Topik Terkait: Masjid Raya Kh Hasyim ASyari

  • KH Hasyim Asyari: Sholat Rebo Wekasan Tidak Ada Dasarnya Dalam Syariat
    Tausyiah
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 13:03 WIB
    Pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asyari, melarang ulama mengeluarkan fatwa mengajak dan melakukan sholat Rebo Wekasan. Shalat tersebut tidak ada dasarnya dalam syariat, tegasnya.
  • KH Hasyim Asyari: Perbedaan dalam Furu Sudah Terjadi Sejak Era Sahabat Nabi SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Februari 2023 - 14:46 WIB
    Kiai Haji Muhammad Hasyim Asyari mengatakan perbedaan dalam furu (makalah rincian) sudah terjadi sejak zaman para sahabat Nabi SAW, juga pada para pendiri mazhab.
  • Salat Rebo Wekasan Amalan Sufi  yang Tidak Ada Dasar Hukumnya, Begini Penjelasan KH Hasyim Asyari
    Tausyiah
    Selasa, 12 September 2023 - 17:00 WIB
    KH Hasyim Asyari melarang ulama mengeluarkan fatwa mengajak dan melakukan salat Rebo Wekasan. Beliau menegaskan bahwa salat Rebo Wekasan tidak ada dasarnya dalam syariat.
  • 8 Syarat Orang yang Ingin Menjalankan Tarekat Menurut KH Hasyim Asyari
    Tausyiah
    Rabu, 18 Januari 2023 - 18:23 WIB
    KH Muhammad Hasyim Asyari menyebut ada delapan syarat yang harus dipenuhi oleh orang yang bakal menjalankan thariqat. Salah satunya harus mempunyai tujuan yang benar.
  • Kaum Sufi Amalkan Sholat Rebo Wekasan, KH Hasyim Asyari: Tak Ada Dasarnya dalam Syariat
    Tausyiah
    Rabu, 21 September 2022 - 15:13 WIB
    Kaum sufi konon mengamalkan sholat Rebo Wekasan untuk menolak bala. Sementara itu, KH Hasyim Asyari menegaskan bahwa sholat Rebo Wekasan tidak ada dasarnya dalam syariat.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Kiai Hasyim Memanggil Kiai Dahlan dengan Panggilan Mas...
    Dunia Islam
    Selasa, 15 Juni 2021 - 16:08 WIB
    Kiai Hasyim memanggil Kiai Dahlan dengan panggilan Mas (kakak), sebaliknya Kiai Dahlan memanggil Kiai Hasyim dengan panggilan Adi (adik). Dua tahun belajar dengan Kiai Saleh Darat, keduanya pun akhirnya berpisah.
  • Resolusi Jihad KH. Hasyim Asyari, Fardhu Ain Perangi Penjajah dalam Radius 94 KM
    Dunia Islam
    Sabtu, 21 Oktober 2023 - 15:56 WIB
    Istilah Resolusi Jihad memiliki makna menarik dalam sejarah bangsa Indonesia. Melihat ke belakang, gerakan tersebut dulunya diserukan oleh K.H. Hasyim Asyari.
  • Besok Jumat, Rektor UIM Makassar Prof KH Muammar Bakry Jadi Khatib di Masjid Istiqlal
    Dunia Islam
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 22:41 WIB
    Besok Jumat 15 Shafar 1445 Hijriyah bertepatan 1 September 2023, Prof Dr KH Muammar Bakry Lc MAg akan mengisi khutbah Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta.
  • Argumen Kalam Asyari Berkenaan dengan Penciptaan Alam Raya
    Hikmah
    Minggu, 12 Maret 2023 - 09:50 WIB
    Menurut al-Alousi, ada enam argumen yang digunakan para tokoh Ilmu Kalam untuk membuktikan tidak abadinya alam raya. Salah satunya argumen pengalaman. Berikut penjelasannya.
