Topik Terkait: Agenda Ramadhan

  • 4 Tips Menyambut Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Minggu, 11 April 2021 - 10:37 WIB
    Di bulan Ramadhan adalah cara mendekatkan diri kepada Rabb yang paling baik dengan melakukan ibadah, ketaatan, penyucian jiwa, pembersihan hati dari berbagai macam bentuk keburukan.
  • Selama Ramadhan, Ponpes An Nahdlah Kembangkan Tradisi Menulis bagi Santri-Mahasiswa
    Dunia Islam
    Minggu, 24 April 2022 - 17:11 WIB
    Santri di Ponpes An Nadlah Kebumen antusias mengikuti serangkaian kegiatan amaliah selama Ramadhan. Kegiatan tersebut, di antaranya mengembangkan tradisi menulis dan kajian kitab kuning.
  • Sepanjang Ramadhan, IKA UNJ Bagikan Santunan untuk Dhuafa Yatim
    Dunia Islam
    Minggu, 09 Mei 2021 - 16:04 WIB
    Kegiatan IKA UNJ bertujuan membantu orang Dhuafa dan Yatim dimasa pandemi, sekaligus menandakan Alumni mengabdi dengan Cara hadir dan memberi dampak pada alumni, mahasiswa dan masyarakat terdampak.
  • Madrasah Ramadhan sebagai Bulan Kesabaran
    Muslimah
    Minggu, 25 April 2021 - 08:43 WIB
    Sebagai bulan yang istimewa banyak predikat yang disematkan pada bulan Ramadhan, salah satunya adalah Ramadhan sebagai bulan kesabaran. Kenapa disebut bulan kesabaran?
  • Peristiwa-peristiwa Bersejarah di Bulan Ramadhan
    Hikmah
    Rabu, 23 Mei 2018 - 17:23 WIB
    Selain semua amal ibadah dilipatgandakan pahalanya, Ramadhan juga mencatat sejumlah peristiwa bersejarah di mancanegara maupun di Indonesia.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Mengapa Bulan Ramadhan Wajib Disambut dengan Gembira? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 20 Maret 2022 - 16:11 WIB
    Bukanlah termasuk orang yang beriman jika datangnya Bulan Ramadhan disambut dengan bersedih hati. Ibarat kerabat dekat atau sahabat yang hendak berkunjung ke rumah, maka harus disambut dengan gembira dan antusias.
  • Pesan Ustaz Adi Hidayat Sebelum Memasuki Ramadhan
    Tausyiah
    Rabu, 22 April 2020 - 06:05 WIB
    Dai yang juga Direktur Quantum Akhyar Institute Ustaz Adi Hidayat menyampaikan nasihat indah terkait Ramadhan secara online dari kediamannya di Perumahan Pondok Timur Mas, Villa Jaka Setia Bekasi, kemarin.
  • Bacaan Niat Puasa Ramadhan yang Benar
    Tausiyah
    Selasa, 15 Mei 2018 - 14:36 WIB
    Sebelum melaksanakan ibadah wajib ini, umat Islam harus mengetahui rukun dan bacaan niat puasa Ramadhan. Niat memiliki kedudukan penting karena merupakan salah satu rukun beribadah.
  • 3 Bekal Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2022
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Maret 2022 - 05:11 WIB
    Hari ini kita telah masuki pertengahan Syaban 1443 Hijriyah bertepatan Hari Jumat 18 Maret 2022. Berikut 3 bekal yang harus disiapkan menyambut bulan Ramadhan 2022.
  • Sejarah Pensyariatan Puasa Ramadhan Ternyata Lewat 3 Tahapan
    Hikmah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 15:10 WIB
    Sebelum kita memasuki bulan suci Ramadhan 2022 ada baiknya kita mengetahui sejarah pensyariatan puasa. Seperti apa sejarahnya, mari simak ulasan berikut ini.
  • Inilah Orang yang Dihukumi Celaka di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Kamis, 08 April 2021 - 05:00 WIB
    Ramadhan sudah di depan mata. Tinggal hitungan hari kita akan masuk di bulan penuh pahala dan ampunan itu. Jangan sampai menjadi orang yang celaka di bulan Ramadhan.
  • 3 Amalan yang Dicintai Allah di Bulan Ramadhan
    Tips
    Kamis, 07 Mei 2020 - 03:20 WIB
    Tak terasa hari ini sudah memasuki hari ke-14 Ramadhan di tengah suasana pandemik. Dalam konteks puasa (shiyam) banyak amalan yang sudah dilalui (dikerjakan) oleh kaum muslimin.
  • Kumpulan Hadis Seputar Bulan Ramadhan (3)
    Tips
    Kamis, 23 April 2020 - 10:00 WIB
    Berikut kumpulan Hadis Nabi seputar bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan bisa menyemangati kita menghidupkan bulan suci Ramadhan.
  • 8 Hadis Populer Tentang Keutamaan Ramadhan
    Tausyiah
    Minggu, 17 April 2022 - 22:17 WIB
    Banyak hadis-hadis Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam (SAW) yang khusus membicarakan tentang keutamaan bulan Ramadhan. Berikut 8 Hadis populer Ramadhan.
  • Ramadhan Boleh Hening, Tapi Ibadah Harus Tetap Bergelora
    Tausyiah
    Selasa, 21 April 2020 - 21:21 WIB
    Dai yang juga penulis buku-buku Islami, Ustaz Salim A Fillah menyampaikan kalam indah terkait Ramadhan. Beliau meminta kaum muslimin agar tetap bersemangat ibadah meski dalam suasana pandemik.
  • 10 Malam Terakhir Ramadhan, Waktu Terbaik untuk Berdoa
    Tausyiah
    Senin, 18 Mei 2020 - 17:46 WIB
    Keutamaan berdoa di bulan Ramadhan tidak perlu diragukan lagi karena semua hari-harinya adalah makbul, apalagi di pengujung 10 hari terakhir Ramadhan.
  • Mempertahankan Ketaatan Setelah Ramadhan
    Muslimah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 10:00 WIB
    Ramadhan akan segera berlalu. Lantas, apakah kualitas ketaatan kita selama Ramadhan itu bisa istiqamah? Apakah pengaruh kebaikan pada diri masih akan terlihat ataukah sudah memudar setelah Ramadhan berakhir?
  • Khutbah Jumat Terakhir: Melepas Kepergian Ramadhan
    Tausyiah
    Jum'at, 29 April 2022 - 09:05 WIB
    Hari ini kita memasuki Jumat terakhir bulan Ramadhan 1443 Hijriyah (29/4/2022) bertepatan tanggal 27 Ramadhan. Mungkin ini Ramadhan terakhir bagi kita.
  • Puasa Ramadhan Antiterorisme
    Tausiyah
    Jum'at, 18 Mei 2018 - 06:47 WIB
    Puasa bukan sekadar menahan diri dari segala nafsu duniawi secara serampangan, tetapi ibadah yang tujuannya membentuk pribadi yang bertakwa.
  • Kang Rashied: Tujuan Ramadhan Adalah Mengekang Nafsu
    Tausyiah
    Senin, 04 Mei 2020 - 21:48 WIB
    Dai yang juga Founder Musafir Centre, Ustaz Kang Rashied Lc menyampaikan tausiyah Ramadhan dalam kajian Dhuha yang disiarkan secara online. Berikut nasihatnya.