Topik Terkait: Keistimewaan Bulan Ramadhan

  • 6 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan
    Muslimah
    Kamis, 08 April 2021 - 18:23 WIB
    Ibadah puasa apalagi di bulan Ramadhan merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai takwa, dan salah satu sebab untuk mendapatkan ampunan dosa-dosa, dilipatgandakan kebaikan, dan pengangkatan derajat.
  • Khutbah Jumat: 5 Keistimewaan Umat Muslim di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Jum'at, 15 April 2022 - 08:30 WIB
    Hari ini kita memasuki Jumat kedua bulan puasa bertepatan 13 Ramadhan 1443 Hijriyah (15/4/2022). Berikut khutbah Jumat yang bisa kita jadikan motivasi menghidupkan Ramadhan.
  • Keajaiban Ramadhan dalam Pandangan Umat Islam
    Muslimah
    Senin, 18 April 2022 - 05:22 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulan yang dimuliakan Allah Subhanahu wa Taala. Ini karena dalam bulan ini telah diturunkan Al-Quran di dalamnya.
  • Keistimewaan dan Kelebihan Sedekah di Bulan Ramadhan
    Tips
    Jum'at, 22 April 2022 - 11:02 WIB
    Sesungguhnya sedekah di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan dan kelebihan. Dan ini haruslah menjadi motivasi seorang muslim menjadi lebih dermawan pula di bulan yang mulia.
  • Ini yang Harus Disiapkan Muslimah Menjelang Memasuki Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 18 Maret 2022 - 15:53 WIB
    Menjelang bulan Ramadhan, kaum muslimah biasanya mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar di bulan mulia tersebut. Sehingga tidak hanya niat saja yang dibutuhkan, namun perlu persiapan dan bekal lainnya.
  • Yang Merugi di Bulan Ramadhan, Siapa Saja Mereka?
    Muslimah
    Selasa, 20 April 2021 - 07:42 WIB
    Di bulan Ramadhan Allah berikan kepadanya nikmat yang besar, namun dia malah menjadi manusia yang celaka dalam nikmat besar yang Allah berikan kepadanya. Siapakah orang yang merugi ini?
  • 3 Peristiwa Besar Bersejarah pada Bulan Ramadhan
    Hikmah
    Selasa, 05 April 2022 - 08:05 WIB
    Pada bulan suci Ramadhan terdapat banyak peristiwa besar bersejarah. Ada tiga peristiwa besar yang patut diketahui umat Islam. Apa saja?
  • Keistimewaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Muslimah
    Kamis, 01 Juli 2021 - 08:45 WIB
    Dzulhijjah termasuk bulan yang di dalamnya terdapat banyak keutamaan. Dan, Syariat Islam memerintahkan umat Islam untuk menyemarakkannya dengan berbagai amal shaleh yang istimewa.
  • Keistimewaan dan Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Tausyiah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 19:25 WIB
    Bulan Dzulhijjah termasuk bulan yang di dalamnya terdapat banyak keistimewaan dan keutamaan. Karena itu, Syariat Islam memerintahkan umat Islam untuk menyemarakkannya dengan berbagai amal shaleh yang istimewa.
  • Bahaya Bermaksiat di Bulan Ramadhan, Dosanya Dilipatgandakan
    Tausyiah
    Kamis, 14 April 2022 - 22:04 WIB
    Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dan setiap muslim wajib memuliakannya dengan menjauhi segala perkara maksiat. Berikut hukum bermaksiat di bulan Ramadhan.
  • Perang Badar: Kemenangan Besar Umat Islam di Bulan Ramadhan
    Hikmah
    Senin, 14 Mei 2018 - 20:21 WIB
    Ada satu peristiwa bersejarah yang sering dilupakan di bulan Ramadhan, yaitu Perang Badar. Perang ini terjadi pada 17 Ramadhan tahun kedua Hijriyah ini.
  • 5 Golongan yang Merugi di Bulan Ramadhan, Nomor Terakhir Menyepelekan Dosa yang Telah Lewat
    Muslimah
    Senin, 04 April 2022 - 10:04 WIB
    Bagi orang beriman, berjumpa dengan bulan Ramadhan adalah sebuah kebahagiaan yang tiada terkira, tapi sebaliknya pasti ada pula orang-orang yang mengangggapnya biasa-biasa saja, dan sungguh betapa meruginya orang yang semacam ini.
  • 9 Nama Julukan Ramadhan yang Tidak Dimiliki Bulan Lain
    Tausyiah
    Minggu, 03 April 2022 - 22:54 WIB
    Banyaknya nama atau julukan menunjukkan sesuatu itu mulia dan agung. Sedikitnya ada 9 (sembilan) nama julukan Ramadhan yang tidak dimiliki bulan lain.
  • Inilah Beragam Julukan untuk Bulan Suci Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 14:22 WIB
    Bulan Ramadan ternyata memiliki beragam julukan. Ini menandakan bulan Ramadan memiliki sesuatu itu mulia dan agung. Sedikitnya ada 9 (sembilan) nama julukan Ramadan yang tidak dimiliki bulan lain.
  • Inilah Keutamaan Mengkhatamkan Al-Quran di Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Minggu, 24 April 2022 - 09:50 WIB
    Di bulan suci Ramadhan ini setiap muslim berlomba-lomba mengkhatamkan Al-Quran di bulan suci ini. Tadarus (membaca Al Quran) menjadi pemandangan biasa, baik di rumah ataupun di masjid-masjid
  • Waktu Mustajab Doa di Bulan Ramadhan : Dari Pagi Hingga Pagi Lagi
    Tausyiah
    Sabtu, 02 April 2022 - 17:10 WIB
    Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa, bulan penuh ampunan yang seluruh waktunya adalah mustajab untuk memanjatkan doa kepada allah Subhanahu wa taala.
  • Mengapa Bulan Ramadhan Wajib Disambut dengan Gembira? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 20 Maret 2022 - 16:11 WIB
    Bukanlah termasuk orang yang beriman jika datangnya Bulan Ramadhan disambut dengan bersedih hati. Ibarat kerabat dekat atau sahabat yang hendak berkunjung ke rumah, maka harus disambut dengan gembira dan antusias.
  • 6 Julukan Bulan Syawal yang Penuh Keistimewaan
    Dunia Islam
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 16:01 WIB
    Saat ini kita telah masuk di bulan Syawal dalam kalender Islam. Selain penuh dengan amalan, bulan syawal juga memiliki beragam julukan, karena keistimewaaannya tersebut. Julukan apa saja?
  • 11 Perkara yang Dilarang Dilakukan di Bulan Dzulhijjah
    Tausyiah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 12:10 WIB
    Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan istimewa atau bulan haram (mulia) dalam Islam. Selain banyak amalan yang dianjurkan dilakukan, ada juga beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan di bulan tersebut. Apa saja amalan yang dilarang tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut larangannya :
  • Kumpulan Hadis Seputar Bulan Ramadhan (2)
    Tips
    Rabu, 22 April 2020 - 17:40 WIB
    Berikut kumpulan Hadis Nabi seputar bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan bisa menyemangati kita menghidupkan bulan suci Ramadhan.