Topik Terkait: Pendapat Ulama Tentang Potong Kuku Saat Haid

  • Sunah Potong Kuku Hari Jumat, Yuk Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 11:52 WIB
    Mengamalkan sunah di hari Jumat banyak sekali keutamaannya, salah satunya adalah sunah memotong kuku dan mencukur bulu atau rambut-rambut.
  • Hukum Wanita Haid Berlama-lama di Masjid Saat Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 15 April 2022 - 11:48 WIB
    Salah satu amalan yang dapat dilakukan perempuan yang sedang haid saat bulan puasa ini adalah mendengarkan kajian atau majelis taklim sebagai ikhtiar menuntut ilmu
  • Larangan Memotong Kuku dan Rambut untuk Shohibul Qurban
    Hikmah
    Senin, 19 Juni 2023 - 16:59 WIB
    Larangan memotong kuku dan rambut untuk shohibul qurban didasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Hanya saja, hadis ini memicu perdebatan di antara para ulama.
  • Pendapat UAH Tentang Hukum Musik, Berikut Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 23 November 2021 - 14:23 WIB
    Ustaz Adi Hidayat (UAH) mempunyai pendapat tentang musik yang ramai diperbincangkan kaum muslimin. Benarkah musik itu haram? Mari kita simak keterangan UAH berikut.
  • Pendapat Sejumlah Ulama tentang Tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Senin, 25 September 2023 - 16:30 WIB
    Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW biasanya dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan dengan berkumpul di suatu tempat. Berikut ini pendapat sejumlah ulama tentang hukum tradisi ini.
  • Beda Pendapat Ulama tentang Definisi Hadis Qudsi: Apa Bedanya dengan Al-Quran?
    Hikmah
    Kamis, 23 November 2023 - 09:15 WIB
    Al-Jurjani dalam kitab at-Tarifat menjelaskan, hadis qudsi adalah hadis yang secara makna datang dari Allah, sementara redaksinya dari Rasulullah SAW.
  • Flek Coklat Sebelum Haid, Bolehkah Shalat?
    Muslimah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 10:13 WIB
    Ada flek coklat sebelum haid, bolehkan shalat? Pertanyaan ini umum dialami oleh kaum muslimah, sehingga mereka merasa ragu-ragu ketika akan melaksanakan kewajiban ibadah lima waktu ini.
  • Bolehkah Wanita Haid Membaca Al-Quran?
    Muslimah
    Selasa, 08 Juni 2021 - 06:45 WIB
    Bolehkah wanita haid membaca Al-Quran? Mengingat membaca Al- Quran merupakan ibadah yang disunahkan bagi umat Islam, serta keutamaan membacanya sangatlah besar.
  • Haruskah Mengqadha Salat karena Haid? Begini Penjelasan Imam 4 Mazhab
    Muslimah
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 14:26 WIB
    Dalam Islam, seorang muslimah dilarang salat ketika haid, dan keistimewaan lagi mereka tak perlu pula mengqadha (mengganti) salat setelah mereka suci.
  • Apakah Surat Yasin Boleh Dibaca Saat Haid? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 10:14 WIB
    Apakah surat Yasin boleh dibaca saat haid dan bagaimana hukumnya? Seperti diketahui, dalam Islam saat wanita sedang haid dilarang melakukan sejumlah ibadah terutama ibadah yakni sholat, puasa dan memegang mushaf al-Quran.
  • Amalan Wanita Haid di Bulan Ramadan Sesuai Sunnah
    Muslimah
    Kamis, 21 Maret 2024 - 09:04 WIB
    Wanita yang tengah haid pasti sedikit kecewa tidak dapat menjalani kegiatan amal ibadah di bulan Ramadan. Kekecewaan seperti itu, juga pernah dialami ummul mukminin Aisyah radhiyallahuanha
  • 5 Amalan bagi Wanita Haid yang Sayang Dilewatkan
    Muslimah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 10:02 WIB
    Ketika sedang mengalami datang bulan (haid), biasanya kaum muslimah malas melakukan berbagai aktivitas, termasuk amalan yang bernilai ibadah.
  • Hadis tentang Meluruskan Niat, Begini Pendapat Ulama
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:20 WIB
    As-Suyuthi berkata: Ketahuilah bahwasanya telah mutawatir dari para imam tentang keagungan hadis niat. Imam Bukhari juga berkata: Tidak ada sebuah hadis yang lebih padat dan kaya faedah melainkan hadis ini.
  • Amalan agar Wanita Haid Mendapatkan Keutamaan Malam Lailatulqadar
    Muslimah
    Kamis, 13 April 2023 - 10:41 WIB
    Malam Al-Qadr atau Lailatulqadar adalah malam terbaik di antara malam-malam lain dalam setahun, yang beribadah di dalamnya bernilai lebih dari 1000 bulan. Apakah wanita haid bisa mendapatkan keutamaannya?
  • Amalan Muslimah yang Sedang Haid agar Tetap Mendapat Keutamaan Malam Lailatulqadar
    Muslimah
    Jum'at, 07 April 2023 - 11:43 WIB
    Di bulan Ramadan ada malam Lailatulqadar, yang merupakan malam terbaik bernilai lebih dari 1000 bulan. Lantas bagaimana dengan muslimah yang haid? Bisakah ia mendapat keutamaan malam Lailatulqadar ini?
  • Amalan Wanita Haid yang Dapat Pahala Bulan Ramadan
    Muslimah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 11:02 WIB
    Kaum wanita yang mengalami haid masih bisa menjalankan amalan yang akan meraih pahala bulan suci Ramadan. Amalan apa saja yang bisa dilakukan wanita yang tengah berhadas ini?
  • Kurban 1 Kambing Atau Patungan Sapi 7 Orang? Ini Pendapat Gus Baha
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 08:05 WIB
    Berikut Pendapat Gus Baha tentang mana yang lebih baik, kurban 1 kambing atau patungan sapi dibagi 7 orang. Selama ini kurban patungan sapi lazim dilakukan umat muslim.
  • Begini 4 Cara Mengetahui Selesainya Masa Haid yang Wajib Dipahami Muslimah
    Muslimah
    Selasa, 22 Februari 2022 - 11:11 WIB
    Mengetahui cara selesainya masa akhir haid wajib dipahami oleh setiap muslimah. Hal tersebut penting, agar ketika memulai kembali melaksanakan ibadah wajib, muslimah tidak kebingungan dan merasa ragu-ragu.
  • Cara Cepat Hamil Setelah Haid Menurut Islam
    Muslimah
    Selasa, 07 Desember 2021 - 16:08 WIB
    Cara cepat hamil setelah haid menurut Islam tidak dijelaskan secara detail. Namun, syariat menggambarkan bagaimana terbentuknya janin atau calon manusia ini, dalam Al-Quran terutama dalam surah Al Muminun ayat 12-14.
  • Bolehkah Wanita Haid Diam Berlama-lama di Masjid?
    Muslimah
    Selasa, 08 Maret 2022 - 12:22 WIB
    Salah satu amalan yang dapat dilakukan wanita haid adalah mendengarkan kajian atau majelis taklim sebagai ikhtiar menuntut ilmu. Namun, karena biasa kajian atau taklim ini digelar di masjid, bolehkah ia berkunjung atau berlama-lama di masjid?