Topik Terkait: Orang Sakit Dan Musafir

  • Ada yang Berpendapat Musafir Wajib Membatalkan Puasa
    Tausyiah
    Selasa, 05 April 2022 - 03:00 WIB
    Sebagian besar ulama bermazhab Maliki dan Syafii menilai bahwa hal ini sebaiknya diserahkan kepada masing-masing pribadi, dalam arti apa pun pilihannya, maka itulah yang lebih baik dan utama.
  • Ketentuan Puasa bagi Musafir, Tak Semua Dapat Keringanan
    Tips
    Selasa, 28 Maret 2023 - 13:55 WIB
    Ketentuan puasa bagi musafir disampaikan dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 185 serta sejumlah hadis. Musafir yang melakukan perjalanan jauh mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan.
  • Keutamaan Membantu Orang Lemah dan Merawat Orang Sakit
    Tausyiah
    Minggu, 28 November 2021 - 09:20 WIB
    Membantu orang lemah atau merawat orang sakit bukanlah pekerjaan mudah karena perlu pengorbanan dan kesabaran. Boleh jadi sebab mengurus mereka, Allah meluaskan rezeki kita.
  • Doa untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah dan Adabnya
    Tips
    Selasa, 08 Maret 2022 - 15:54 WIB
    Doa untuk orang sakit sesuai sunnah perlu diketahui umat muslim sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW. Sejumlah riwayat menyebutkan beberapa doa berikut.
  • Doa-doa Rasulullah SAW Ketika Menjenguk Orang Sakit
    Tips
    Kamis, 25 Mei 2023 - 12:23 WIB
    Selain berdoa untuk kesembuhan diri sendiri, ada beberapa riwayat yang menjelaskan doa-doa Raslullh Shallallahu alaihi wa sallam bagi orang sakit.
  • Kenikmatan dan Kebahagiaan Ketika Sakit
    Muslimah
    Selasa, 24 November 2020 - 14:56 WIB
    Roda kehidupan dunia senantiasa berputar, ada suka dengan duka, kaya dengan miskin, dan sehat dengan sakit. Sesehat apapun manusia pada saatnya ia akan mengalami sakit, dan sekuat apapun manusia pada saatnya tentu akan merasakan sakit pula.
  • Ketika Allah Taala Sakit dan Minta Dijenguk, Begini Takwilnya
    Tausyiah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Menjenguk si sakit ini memberi perasaan kepadanya bahwa orang di sekitarnya menaruh perhatian kepadanya, cinta kepadanya, menaruh keinginan kepadanya, dan mengharapkan agar dia segera sembuh.
  • 11 Hikmah di Balik Sakit, Nomor 6 Paling Kamu Suka
    Hikmah
    Rabu, 19 Januari 2022 - 15:42 WIB
    Jangan pernah berfikir bahwa sakit itu adalah musibah atau azab dari Allah. Justru sakit mendatangkan banyak faedah, berikut 11 hikmah di balik sakit.
  • 4 Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap Teks Arab dan Latin
    Tips
    Kamis, 14 Juli 2022 - 23:43 WIB
    Ketika menjenguk orang sakit, kita dianjurkan menyenangkan hatinya dan mendoakannya sebagaimana diajarkan oleh Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam.
  • 5 Bacaan Doa untuk Orang Sakit
    Tausyiah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 14:59 WIB
    Memohonkan doa untuk kesembuhan orang sakit adalah hal yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim. Berikut 5 doa untuk orang sakit sebagaimana diajarkan Rasulullah.
  • Nikmat Sakit dan Adab Menjalaninya
    Muslimah
    Senin, 21 September 2020 - 06:21 WIB
    Salah satu kenikmatan hidup yang dirasakan manusia adalah hidup sehat. Nikmat sehat ini akan terasa besarnya, justru ketika mengalami sakit. Terlebih sakit yang susah untuk disembuhkan.
  • Inilah Pahala Orang yang Terkena Sihir
    Tips
    Sabtu, 18 Desember 2021 - 21:24 WIB
    Berikut ini penjelasan tentang pahala bagi orang yang terkena sihir. Orang yang terkena sihir atau guna-guna termasuk ujian bagi orang beriman.
  • Ikhtiar dan Doa ketika Sakit Sesuai Sunah Nabi Muhammad SAW
    Tips
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 09:43 WIB
    Selain berobat, Nabi Muhammad SAW juga mengajari umatnya untuk berdoa ketika sakit. Khususnya ketika demam yang menjadi gejala dari sakit flu tersebut.
  • Hukum Mengeluh bagi Orang yang Sedang Menderita Sakit
    Tips
    Minggu, 25 Desember 2022 - 09:35 WIB
    Tidak mengapa bagi si sakit untuk mengeluhkan rasa sakit dan penderitaannya kepada dokter atau perawatnya, kerabat atau temannya, selama hal itu dilakukan tidak untuk menunjukkan kebencian kepada takdir.
  • Fadhilah Sakit, Demam Sehari Hapuskan Dosa Selama Setahun
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Juni 2022 - 15:34 WIB
    Jangan pernah mencela penyakit atau mengeluhkannya, sebab demam sehari dapat menghapuskan dosa-dosa selama setahun. Berikut hikmah dan fadhilah sakit.
  • Doa-Doa Pendek yang Jadi Amalan Zikir Saat Sakit
    Tips
    Senin, 27 Februari 2023 - 11:32 WIB
    Setiap manusia pasti akan mendapat ujian dari Allah Subhanahu wa taala. Salah satunya ketika diuji dengan sakit, entah sakit yang ringan atau sakit yang cukup berat. Nah, ketika diuji dengan rasa sakit ini , kita dianjurkan membaca zikir dan doa.
  • Doa Menjenguk Orang Sakit dan Doa Mustajabnya
    Tips
    Minggu, 05 Mei 2024 - 07:22 WIB
    Doa menjenguk orang yang tengah sakit penting diketahui kaum muslim. Bahkan, ada sebagian ulama menegaskan bahwa kalau menjenguk orang sakit dia minta doa kepada orang yang sakit karena doanya mustajab.
  • 6 Sikap yang Harus Dijalankan Seorang Muslim Bila Terkena Musibah Sakit
    Tausyiah
    Senin, 12 Juli 2021 - 15:33 WIB
    Untuk orang yang sakit, jangan pernah merasa putus asa dari kesembuhan, karena Allah Shubhanahu wa Taala adalah Maha Mampu untuk melakukan segala sesuatu.
  • Inilah Orang-orang yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 09 April 2021 - 08:07 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala memberi kemudahan dan tidak menginginkan kesulitan bagi hamba-Nya yang memang disyaratkan tidak bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini. Siapa saja mereka?
  • Kisah Saad bin Abi Waqqash Dijenguk Rasulullah Ketika Sakit Parah
    Hikmah
    Sabtu, 16 Juli 2022 - 22:44 WIB
    Kisah sahabat bernama Saad bin Abi Waqqash radhiyallahu anhu ketika sakit mengandung banyak pelajaran. Beliau salah satu sahabat yang dijenguk oleh Baginda Nabi.