Topik Terkait: Dalil Wajibnya Puasa

  • Dalil-dalil Tentang Pentingnya Berkurban
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 09:31 WIB
    Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada Harai Raya Iduladha adalah menyembelih hewan kurban. Mayoritas ulama dari kalangan Malikiyah, Syafiiyah, dan Hanabilah, hukum berkurban merupakan sunnah.
  • Dalil-dalil tentang Aturan dan Syarat Berpakaian yang Penting Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Selasa, 23 Mei 2023 - 13:05 WIB
    Dalam Islam cara berpakaian seorang wanita muslimah telah diatur dengan sangat baik. Ada syarat-syarat yang ditentukan oleh syariat. Namun demikian, tentang model berbusananya, syariat tidak menentukannya.
  • Niat Puasa Bulan Rajab Lengkap Arab dan Latinnya
    Tausyiah
    Minggu, 22 Januari 2023 - 21:42 WIB
    Niat puasa bulan Rajab perlu diketahui kaum muslimin yang hendak menjalankan ibadah sunnah tersebut. Berikut bacaan niat puasa Rajab lengkap Arab dan latinnya.
  • Keutamaan Puasa Ramadan dalam Penjelasan Hadis Nabi SAW
    Hikmah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 10:38 WIB
    Umat Islam penting dan memahami keutamaan puasa Ramadan dalam pandangan syariat. Kenapa? Karena umat muslim yang akan menjalani puasa jangan sekedar menahan lapar dan haus saja, padahal banyak sekali ilmu dari berpuasa Ramadan ini.
  • 12 Dalil Berdoa dengan Tawassul (Bagian 6/Tamat)
    Tausyiah
    Senin, 11 Januari 2021 - 11:33 WIB
    Berdoa dengan tawassul adalah amalan yang disunnahkan karena di dalamnya terdapat kebaikan. Berikut lanjutan dalil berdoa dengan tawassul.
  • 12 Dalil Berdoa dengan Tawassul (Bagian 5)
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 11:19 WIB
    Hukum berdoa dengan tawassul adalah amalan yang disunnahkan karena di dalamnya terdapat kebaikan. Tawassul artinya mengambil sarana/wasilah agar doa lebih diterima dan dikabulkan.
  • Hukum Puasa Wanita Hamil dan Menyusui
    Muslimah
    Senin, 12 April 2021 - 06:53 WIB
    Kewajiban puasa Ramadhan dibebankan kepada seluruh umat Islam, tak terkecuali kepada wanita hamil. Seperti apa puasanya dan bagaimana hukumnya bagi wanita hamil ini?
  • Hukum Puasa Rajab, dari Sunnah sampai Makruh
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 11:03 WIB
    Hukum puasa Rajab oleh sebagian ulama dianggap sunnah. Hanya saja, sebagian ulama lainnya menganggap bidah karena hadits yang dijadikan dasar ibadah tersebut dhaif, bahkan ada yang palsu.
  • Dalil-dalil Pentingnya Berkurban dalam Al-Quran dan Hadis Nabi SAW
    Tausyiah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 08:18 WIB
    Kurban atau berkurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada Hari Raya Iduladha. Ibadah kurban adalah menyembelih hewan kurban. Mayoritas ulama menghukuminya sebagai sunnah.
  • Bolehkah Puasa Syawal Jika Masih Utang Puasa Ramadan?
    Tausyiah
    Kamis, 25 April 2024 - 05:15 WIB
    Bolehkah puasa Syawal jika masih utang puasa Ramadan? Pertanyaan ini kerap mengemuka setelah hari Raya Idulfitri atau saat memasuki bulan Syawal.
  • Surga Ar-Rayyan Disiapkan untuk Orang Puasa Ramadhan dan Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Sabtu, 23 April 2022 - 16:15 WIB
    Karena agungnya pahala orang-orang yang berpuasa ini, Allah pun menyiapkan satu pintu khusus di surga yang hanya bisa dimasuki oleh mereka yang menjalankan puasa, yaitu pintu ar-Rayyan.
  • Panduan Membayar Fidyah Puasa: Cara, Niat, Takaran, hingga Penyaluran
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 16:46 WIB
    Kadar dan jenis fidyah yang ditunaikan adalah satu mud makanan pokok untuk setiap hari puasa yang ditinggalkan. Fidyah berupa makanan pokok, beras.
  • Begini Puasa Orang-Orang Terdahulu, Sebelum Islam Datang
    Hikmah
    Senin, 26 April 2021 - 18:29 WIB
    Semua agama samawi, sama dalam prinsip-prinsip pokok akidah, syariat, serta akhlaknya. Ini berarti semua agama samawi mengajarkan tauhid, kenabian, dan keniscayaan hari kemudian.
  • Berikut Dalil Hukum Kurban Adalah Sunnah Muakkad bagi yang Mampu
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juli 2021 - 04:33 WIB
    Salah satu pendapat yang menonjol adalah sunnah atau sunnah muakkad bagi yang mampu. Maknanya bukan wajib bagi yang mampu. Mereka yang berpendapat demikian berpijak pada beberapa hadis.
  • Hikmah Puasa Ramadan dan 7 Manfaatnya Bagi Tubuh
    Tausyiah
    Minggu, 12 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Hikmah puasa Ramadan dan manfaatnya bagi tubuh penting diketahui umat muslim. Puasa berasal dari kata shaum atau shiyam yang artinya menahan. Berikut ulasannya.
  • Bacaan Niat Puasa Syawal Lengkap Arab dan Terjemahan
    Tips
    Kamis, 27 April 2023 - 20:31 WIB
    Bacaan niat puasa Syawal ini perlu diketahui umat Muslim yang hendak menjalankannya. Puasa Syawal merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan setelah Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal.
  • Bacaan Niat Menggabung Puasa Qadha Ramadan dan Puasa Sunnah Rajab
    Tausyiah
    Minggu, 14 Januari 2024 - 11:30 WIB
    Waktu untuk membayar puasa Ramadan juga tinggal sedikit lagi. Bolehkah menggabungkannya pelaksanaan puasa sunnah Rajab dengan qadha puasa Ramadan?
  • Larangan Menunda-nunda Bayar utang Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 25 Februari 2024 - 07:56 WIB
    Jika seseorang menunda-nunda qadha puasa Ramadan dengan tanpa udzur, maka dia wajib bertaubat dari dosa tersebut, menyesalinya dan berjanji tidak akan mengulanginya
  • Bolehkah Menggabungkan Niat Puasa Sunah?
    Tausyiah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 20:10 WIB
    Bolehkah menggabungkan niat puasa sunnah? Dan bagaimana hukumnya? Misalnya niat puasa sunnah Tasua (9 Muharram) yang bertepatan dengan hari Kamis, apakah pahala puasa Senin-Kamis otomatis kita dapatkan?
  • Inilah Keutamaan-keutamaan Puasa Arafah, Yuk Amalkan!
    Hikmah
    Kamis, 22 Juni 2023 - 16:17 WIB
    Di antara ibadah sunnah yang dianjurkan serta paling utama di bulan Dzulhijjah ini adalah puasa Arafah. Yang dimaksud dengan puasa Arafah adalah puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah.