Topik Terkait: Marhaban Ya Ramadhan

  • Marhaban Yaa Ramadhan! Pintu Surga Dibuka dan Pahala Dilipatgandakan
    Tausyiah
    Senin, 12 April 2021 - 08:35 WIB
    Marhaban Yaa Ramadhan, selamat datang wahai bulan Ramadhan. Bulan yang dinanti-nanti umat Islam karena di dalamnya bertabur rahmat Allah, ampunan dan pahala berlipatganda.
  • Arti Marhaban Ya Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:07 WIB
    Kalimat Marhaban Ya Ramadhan bisa diartikan sebagai ucapan selamat datang bagi bulan Ramadhan. Namun, agar lebih jelas sebaiknya simak ulasan singkat berikut ini.
  • Marhaban ya Ramadan: Mengapa bukan Ahlan wa Sahlan? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 11 Maret 2024 - 16:28 WIB
    Walaupun keduanya berarti selamat datang tetapi penggunaannya berbeda. Para ulama tidak menggunakan ahlan wa sahlan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan, melainkan marhaban ya Ramadhan.
  • Sejarah Puasa: Rahasia Dipilihnya Bulan Ramadhan sebagai Waktu Berpuasa
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:24 WIB
    Ada kriteria yang telah terpenuhi oleh Ramadhan, sehingga bulan ini dipilih menjadi momen umat Islam berpuasa. Di bulan ini, turun Al-Quran, dasar agama Islam sekaligus mukjizat paling agung.
  • Ini Mengapa Ulama Lebih Memilih Kalimat Marhaban Ya Ramadan, Bukan Ahlan wa Sahlan
    Hikmah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 11:12 WIB
    Mengapa ulama lebih memilih kalimat marhaban ya Ramadan ketimbang, misalnya, ahlan wa sahlan dalam menyambut bulan suci Ramadan. Padahal kedua kalimat itu bermaksa sama: selamat datang
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Marhaban Ya Ramadan, Ini Rahasia dan Keutamaan Puasa
    Hikmah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 04:05 WIB
    Marhaban Ya Ramadan, selamat datang bulan mulia bertabur pahala dan keberkahan. Ramadan begitu istimewa karena banyak rahasia dan keutamaan yang tidak dimiliki bulan lainnya.
  • Ramadhan, Bulan Memperbanyak Silaturahim
    Tausiyah
    Minggu, 26 Mei 2019 - 21:04 WIB
    Qur&rsquoan surat An-Nisa ayat 36 di atas juga menganjurkan manusia untuk menjalin ikatan silaturahim antarsesama.
  • Kumpulan Hadis Seputar Bulan Ramadhan (3)
    Tips
    Kamis, 23 April 2020 - 10:00 WIB
    Berikut kumpulan Hadis Nabi seputar bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan bisa menyemangati kita menghidupkan bulan suci Ramadhan.
  • Sambut Bulan Ramadhan dengan Agenda Terbaik
    Muslimah
    Rabu, 07 April 2021 - 08:15 WIB
    Bulan suci Ramadhan segera tiba. Ibarat menyambut tamu agung, sebagai muslim tentu kita perlu membuat agenda kegiatan yang akan dilaksanakan. Semua harus tampil maksimal sesempurna mungkin.
  • 55 Hari Menuju Ramadhan, Ini 3 Hal yang Harus Kamu Siapkan
    Tausyiah
    Minggu, 06 Februari 2022 - 21:50 WIB
    Ramadhan adalah bulan yang selalu dirindukan umat Islam di dunia. Tidak terasa bulan suci Ramadhan tahun ini tinggal 55 hari lagi. Berikut 3 hal yang harus kamu siapkan.
  • Bulan Ramadhan, Kebangkitan Bagi Peradaban Islam
    Hikmah
    Jum'at, 11 Mei 2018 - 17:29 WIB
    Masa itu dunia dalam kegelapan. Hukum yang berlaku hanyalah hukum rimba. Siapa yang kuat dialah yang berkuasa. Siapa yang lemah dialah yang tertindas.
  • Ramadhan Bulan Kebaikan
    Tausyiah
    Rabu, 21 April 2021 - 11:06 WIB
    Bulan Ramadhan kembali hadir dan Allah SWT kembali pertemukan kita dengan bulan suci Ramadhan. Pertemuan dengan bulan Ramadhan merupakan rahmat yang amat besar
  • Ramadhan, Bulan Bertabur Pahala yang Dikhususkan untuk Umat Nabi Muhammad
    Tausyiah
    Senin, 05 April 2021 - 05:00 WIB
    Tidak lama lagi bulan suci Ramadhan akan datang menghampiri kita. Bulan yang sangat agung sehingga Nabi Muhammad mengatakan Ramadhan adalah penghulu dari seluruh bulan.
  • 9 Nama Julukan Ramadhan yang Tidak Dimiliki Bulan Lain
    Tausyiah
    Minggu, 03 April 2022 - 22:54 WIB
    Banyaknya nama atau julukan menunjukkan sesuatu itu mulia dan agung. Sedikitnya ada 9 (sembilan) nama julukan Ramadhan yang tidak dimiliki bulan lain.
  • Mengapa Bulan Ramadhan Wajib Disambut dengan Gembira? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 20 Maret 2022 - 16:11 WIB
    Bukanlah termasuk orang yang beriman jika datangnya Bulan Ramadhan disambut dengan bersedih hati. Ibarat kerabat dekat atau sahabat yang hendak berkunjung ke rumah, maka harus disambut dengan gembira dan antusias.
  • Hari ke-10 Ramadhan! Jangan Cemaskan Rezeki, Khawatirkanlah Amalanmu
    Tausyiah
    Kamis, 22 April 2021 - 18:25 WIB
    Tak terasa kita sudah memasuki hari ke-10 puasa Ramadhan bertepatan dengan Kamis (22/4/2021). Dalam satu riwayat disebutkan keutamaan 10 hari pertama Ramadhan merupakan turunnya rahmat Allah.
  • Satu-satunya Amalan di Bulan Ramadhan Bertabur Pahala
    Tips
    Kamis, 07 April 2022 - 23:55 WIB
    Di bulan suci Ramadhan ini ada satu amalan bertabur pahala bagi yang mengamalkannya. Ibadah ini mendatangkan pahala berlipat-lipat bagi yang mengamalkannya.
  • Hari Pertama Ramadhan, Meja Makan Jadi Hijau dan Putih di Palestina
    Dunia Islam
    Minggu, 03 April 2022 - 05:20 WIB
    Di Palestina ada tradisi yang terkait buka puasa pertama bulan ini, yaitu menyajikan hidangan yang didominasi warna hijau atau putih.
  • Ini yang Harus Disiapkan Muslimah Menjelang Memasuki Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 18 Maret 2022 - 15:53 WIB
    Menjelang bulan Ramadhan, kaum muslimah biasanya mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar di bulan mulia tersebut. Sehingga tidak hanya niat saja yang dibutuhkan, namun perlu persiapan dan bekal lainnya.
  • Ramadhan, Momentum Jihad Melawan Nafsu dan Ego Diri
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 07:00 WIB
    Jihad menjadi sebuah tema umum yang sering disalahpahami dan disalahgunakan untuk kepentingan dan syahwat kekuasaan politk-ekonomi kelompok tertentu.