Topik Terkait: Kisah Penuh Ibrah

  • Kisah Menarik Penuh Ibrah: Alangkah Berharganya Wajah Wanita
    Hikmah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 09:05 WIB
    Sang istri kemudian membalas, Saya juga bersaksi kepada hakim bahwa saya telah merelakan mahar saya dan memberikannya kepada suami saya dan dia telah lepas beban dunia dan akhirat.
  • Kisah Lucu Penuh Ibrah, Seorang Arab Badui Tak Hafal Rakaat Sholat
    Hikmah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 06:45 WIB
    Kisah seorang Arab Badui yang tak mampu menghafal jumlah rakaat sholat termasuk kisah lucu yang penuh ibrah. Kisah ini diketengahkan dalam buku 100 Kisah Menarik Penuh Ibrah.
  • Kisah Penuh Hikmah Menjelang Buka Puasa dari Aisyah
    Hikmah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 16:17 WIB
    Ada kisah penuh hikmah dari seorang istri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, Aisyah radhiyallahu anha menjelang berbuka puasa
  • 25 Mutiara Nasihat Ali bin Abi Thalib Penuh Ibrah dan Manfaat
    Tausyiah
    Senin, 24 Juli 2023 - 19:53 WIB
    Sayyidina Ali bin Abi Thalib karramallahu wajhah (599-661) adalah sahabat terkemuka Rasulullah ? yang memiliki 11 keistimewaan. Berikut 25 mutiara nasihat beliau yang penuh ibrah.
  • Kisah Umar bin Khattab, Khalifah Kedua yang Ditakuti Setan
    Hikmah
    Selasa, 15 Oktober 2019 - 14:37 WIB
    Khalifah Islam kedua bernama lengkap Umar bin Khatthab bin Nufail bin Abdul Izzy bin Rabah bin Qirath bin Razah bin Adi bin Kaab bin Luay Al-Quraisy Al-Adawy. Beliau terkadang dipanggil dengan Abu Hafash dan digelari Al-Faruq.
  • Kisah Khalifah Umar Menaklukkan Sungai Nil
    Hikmah
    Rabu, 30 Mei 2018 - 16:33 WIB
    Kisah Khalifah Umar bin Khattab RA (sahabat setia Rasulullah SAW) membebaskan sungai nil dari tradisi syirik telah diceritakan dalam banyak kitab.
  • Kisah Pezina Bertaubat yang Membuat Rasulullah Kagum
    Hikmah
    Selasa, 28 Mei 2019 - 14:54 WIB
    Allah mencintai orang-orang yang senantiasa bertaubat dan kembali ke jalan Nya. Pada masa Rasulullah SAW, ada satu kisah menakjubkan tentang seorang perempuan pezina yang bertaubat.
  • Kisah Sufi Amil-Baba: Gerbang Surga
    Hikmah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 12:43 WIB
    Walaupun dikenal sebagai cerita rakyat, asal usul kisah ini tidak diketahui. Beberapa orang menganggapnya berasal dari Hadrat Ali, khalifah keempat.
  • Kisah Nabi Yosua Menahan Terbitnya Matahari
    Hikmah
    Kamis, 08 September 2022 - 10:13 WIB
    Kisah Nabi Josua atau Yusya bin Nun menahan terbitnya matahari tercantum dalam sebuah hadis. Peristiwa ini terjadi dalam perang merebut Baitul Maqdis di bawah pimpinan Nabi Yosua.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Cara Menangkap Kera
    Hikmah
    Minggu, 19 Juli 2020 - 05:40 WIB
    Tangan kera itu bebas dari botol, namun ia tertangkap oleh Si Pemburu. Si Pemburu memanfaatkan buah ceri dalam sebuah botol, dan ia sama sekali tidak kehilangan kedua benda itu.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Khasiat Darah Manusia
    Hikmah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 06:19 WIB
    Karena raja tidak mempunyai iman, ia harus memiliki sesuatu yang sepadan. Sesuatu itu adalah gabungan antara tekadnya sendiri dan harapan mulia para ibu.
  • Kisah Sufi: Pelajaran untuk Putra Raja
    Hikmah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 13:37 WIB
    Versi ini muncul dalam sebuah tulisan darwis pengembara yang dikutip dari sebuah cerita yang dianggap berasal dari Amir Sultan, Syaih dari Bokhara, yang mengajar di Istanbul dan meninggal pada tahun 1429.
  • Kisah Julaibib, Sahabat Nabi yang Jadi Rebutan Bidadari
    Hikmah
    Senin, 20 Mei 2019 - 08:50 WIB
    Ada satu kisah sahabat Nabi yang begitu menyentuh hati karena memilih berjihad bersama Rasulullah SAW, daripada kenikmatan dunia.
  • Kisah Darwis dan Saudagar: Orang Kaya Sesungguhnya
    Hikmah
    Rabu, 08 September 2021 - 09:57 WIB
    Maaf, aku tak dapat mengambil emasmu, jawab darwis itu kepada saudagar. Seorang yang kaya tak berhak untuk mengambil uang dari seorang pengemis.
  • Kisah Dalam Al-Quran yang Terulang dan yang Tak Terulang Kembali
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 14:13 WIB
    Jika Al-Quran tidak menyebut secara eksplisit nama tokoh dalam konteks kisahnya, maka peristiwa serupa dapat terulang. Sebaliknya, jika Al-Quran menyebut nama tokohnya, maka peristiwa itu tidak akan terulang.
  • Kisah Sufi Faridudin Attar: Semut dan Capung
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 11:44 WIB
    Kisah ini diriwayatkan oleh seorang darwis Bokhara dekat makam Al-Shah, Bahaudin Naqshabandi ini mirip dalam Divine Book karya Faridudin Attar, walaupun dalam penerapannya sedikit berbeda.
  • Kisah Ulama Lanjut Usia Menikahi Gadis Muda, Begini Malam Pertamanya
    Hikmah
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 23:16 WIB
    Banyak kisah unik terdahulu sarat dengan hikmah namun bisa dijadikan penghibur sekaligus pelajaran berharga. Berikut ini kisah seorang ulama lanjut usia menikahi gadis muda.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Toko Lampu
    Hikmah
    Senin, 20 Juli 2020 - 06:00 WIB
    Orang itu mengaku telah diberitahu oleh para ahli bahwa di tempat itu mereka menjual alat-alat tertentu yang memungkinkan orang bisa membaca dalam gelap.
  • Kisah Sufi: Reputasi Kedermawanan Mengandung Tiga Kejahatan
    Hikmah
    Rabu, 18 November 2020 - 06:40 WIB
    Bentuk kedermawanan paling tinggi yang dikenal orang awam sebanding dengan tingkat paling rendah kedermawanan sejati. Semula diadakan sebagai cara mengenalkan orang pada kebebasan. Kemudian menjadi berhala dan kutukan
  • Kisah Ashabul Ukhdud dengan Tukang Sihir dan Pendeta
    Hikmah
    Selasa, 13 September 2022 - 05:15 WIB
    Kisah Ashabul Ukhdud dengan tukang sihir dan pendeta dikisahkan oleh Imam Muslim. Kisah ini dikenal dengan kisah ashabul ukhdud yaitu orang-orang yang membakar orang beriman dalam parit.