Topik Terkait: Hukum Talaq

  • Hukum Perceraian dalam Islam, Syarat Sah, Aturan, dan Dalil
    Tausyiah
    Selasa, 01 November 2022 - 12:20 WIB
    Suami-istri hendaknya memahami hukum perceraian dalam Islam, syarat sah, aturan, dan dalil yang mengikutinya agar solusi talak bagi keduanya tetap dalam koridor hukum yang ditetapkan Allah Subhanahu wa Taala.
  • Lelaki ini Menceraikan 5 Perempuan Dalam Satu Hari
    Hikmah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 18:48 WIB
    Seorang lelaki menceraikan empat orang istrinya dalam satu hari, dan menceraikan istri tetangganya. Aneh, barangkali. Berikut kisah yang disampaikan penyair top di era Khalifah Harun Al-Rasyid.
  • Hukuman Zina dan Cara Cerai Masyarakat Arab Pra-Islam
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 17:30 WIB
    Bagi orang Arab masa jahiliyah, pengkhianatan atas perkawinan dianggap sebagai zina dan pelanggarnya dihukum mati. Seorang pria dianggap berzina bila berhubungan seksual dengan wanita baik-baik.
  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Hukum Kurban Tapi Belum Aqiqah, Manakah yang Didahulukan?
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 17:20 WIB
    Bagaimana hukum kurban tapi belum melaksanakan aqiqah, manakah yang harus didahulukan menurut syariat? Pertanyaan semacam ini, masih banyak terjadi di masyarakat.
  • Hukum Membunuh Pelaku Begal Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 23:43 WIB
    Hukum membunuh pelaku begal menarik untuk dikaji berdasarkan perspektif Islam. Apalagi belakangan ramai berita seorang korban begal jadi tersangka karena membunuh pelakunya.
  • Hukum Menqashar Sholat Bagi Musafir, Berapa Lamakah Batasan Waktunya?
    Tips
    Rabu, 28 Desember 2022 - 17:43 WIB
    Musim liburan telah tiba. Bagi umat muslim di Indonesia perlu mengetahui hukum dan batasan waktu meng-qashar sholat ketika bepergian (safar). Berikut penjelasannya.
  • Mad Tamkin: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 21:17 WIB
    Mad Tamkin adalah salah satu cabang ilmu tajwid dari bacaan Mad. Cara membaca Mad Tamkin ini wajib dipahami umat muslim supaya tidak keliru saat tilawah Al-Quran.
  • Hukum Mewarnai Rambut dalam Islam Beserta Dalilnya
    Tips
    Jum'at, 04 November 2022 - 09:48 WIB
    Hukum mewarnai rambut dalam Islam adalah boleh bahkan dianjurkan. Hal ini berbeda dengan orang-orang Yahudi dan Nasrani yang tidak memperkenankan menyemir rambut dan merombaknya.
  • Hukum Puasa bagi Musafir Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Sabtu, 01 April 2023 - 14:56 WIB
    Musafir mendapat keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 185. Lalu apa syarat musafir yang dapat keringanan itu?
  • Hukum Bacaan Idgham Mutaqaribain: Contoh Huruf dan Cara Bacanya
    Tips
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 07:10 WIB
    Hukum bacaan Idgham Mutaqaribain termasuk salah satu ilmu tajwid yang wajib dipelajari kaum muslim. Idgham secara bahasa artinya Al-idkholu atau memasukkan.
  • Hukum Mendengarkan Musik Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 11 April 2022 - 22:17 WIB
    Hukum mendengarkan musik saat puasa Ramadhan terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ada yang mengharamkan dan ada yang membolehkan.
  • Hukum Menyerobot Tanah Menurut Islam
    Tausyiah
    Senin, 04 Maret 2024 - 14:33 WIB
    PT Berau Coal melalui mitranya PT Kaltim Diamond Coal (KDC) diduga melakukan penyerobotan tanah milik Universitas Muhammadiyah Berau. Bagaimana hukumnya dalam Islam?
  • Hukum Membagi Warisan Sebelum Orang Tua Meninggal
    Tausyiah
    Kamis, 02 November 2023 - 17:50 WIB
    Bagaimana hukum membagi warisan sebelum orang tua meninggal, apakah hal ini dibolehkan dalam syariat? Mari kita simak penjelasan berikut ini.
  • Hukum Merayakan Hari Valentine dalam Islam, Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 13 Februari 2023 - 15:52 WIB
    Hukum merayakan Hari Valentine bagi umat Islam adalah haram. Demikian kata Pengasuh LPD Al-Bahjah, Buya Yahya dalam kajiannya di media sosial dan Fatwa MUI.
  • Hukum Mimpi Basah dalam Pandangan Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 15:04 WIB
    Mimpi basah sering terjadi pada masa remaja dan awal masa dewasa muda, tetapi juga terjadi pada orang dewasa. Dalam perspektif Islam, mimpi basah disebut dengan istilah ihtilam.
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Syawal
    Tips
    Minggu, 29 Mei 2022 - 23:40 WIB
    Apakah boleh menggabungkan puasa Syawal dengan puasa qadha Ramadhan? Para ulama memiliki dasar untuk ketentuan menggabungkan dua ibadah dalam satu niat.
  • Hukum Berpuasa Setelah Tanggal 15 Syaban, Bolehkah?
    Tips
    Kamis, 01 April 2021 - 15:24 WIB
    Pertanyaan ini sering ditanyakan dalam berbagai kajian. Ada hadis riwayat Imam At-Tirmidzi yang menjelaskan bahwa ketika tersisa separuh bulan Syaban (setelah 15 Syaban), janganlah berpuasa.
  • Hukum Tabungan Emas dalam Islam, Bolehkah?
    Tips
    Senin, 12 September 2022 - 22:29 WIB
    Bagaimana hukum tabungan emas dalam Islam, apakah hal ini dibolehkan oleh syariat? Lalu bagaimana cara menabung emas agar terhindar dari praktik riba?
  • Hukum Menggabung Puasa 6 Hari Syawal dan Qada Ramadan Berikut Niatnya
    Tips
    Sabtu, 22 April 2023 - 09:37 WIB
    Salah satu ibadah yang dianjurkan setelah puasa Ramadan adalah menunaikan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal. Puasa sunnah ini memiliki keutamaan dan pahala besar.