit, untuk salat idul fitri di rumah dengan tema wabah corona, puasa, dan ketaan kita kepada Allah SWT.
  • Bacaan Bilal Salat Idul Fitri, Tidak Ada Azan dan Ikamah
    Tips
    Senin, 17 April 2023 - 20:25 WIB
    Bacaan bilal salat Idul Fitri adalah menyeru dengan lantang as-shal?ta(u) j?miah. Pada salat Idul Fitri, bilal atau muazin memang tidak dianjurkan untuk mengumandangkan lafal azan dan lafal ikamah. Jadi hanya menyeru:
  • Khutbah Idul Adha Masa Pandemi: Membangun Keluarga Harmonis
    Tausyiah
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 18:53 WIB
    Naskah khutbah pendek ini bertujuan membantu para khatib menyesuaikan durasi khutbah lebih adaptif dengan standar prokotol kesehatan di masa pandemi.
  • Khutbah Idul Adha: Kurban sebagai Perwujudan Takwa
    Tausyiah
    Senin, 19 Juli 2021 - 17:29 WIB
    Naskah khutbah Idul Adha ini disusun oleh Prof Dr KH Ahmad Thib Raya, MA, guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Isinya antara lain mengangkat pesan penting di balik ibadah kurban.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Hikmah Idul Fitri 2022, Saatnya Kembali ke Fitrah
    Tausyiah
    Selasa, 03 Mei 2022 - 11:42 WIB
    Hari Raya Idul Fitri selalu diwarnai dengan kegembiraan. Para khatib sholat Id dalam khutbahnya sering mengingatkan saatnya kembali ke Fitrah. Apa sebenarnya makna Fitrah?
  • Tradisi Maaf-maafan Saat Idul Fitri Bukan Bidah
    Tausyiah
    Rabu, 04 Mei 2022 - 23:38 WIB
    Tradisi maaf-maafan saat Idul Fitri bukanlah bidah. Mungkin mereka menyangka dan menyamakannya dengan ibadah ritual, padahal itu bukan ritual ibadah.
  • Selamat Idul Fitri, Indahnya Toleransi dan Saling Memaafkan
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 09:00 WIB
    Hari ini umat Islam di seluruh dunia merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1441 Hijriyah. Disebut hari kemenangan karena kaum muslimin telah berjuang mengekang nafsu selama sebulan penuh.
  • Nasihat Buya Yahya di Hari Idul Fitri, Bergembiralah!
    Tausyiah
    Senin, 25 Mei 2020 - 21:57 WIB
    Bulan Ramadhan boleh berlalu, namun semangat untuk beribadah jangan sampai mengendur. Umat Islam harus berusaha istiqamah sebagai wujud syukur kepada Allah Taala.
  • Niat Sholat Idul Fitri dan Tata Caranya
    Tips
    Rabu, 12 Mei 2021 - 04:38 WIB
    Niat sholat idul fitri bisa dilakukan dalam hati bisa juga dilafadzkan. Namun di dalam hadis, tidak dijumpai bagaimana lafadz niat salat idul fitri.
  • Idul Fitri, Waktunya Kembali ke Fitrah
    Tausiyah
    Rabu, 05 Juni 2019 - 07:01 WIB
    Tanggal 1 Syawal dalam kalender Hijriyah adalah hari yang dinanti umat muslim setelah sebulan penuh menjalankan kewajiban berpuasa.
  • Arab Saudi Tetapkan Ramadhan 30 Hari, Idul Fitri Jatuh 13 Mei
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Mei 2021 - 07:07 WIB
    Anggota Dewan Cendekiawan Senior Saudi dan Penasihat Royal Court Sheikh Abdullah Bin Suleiman Al Manea mengatakan tahun ini Ramadhan akan menjadi 30 hari.
  • Khutbah Iduladha 2023: Menghayati Nilai Pengorbanan dan Ujian Keimanan
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 08:02 WIB
    Khutbah Iduladha 2023 kali ini mengangkat tema nilai pengorbanan dan ujian keimanan. Hari ini umat Islam merayakan Iduladha yang di dalamnya disyariatkan berkurban.
  • Habib Alwi: Lebaran Jangan Sedih, Cukup Bagi Kita Ampunan Allah
    Tausyiah
    Selasa, 26 Mei 2020 - 07:30 WIB
    Habib Alwi Al-Habsyi mengimbau umat Islam tidak perlu berkecil hati meskipun dalam kondisi PSBB. Sebab, tidak ada satu apapun yang Allah turunkan di muka bumi melainkan ada hikmah besar.
  • Keutamaan Sholat Idul Fitri dan 8 Amalan Sunnah Jelang Sholat
    Tips
    Selasa, 11 Mei 2021 - 16:23 WIB
    Keutamaan Sholat Idul Fitri sungguh besar. Salat ini bukanlah salat yang biasa kita lakukan rutin, namun hanya dilakukan setelah kita melaksanakan puasa Ramadhan.
  • Niat Mandi Idul Fitri Lengkap dengan Tata Caranya
    Tips
    Sabtu, 30 April 2022 - 11:55 WIB
    Niat mandi Idul Fitri adalah bacaan niat yang merupakan amalan sunnah untuk membersihkan dan menyucikan badan dari kotoran maupun najis yang menempel di anggota badan.
  • Khutbah Jumat Pertama Syawal: 3 Cara Menjaga Spirit Ibadah Setelah Ramadan
    Tausyiah
    Jum'at, 28 April 2023 - 16:42 WIB
    Khutbah Jumat pertama bulan Syawal ini dapat menjadi motivasi bagi kuam muslim untuk meningkatkan ibadah pascabulan Ramadan. Somak pesannya berikut ini.
  • Idul Fitri Perkuat Kebersamaan untuk Sempurnakan Kemenangan
    Dunia Islam
    Kamis, 13 Mei 2021 - 00:17 WIB
    Idul Fitri memiliki arti kembali kepada fitrah kemanusiaan yang mengacu tiga nilai utama. Pertama adalah keimanan. Kedua, kebaikan, dan ketiga keindahan.
  • Khutbah Jumat: Ada Apa dengan Hari Asyura?
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Juli 2023 - 08:05 WIB
    Khutbah Jumat kali ini mengangkat tema tentang Hari Asyura yang bertepatan hari ini Jumat, 28 Juli 2023. Semoga bermanfaat untuk menambah khazanah ilmu dan keimanan kita.
  • Khutbah Jumat Terakhir Ramadan: Menyempurnakan Puasa dengan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Jum'at, 21 April 2023 - 14:13 WIB
    Khutbah Jumat terakhir Ramadan 2023 mengangkat tema tentang keutamaan zakat fitrah sebagai penyempurna ibadah puasa. Hari ini kita memasuki hari 30 Ramadan 1444 Hijriyah bertepatan Jumat (21/4/2023).