Topik Terkait: Syarat Wajib Puasa Ramadhan

  • 13 Hal Tentang Puasa Ramadhan yang Wajib Diketahui Umat Islam
    Tips
    Senin, 12 April 2021 - 14:32 WIB
    Puasa Ramadhan adalah ibadah yang dirindukan kaum mukmin karena di dalamnya bertabur rahmat Allah. Mengkaji kembali Bab Puasa, ada 13 hal yang wajib diketahui umat Islam.
  • Berikut 6 Lafal Niat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 04:05 WIB
    Salah satu rukun puasa adalah niat yang waktunya ditentukan yaitu setelah masuknya waktu Maghrib sampai sebelum masuknya waktu Subuh. Berikut 6 versi lafal niat puasa Ramadhan..
  • Puasa Ramadhan dan Hukum Bagi yang Tidak Melaksanakannya
    Muslimah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 14:02 WIB
    Salah satu yang termasuk dosa besar adalah meninggalkan dengan sengaja Puasa Ramadhan. Sebab Puasa Ramadhan adalah bagian dari tegaknya syariat Allah Taala di muka bumi.
  • Hindari Perkara Ini Agar Ibadah Puasa Ramadhan Tidak Sia-sia
    Tips
    Minggu, 25 April 2021 - 08:30 WIB
    Ramadhan merupakan anugerah besar dan kenikmatan dari Allah. Setiap muslim hendaknya memperhatikan hal berikut agar pahala puasanya tidak hilang.
  • 5 Keutamaan Puasa Ramadhan, Salah Satunya Doanya Mujarab
    Tausyiah
    Senin, 11 April 2022 - 19:26 WIB
    Bulan suci Ramadhan menjadi ladang amal bagi kaum muslimin. Puasa Ramadhan mempunyai kedudukan yang sangat agung. Ada keutamaan dan ganjaran yang sangat besar di dalamnya
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • 2 Rukun Puasa yang Wajib Diketahui Umat Islam
    Tips
    Sabtu, 25 April 2020 - 03:30 WIB
    Di antara ilmu Fiqih yang tidak kalah penting untuk dipelajari adalah rukun puasa. Setiap muslim wajib mengetahui apa saja rukun puasa sebelum mengamalkannya.
  • Sejarah Puasa: Rahasia Dipilihnya Bulan Ramadhan sebagai Waktu Berpuasa
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:24 WIB
    Ada kriteria yang telah terpenuhi oleh Ramadhan, sehingga bulan ini dipilih menjadi momen umat Islam berpuasa. Di bulan ini, turun Al-Quran, dasar agama Islam sekaligus mukjizat paling agung.
  • Seberat Apakah Puasa Ramadhan di Tengah Pandemik Ini?
    Tausyiah
    Sabtu, 18 April 2020 - 17:05 WIB
    Perintah berpuasa Ramadhan sebagai syariat Islam kedua setelah salat 5 waktu terjadi pada tahun ke-2 Hijrah pada masa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Belum Qadha Puasa Tapi Sudah Masuk Ramadhan Berikutnya
    Tausyiah
    Minggu, 07 Maret 2021 - 18:12 WIB
    Di antara kaum umat muslim ada yang belum qadha puasa tetapi Ramadhan berikutnya sudah tiba. Bagaimana seorang muslim/muslimah menyikapi keadaan ini? Beriku penjelasannya.
  • 5 Amalan Ringan yang Dapat Menggandakan Pahala Puasa Ramadhan
    Muslimah
    Selasa, 06 April 2021 - 14:12 WIB
    Puasa di bulan suci ini menjadi ibadah dengan perkalian pahala yang unlimited. Sedikitnya ada 5 amalan ringan dan mudah, yang dapat menggandakan pahala di bulan Ramadhan. Apa saja dan bagaimana caranya?
  • Batas Waktu Qadha Puasa Ramadhan, Yuk Segera Lunasi !
    Tips
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 20:17 WIB
    Batas waktu qadha puasa Ramadhan perlu diketahui umat muslim khususnya bagi yang memiliki utang puasa. Berikut
  • Membersihkan Telinga Saat Puasa Ramadhan, Batalkah?
    Tips
    Jum'at, 23 April 2021 - 08:05 WIB
    Membersihkan telinga adalah aktivitas yang lazim dilakukan setelah mandi. Apakah membersihkan telinga ketika puasa Ramadhan membatalkan puasa?
  • Puasa Ramadhan Antiterorisme
    Tausiyah
    Jum'at, 18 Mei 2018 - 06:47 WIB
    Puasa bukan sekadar menahan diri dari segala nafsu duniawi secara serampangan, tetapi ibadah yang tujuannya membentuk pribadi yang bertakwa.
  • Sunnah Sahur dan Berbuka Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui
    Tips
    Kamis, 31 Maret 2022 - 07:42 WIB
    Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ada beberapa hal yang perlu diketahui seorang muslim, selain niat puasa juga sunnah-sunnahnya, terutama yang berkaitan dengan sahur dan buka puasa.
  • Tips Menahan Hawa Nafsu dan Amarah Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Jum'at, 08 April 2022 - 11:01 WIB
    Hawa nafsu dan amarah yang tidak terkontrol selama puasa walaupun tidak membatalkan puasa secara langsung layaknya makan dan minum, namun tetap saja hal ini dapat mengurangi nilai dan pahala dalam ibadah puasa kita
  • Doa Buka Puasa Ramadhan Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Selasa, 05 April 2022 - 17:30 WIB
    Doa buka puasa yang diamalkan oleh masyarakat Islam selama ini ada beberapa lafaz, sama-sama baik dan dapat diamalkan. Setiap Ramadhan, perdebatan mengenai lafaz doa berbuka puasa selalu muncul.
  • Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Syawal dan Tata Caranya
    Tips
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Niat puasa qadha Ramadhan di bulan Syawal, umumnya banyak dilakukan kaum muslim yang memiliki utang puasa di bulan Ramadhan kemarin. Bagaimana bacaan doa atau niatnya? Serta bagaimana tata caranya?
  • Panduan Ramadhan, Berikut Hal-hal yang Dimakruhkan Saat Puasa
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 17:05 WIB
    Adapun hal-hal yang dimakruhkan dalam puasa Ramadhan hendaknya dijauhi demi menjaga kualitas puasa di sisi Allah Taala. Berikut pembahasannya.
  • Rasululullah SAW Sempat Bertemu 9 Kali Puasa Ramadhan
    Hikmah
    Kamis, 07 April 2022 - 17:19 WIB
    Rasulullah SAW diperkirakan hanya mengalami puasa Ramadhan sebanyak 9 kali. Perintah puasa turun pada 28 Syaban 2 H. Sementara Rasulullah SAW wafat pada 12 Rabiul awal 11 H
  • Niat Ganti Puasa Ramadhan karena Haid
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 17:47 WIB
    Puasa Ramadhan adalah ibadah wajib yang diperintahkan oleh Allah Taala kepada hamba-Nya. Bukan hanya umat Nabi Muhammad SAW, namun juga umat-umat sebelum Nabi.