Topik Terkait: Azan Salat

  • Sejarah Azan Bermula dari Mimpi Sahabat Nabi, Begini Kisahnya
    Hikmah
    Jum'at, 25 Februari 2022 - 23:14 WIB
    Allah memberi isyarat tentang panggilan Azan lewat mimpi sahabat yang kemudian dibenarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Berikut kisahnya.
  • Benarkah Setan Takut Mendengar Suara Azan?
    Hikmah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 16:04 WIB
    Tak hanya sebagai penanda waktu salat, ada hikmah lain di balik lantunan suara azan yakni bisa mengusir setan. Benarkah demikian? Adakah dalil yang menjelaskannya?
  • Tumaninah dalam Salat, Rukun Salat yang Sering Dilalaikan
    Tips
    Jum'at, 03 November 2023 - 13:15 WIB
    Tumaninah atau tenang ketika salat adalah salah satu rukun dari rukun-rukun salat. Tidak sah salat apabila tidak tumaninah. Kenapa demikian?
  • Bacaan Bilal Salat Idul Fitri, Tidak Ada Azan dan Ikamah
    Tips
    Senin, 17 April 2023 - 20:25 WIB
    Bacaan bilal salat Idul Fitri adalah menyeru dengan lantang as-shal?ta(u) j?miah. Pada salat Idul Fitri, bilal atau muazin memang tidak dianjurkan untuk mengumandangkan lafal azan dan lafal ikamah. Jadi hanya menyeru:
  • Sejarah dan Asal Mula Disyariatkannya Salat Jumat
    Hikmah
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 05:05 WIB
    Hari Jumat memiliki keutamaan besar bagi umat Islam. Saking istimewanya hari ini, Allah menjadikan satu dari 114 surat Al-Quran bernama Surat Jumuah, surat ke-62 terdiri dari 11 ayat.
  • 4 Alasan Bilal Menjadi Penyeru Azan
    Tausyiah
    Selasa, 01 Maret 2022 - 19:50 WIB
    Bilal bin Rabbah, seorang budak berkulit hitam dari Habsyah (sekarang Ethiopia). Beliau dibesarkan di Kota Ummul Qura (Mekkah) sebagai budak keluarga bani Abdud-Dar.
  • Tanda-tanda Orang yang Salat Bersama Setan
    Muslimah
    Rabu, 18 November 2020 - 09:21 WIB
    Salah satu cara setan menyesatkan manusia yakni dengan melalaikan manusia dari salat. Setan akan senantiasa menggoda manusia agar salatnya tidak sempurna bahkan membujuk manusia agar ringan meninggalkan salat
  • Salat Tarawih Berapa Rakaat?
    Tips
    Selasa, 21 Maret 2023 - 13:29 WIB
    Salat tarawih berapa rakaat? Hadis-hadis shahih dari Rasulullah SAW telah menunjukkan, bahwa salat malam itu adalah muwassa (leluasa, lentur, fleksibel).
  • Benarkah Pahala Salat Dhuha Sama dengan Keutamaan Sedekah?
    Hikmah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 11:47 WIB
    Benarkah pahala salat Dhuha memiliki nilai yang sama seperti nilai amalan seperti keutamaan sedekah? Dalam Islam, sedekah yang dimaksud adalah sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh kita terlebih jika kita ikhlas mengerjakannya.
  • 9 Keutamaan Salat Tahajud, 5 di Antaranya Diraih di Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 22:36 WIB
    Tahajud berasal dari kata Tahajjada yang berarti bangun dari tidur. Salat ini mungkin terasa berat, tetapi keutamaannya sangat dahsyat. Berikut 9 keutamaannya.
  • Keutamaan Salat Awwabin, Salat Sunah yang Pahalanya Luar Biasa
    Hikmah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 17:14 WIB
    Salat sunnah Awwabin adalah salat yang dikerjakan antara salat Maghrib dan Isya. Salat sunnah Awwabin dikerjakan 2, 4 atau 6 rakaat. Paling banyak 20 rakaat dengan sepuluh kali salam.
  • Salat, Satu-satunya Ibadah yang Langsung Diperintah Allah kepada Nabi Muhammad
    Tausyiah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 14:50 WIB
    Tidak seperti puasa, zakat atau ibadah Haji yang diterima Nabi lewat Malaikat Jibril, ibadah yang satu ini benar-benar istimewa. Perintah salat diterima Nabi Muhammad langsung dari Allah Taala.
  • Hukum Seputar Salat: Bersedekap Setelah I’tidal, Apa Dasarnya?
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Februari 2021 - 13:46 WIB
    Dapat ditarik kesimpulan bahwa pada saat itidal yang disunnahkan adalah melepaskan kedua tangan. Adapun apabila yang bersedekap tidak sampai membatalkan salat.
  • Lafaz Niat Salat Dhuha dan Doa yang Dianjurkan
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Salat Dhuha merupakan amalan sunnah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Berikut lafaz niat dan doanya.
  • Begini Doa Setelah Salat Hajat Serta Waktu dan Tata Caranya
    Tausyiah
    Senin, 04 Januari 2021 - 06:00 WIB
    Salat hajat merupakan salah satu salat sunnah yang dilakukan dengan tujuan khusus memohon kepada Allah SWT agar mengabulkan hajat, keperluan, atau kebutuhan kita.
  • 5 Kiat Agar Khusyuk dalam Salat
    Tausiyah
    Senin, 13 Mei 2019 - 14:29 WIB
    Ibadah salat merupakan kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang beriman. Bagaimana kiat dan acara agar khusyuk dalam salat, berikut penjelasannya.
  • Apa Hukum Bersin dan Mengucap Hamdalah Saat Salat?
    Tausiyah
    Kamis, 30 Mei 2019 - 10:01 WIB
    Mungkin banyak di antara kita yang pernah bersin lalu mengucap Alhamdulillah ketika salat. Bolehkah membaca doa ketika sedang salat, padahal doa itu tidak diajarkan Rasulullah?
  • Alhamdulillah! Ini Manfaat Salat Tahajud dalam Perspektif Medis
    Tausyiah
    Senin, 08 Februari 2021 - 16:40 WIB
    Salah Tahajud adalah salat yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur dari Isya hingga menjelang Subuh. Ibadah ini ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.
  • Hukum Mimisan dan Memukul Nyamuk Ketika Salat, Sahkah?
    Tausyiah
    Selasa, 28 April 2020 - 08:45 WIB
    Ketika sedang melaksanakan salat, tiba-tiba kita mimisan atau kita memukul nyamuk yang ternyata ada darahnya, bagaimana hukum shalat kita? Bukankah darah itu adalah najis?
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat dan Ancamannya
    Tausiyah
    Jum'at, 06 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Kalau ancaman keras ditujukan bagi yang meninggalkan salat berjamaah, lalu bagaimana dengan orang yang meninggalkan Salat Jumat?