Topik Terkait: Pendapat Ulama Tentang Potong Kuku Saat Haid

  • Memotong Kuku dan Rambut Saat Haid, Bolehkah Dilakukan?
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 13:08 WIB
    Banyak pemahaman di kalangan masyarakat terutama kalangan muslimah, bahwa orang yang tengah haid dilarang memotong kuku dan rambut karena akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat kelak. Benarkah demikian?
  • Beda Pendapat Ulama tentang Definisi Hadis Qudsi: Apa Bedanya dengan Al-Quran?
    Hikmah
    Kamis, 23 November 2023 - 09:15 WIB
    Al-Jurjani dalam kitab at-Tarifat menjelaskan, hadis qudsi adalah hadis yang secara makna datang dari Allah, sementara redaksinya dari Rasulullah SAW.
  • Mengenal 11 Pendapat Tentang Jilbab
    Muslimah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:03 WIB
    Masih banyak kaum muslimah yang belum mengetahui tentang pengertian dan makna jilbab atau hijab. Ternyata, ada beberapa pendapat yang mengemuka tentang busana penutu aurat kaum perempuan tersebut. Apa saja pendapatnya?
  • Mitos-mitos Wanita Haid dan Faktanya Menurut Islam
    Muslimah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 09:26 WIB
    Masih banyak anggapan di masyarakat bahwa wanita haid yang dianggap sedang berhadas, dilarang melakukan aktivitas-aktivitas ibadah tertentu.Adanya larangan-larangan tersebut, akhirnya menyebarkan mitos-mitos seputar haid yang dalil rujukannya tidak jelas.
  • Pendapat UAH Tentang Hukum Musik, Berikut Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 23 November 2021 - 14:23 WIB
    Ustaz Adi Hidayat (UAH) mempunyai pendapat tentang musik yang ramai diperbincangkan kaum muslimin. Benarkah musik itu haram? Mari kita simak keterangan UAH berikut.
  • Ingat! Hari ini Batas Waktu Memotong Kuku dan Rambut Bagi yang Berkurban
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juni 2023 - 15:59 WIB
    Hari ini Senin 30 Zulkaidah atau 19 Juni 2023 adalah hari terakhir untuk memotong kuku atau bercukur rambut bagi yang berniat berkurban. Berikut dalilnya.
  • Pendapat Sejumlah Ulama tentang Tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Senin, 25 September 2023 - 16:30 WIB
    Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW biasanya dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan dengan berkumpul di suatu tempat. Berikut ini pendapat sejumlah ulama tentang hukum tradisi ini.
  • Cara Memotong Kuku Menurut Perspektif Fiqih Islam
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 16:56 WIB
    Islam adalah agama yang sangat memperhatikan kebersihan baik zahir dan batin. Kebersihan merupakan sebagian dari keimanan sebagaimana dalam hadis Nabi.
  • Bayar Zakat Online, Begini Pendapat Para Ulama tentang Hukumnya
    Tips
    Kamis, 29 Juli 2021 - 18:19 WIB
    Membayar zakat secara online atau dalam jaringan (daring) di era digital bukanlah sesuatu yang aneh. Kemenag juga menyarankan umat Islam membayar zakat secara online pada saat pandemi.
  • Seputar Tahlil: Beda Pendapat Para Ulama dan Bacaan Lengkap
    Tausyiah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 18:15 WIB
    Ulama berbeda pendapat tentang hukum menghadiahkan bacaan Al-Quran dan kalimat thayyibah kepada mayit. Sebagian ulama mazhab Maliki, misalnya, melarang praktik semacam itu.
  • Hadis tentang Meluruskan Niat, Begini Pendapat Ulama
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:20 WIB
    As-Suyuthi berkata: Ketahuilah bahwasanya telah mutawatir dari para imam tentang keagungan hadis niat. Imam Bukhari juga berkata: Tidak ada sebuah hadis yang lebih padat dan kaya faedah melainkan hadis ini.
  • Hukum Wanita Haid Berlama-lama di Masjid Saat Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 15 April 2022 - 11:48 WIB
    Salah satu amalan yang dapat dilakukan perempuan yang sedang haid saat bulan puasa ini adalah mendengarkan kajian atau majelis taklim sebagai ikhtiar menuntut ilmu
  • Dzikir Wanita Haid yang Dapat Menghapus Dosa Masa Lalu
    Muslimah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 07:07 WIB
    Dalam Islam, seorang wanita yang sedang berhadas seperti menstruasi dilarang melaksanakan ibadah sholat dan puasa. Bagaimana dengan dzikir? Bolehkah dilakukan?
  • Amalan Wanita Haid di Bulan Ramadan Sesuai Sunnah
    Muslimah
    Kamis, 21 Maret 2024 - 09:04 WIB
    Wanita yang tengah haid pasti sedikit kecewa tidak dapat menjalani kegiatan amal ibadah di bulan Ramadan. Kekecewaan seperti itu, juga pernah dialami ummul mukminin Aisyah radhiyallahuanha
  • Apakah Wanita Haid Boleh Berdoa di Sepertiga Malam?
    Muslimah
    Selasa, 21 Desember 2021 - 10:44 WIB
    Apakah wanita haid boleh berdoa di sepertiga malam? Pertanyaan ini sering muncul karena wanita yang sedang mengalami siklus bulanan tersebut, diharamkan untuk sholat dan puasa
  • Begini 4 Cara Mengetahui Selesainya Masa Haid yang Wajib Dipahami Muslimah
    Muslimah
    Selasa, 22 Februari 2022 - 11:11 WIB
    Mengetahui cara selesainya masa akhir haid wajib dipahami oleh setiap muslimah. Hal tersebut penting, agar ketika memulai kembali melaksanakan ibadah wajib, muslimah tidak kebingungan dan merasa ragu-ragu.
  • Beda Pendapat Ulama tentang Syarat Sah Kurban secara Kolektif
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 20:46 WIB
    Maksud dari pelaksanaan ibadah kurban secara kolektif adalah secara bersama atau gabungan. Para ulama berbeda pendapat tentang jumlah orang yang berkurban dalam seekor hewan kurban.
  • Penjelasan Gus Baha Tentang Sahabat Nabi Kaya Raya Tapi Tidak Berkurban
    Tausyiah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 23:33 WIB
    Penjelasan Gus Baha mengenai Sahabat Nabi yang kaya raya tapi tidak pernah berkurban saat Idul Adha, menarik untuk dikaji. Berikut alasan sahabat tidak ikut berkurban.
  • Mengganti Salat Usai Haid, Bagaimana Aturannya?
    Muslimah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 09:23 WIB
    Bila puasa wajib, maka perempuan wajib mengganti atau mengqadha puasanya itu setelah haidnya selesai. Lalu bagaimana dengan ibadah salat, apalah perempuan haid wajib menggantinya juga?
  • Larangan Saat Haid yang Penting Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 23 Februari 2024 - 12:27 WIB
    Larangan-larangan saat haid wajib diketahui oleh kaum muslimah. Yaitu hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan dan hal yang dilarang ini juga berlaku bagi wanita muslimah yang sedang nifas.