  • Masjid-Masjid Tersembunyi di Kota Bordeaux Prancis
    Dunia Islam
    Rabu, 21 Juni 2023 - 09:36 WIB
    Hanya ada enam masjid di konurbasi Bordeaux, yang dapat menampung total kurang dari 6.000 orang. Masjid-masjid itu tersembunyi. Padahal di sini telah menjadi rumah bagi lebih dari 50.000 umat Islam.
  • Buya Arrazy Hasyim: 2 Tanda Matinya Qalbu
    Tausyiah
    Rabu, 29 Desember 2021 - 20:40 WIB
    Dai yang juga pakar Hadis asal Sumatera Barat Dr Buya Arrazy Hasyim menyebutkan ada dua tanda matinya qalbu (hati) manusia. Berikut tausiyahnya.
  • Sambut Bulan Puasa, Masjid Istiqlal Usung Tema Ramadankan Masjid
    Dunia Islam
    Senin, 11 Maret 2024 - 22:43 WIB
    Masjid Istiqlal mengusung tema Ramadhankan Masjid pada bulan Ramadan 1445 H. Tema itu diharapkan agar para jemaah bisa mencari solusi atas masalah hidup di rumah ibadah masjid.
  • Hati-hati Nuduh Bidah, Simak Pesan Ustaz Arrazy Hasyim Berikut
    Tausyiah
    Senin, 21 Juni 2021 - 18:23 WIB
    Saat mengisi kajian di Masjid Al-Isra, Ciledug, Tangerang baru-baru ini, Ustaz Arrazy Hasyim mengingatkan umat muslim agar tidak gampang menuduh bidah kepada muslim lainnya.
  • Doa Masuk dan Keluar Masjid Lengkap Arab dan Artinya
    Tips
    Rabu, 08 Juni 2022 - 23:38 WIB
    Setiap memulai aktivitas, umat muslim dianjurkan berdoa sebagaimana diajarkan oleh Nabi Muhammad. Salah satunya berdoa ketika memasuki masjid maupun saat keluar.
  • Keistimewaan Masjid Quba: Allah yang Langsung Memuji Masjid ini, Mengapa?
    Dunia Islam
    Rabu, 13 Juli 2022 - 12:33 WIB
    Keistimewaan Masjid Quba tampak dari pujian langsung dari Allah Subhanahu wa Taala yang diberikan atas masjid ini Dan orang yang sholat di dalamnya.
  • Pembangunan Masjid Indonesia Pertama di Inggris, Panitia Dapat Komitmen Wakaf Rp5 Miliar
    Dunia Islam
    Senin, 10 Januari 2022 - 05:50 WIB
    Panitia pembangunan masjid Indonesia di Inggris, Indonesian Islamic Centre (IIC) London, menerima komitmen wakaf sekitar Rp5 miliar.
  • Mengenal Masjid Al Muttaqin, Masjid Tertua Berusia Hampir 4 Abad di Kota Manado
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 10:05 WIB
    Masjid Al-Muttaqin merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Kota Manado, Sulawesi Utara. Usianya mencapai hampir 4 abad, karena dibangun sekitar tahun 1775 masehi
  • Dubai Bangun Masjid Cetak 3D Pertama di Dunia
    Dunia Islam
    Senin, 23 Januari 2023 - 17:35 WIB
    Dubai berencana membangun masjid cetak 3D pertama di dunia yang akan siap pada awal 2025.
  • Tak Harus di Masjid, Kang Babas: Nabi Yusuf Saja Terima Wahyu di Penjara
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 15:48 WIB
    Sayyidah Rabiah al-Adawiyah juga bermunajat di kamar. Nabi Yusuf mendapatkan wahyu ketika berada di penjara dan Nabi Musa ketika berada di gunung.
  • KH Cholil Nafis Hilangkan Penat dengan Kesibukan di Pesantren
    Dunia Islam
    Kamis, 20 April 2023 - 20:02 WIB
    Beginilah cara KH Cholil Nafis, Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) hilangkan penat dengan kesibukan di Pondok Pesantren.