Topik Terkait: Penentuan Awal Bulan Hijriyah

  • Doa Melihat Hilal Saat Menyambut Bulan Baru Kalender Hijriyah
    Muslimah
    Senin, 15 Maret 2021 - 06:47 WIB
    Penentuan awal bulan ini dapat dilakukan dengan aktivitas peneropongan terhadap posisi bulan sabit tersebut atau biasa disebut aktivitas rukyatul hilal. Ada doa yang dianjurkan untuk dibaca saat melihat hilal ini.
  • Mengenal 2 Metode Penentuan Hilal, Ini Perbedaannya
    Hikmah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Ada dua metode penentuan hilal yang selalu berpolemik, yaitu metode Rukyatul Hilal bil Fily (Rukyat) dan metode Hisab (perhitungan astronomi). Ini perbedaannya.
  • Selamat Datang Safar 1445 H, Ini Doa Memasuki Awal Bulan
    Tausyiah
    Kamis, 17 Agustus 2023 - 22:45 WIB
    Malam ini kita sudah memasuki 1 Shafar 1445 H karena pergantian hari dan tanggal dalam kalender Hijriyah adalah saat terbenam matahari (waktu Maghrib). Berikut doa memasuki awal bulan.
  • Begini Kaitan Ilmu Falak dalam Penentuan Awal Waktu Sholat
    Tausyiah
    Minggu, 14 Maret 2021 - 13:02 WIB
    Dapat disimpulkan awal penentuan waktu salat itu didasarkan pada fenomena matahari sehari-hari di dalam perjalanannya dari timur ke barat, ujarnya.
  • Peristiwa Rabiul Awal: Hijrah Nabi Muhammad SAW Bukan di Bulan Muharram
    Dunia Islam
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 14:56 WIB
    Lantaran tahun Hijriah diawali dengan bulan Muharram kemudian banyak pihak menganggap peristiwa hijrah Nabi Muhammad dan umat Islam juga terjadi pada bulan tersebut.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Doa Memasuki Bulan Rabiul Awal Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Sabtu, 16 September 2023 - 22:07 WIB
    Besok Ahad (17/9/2023) kita memasuki 1 Rabiul Awal 1445 H atau bertepatan malam ini menurut pergantian tanggal Hijriyah. Berikut bacaan doa memasuki Rabiul Awal.
  • Cara Tarekat Naqsabandiyah Menentukan Awal dan Akhir Bulan Ramadhan
    Hikmah
    Senin, 27 Februari 2023 - 17:55 WIB
    Cara Tarekat Naqsabandiyah untuk menentukan awal dan akhir bulan Ramadhan sejatinya tidak jauh berbeda dengan ormas Islam di Indonesia. Tarekat ini menggunakan metode hisab dan rukyat.
  • 3 Keutamaan Bulan Safar dan Doa yang Dianjurkan Nabi
    Hikmah
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 21:14 WIB
    Shafar atau Safar merupakan bulan kedua dalam kalender Islam (Hijriyah). Meski tidak seagung bulan Muharram, bulan Safar memiliki keutamaan tersendiri.
  • Bagaimana Hukum Membuat Resolusi Hidup Saat Memasuki Tahun Baru Hijriyah?
    Hikmah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 19:18 WIB
    Istilah resolusi pun sering kali muncul pada awal tahun baru, termasuk dalam tahun baru hijriyah ini. Kata itu digunakan sebagian besar orang untuk mencapai impian di tahun baru
  • Doa dan Dzikir Akhir Tahun Hijriyah Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Sabtu, 15 Juli 2023 - 13:25 WIB
    Doa dan dzikir akhir tahun Hijriyah termasuk amalan yang dianjurkan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dan karunia Allah. Berikut bacaan doanya.
  • Breaking News: Kemenag Tetapkan Awal Ramadhan 13 April 2021
    Dunia Islam
    Senin, 12 April 2021 - 19:11 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan awal Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa, 13 April 2021.
  • Anjuran Memperbanyak Baca Selawat di Bulan Rabiul Awal
    Hikmah
    Senin, 18 September 2023 - 07:17 WIB
    Rabiul Awal identik dengan Bulan Maulid. Karenanya, di bulan ini umat muslim hendaknya menghidupkan amalan Selawat kepada Baginda Nabi.
  • Inilah Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Muharram
    Hikmah
    Senin, 17 Juli 2023 - 17:55 WIB
    Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam (Hijriyah) yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Mengapa bulan Muharram begitu istimewa?
  • Sidang Isbat Awal Ramadhan Digelar 1 April 2022
    Dunia Islam
    Senin, 14 Maret 2022 - 14:44 WIB
    Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1443 Hijriah secara hybrid, pada 1 April 2022 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 Hijriah.
  • Selamat Datang Rabiul Awal, Bulan Agung Rasulullah SAW
    Hikmah
    Senin, 28 Oktober 2019 - 18:40 WIB
    Malam ini umat Islam memasuki 1 Rabiul Awal 1441 Hijriyah bertepatan Senin malam, 28 Oktober 2019. Rabiul Awal sangat istimewa karena merupakan bulan kelahiran Rasulullah SAW.
  • Sejarah Kalender Hijriyah dan Arti 12 Bulan Islam
    Hikmah
    Kamis, 05 Maret 2020 - 18:06 WIB
    Kalender Hijriyah (H) disebut juga kalender Qomariyah karena penanggalannya berdasarkan peredaran bulan. Adapun 12 bulan dalam kalender Hijriyah mempunyai makna masing-masing.
  • Bagaimana Hukum Salat ketika Azan Baru Berkumandang?
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 10:25 WIB
    Bagaimana hukumnya jika salat fardhu dilakukan ketika azan baru saja berkumandang? Haruskah ada jeda atau menunggu iqomat terlebih dahulu?
  • Asal-usul Bulan Rabiul Awal dan Maknanya
    Tausyiah
    Minggu, 17 September 2023 - 07:05 WIB
    Umat muslim di Indonesia selalu menaruh perhatian besar terhadap bulan Rabiul Awal karena peristiwa agung kelahiran Nabi Muhammad ?. Berikut asal-usul bulan Rabiul Awal.
  • Sahur Hari Pertama, Kembali Mengingat Batas Waktu Imsak
    Tips
    Jum'at, 24 April 2020 - 02:53 WIB
    Maksud imsak adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Imsak jatuh 10 menit sebelum azan Subuh
  • Ramadhan Momen Istimewa Sucikan Jiwa dan Perkuat Silaturahmi
    Dunia Islam
    Rabu, 14 April 2021 - 10:30 WIB
    Bulan ini menjadi momen istimewa karena identik dengan menyucikan jiwa, silaturahmi, dan saling memaafkan. Oleh karena itu Ramadhan selalu disambut dengan penuh suka cita dan rasa syukur.