Kumpulan Artikel: Kisah Nabi Dan Rasul (halaman 13)

  • Unta Nabi Shaleh: Badannya Terbuat dari Emas dan Kakinya dari Perak
    Hikmah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 03:17 WIB
    Raja itu berkata keluarkanlah kepada kami dari batu itu unta yang memiliki daging, tulang, kulit, dan bulu, mempunyai punuk yang besar sebesar kubah...
  • Kisah Rasulullah dan Perempuan Tua yang Membenci Beliau
    Hikmah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 22:50 WIB
    Allah memuji Rasulullah SAW karena akhlaknya yang sangat agung sebagaimana diabadikan dalam Al-Quran: Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang luhur.
  • Anak-anak Nabi Adam: Qobil Mati Saat Jadi Tawanan Perang
    Hikmah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 03:03 WIB
    Kalah perang, Qabil ditawan oleh Syits. Dia ditahan di tempat yang panas sampai meninggal. Anak-anak Qabil bermaksud menguburkannya tapi Iblis melarang.
  • Tahun Musibah: Habil Terbunuh, Qabil Kawin Lari Dengan Iqlima
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 15:15 WIB
    Setelah Adam merasa yakin anaknya telah terbunuh, dia menangis. Begitu juga Hawa. Mereka berteriak. Dan tahun itu menjadi tahun musibah bagi anak-anak mereka.
  • Setelah 500 Tahun Berpisah, Adam dan Hawa Berjumpa di Arafah
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 02:56 WIB
    Allah mewahyukan kepada Adam: Pindahlah dari negeri Hindi ke Makkah, thawaf-lah di sekitar tempat Baitullah dan mintalah pengampunan dari-Ku, tentu Aku akan mengampuni.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Jibril Mengajari Adam Bertani dan Mengolah Gandum Menjadi Roti
  • Diusir dari Surga, Adam Diturunkan ke India, Hawa ke Jeddah
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 02:54 WIB
  • Adam  dan Hawa Terpedaya Karena Ingin Hidup Kekal di Surga
    Hikmah
    Senin, 04 Mei 2020 - 17:14 WIB
    Adam menyangka tidak akan ada satu pun yang berani bersumpah bohong atas nama Allah dan dia menyangka bahwa si Iblis termasuk yang memberikan nasehat.
  • Menolak Sujud Kepada Adam, Malaikat  Azazil Jadi Setan Terkutuk
    Hikmah
    Senin, 04 Mei 2020 - 02:32 WIB
    Ketika itu, bentuk Iblis berubah, dia menjadi setan yang terkutuk. Sebelumnya dia bernama Azazil dan merupakan salah satu di antara malaikat yang terpandang.
  • Proses Ruh Masuk Dalam Tubuh Adam, Pusar Tanda Pukulan Iblis
    Hikmah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 14:55 WIB
    Setelah ruh masuk ke dalam otak Adam, di sana ia berputar-putar selama 100 tahun, kemudian ia turun pada kedua mata Adam, dan akibatnya keduanya bisa melihat.
  • Proses Penciptaan Adam, Izrail Dapat Tugas Baru: Pencabut Nyawa
    Hikmah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 03:16 WIB
    Allah berfirman kepada malaikat Izrail: engkau Aku jadikan sebagai Malakul Maut dan pencabut ruh makhluk. Sebelum ini tidak ada malaikat yang bertugas seperti itu.
  • Nabi Idris Serahkan Tugas Kenabian Kepada Anak Cucunya
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 17:24 WIB
    Nabi Idris naik ke langit, yang menyerahkan urusannya Matusyilakh. Setelah Matusyilakh meninggal, tabut dan suhuf diserahkan kepada anaknya, Lamik.
  • Ketika Dua Malaikat Diberi Syahwat, Mereka Lebih Buruk Dibanding Manusia
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 04:30 WIB
    Allah memerintahkan mereka memilih dua malaikat untuk kemudian diturunkan ke bumi. Mereka berdua diberi syahwat, seperti yang diberikan kepada anak-anak Adam.
  • Nabi Idris Naik ke Langit, Plesir ke Surga, dan Enggan Kembali
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 04:20 WIB
    Nabi Idris meminta kepada Allah agar diperlihatkan surga seperti Dia telah memperlihatkan neraka. Lalu Allah memerintahkan Ridwan menurunkan sebuah tangkai dari surga.
  • Nabi Idris Trauma Setelah Plesir ke Neraka Jahanam
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 17:22 WIB
    Allah mengizinkan malaikat maut untuk melakukan perjalanan itu. Maka, dibawalah Nabi Idris oleh Malaikat Maut datang ke malaikat penjaga neraka.
  • Kisah Nabi Idris, Orang yang Pertama Kali Mengerti Ilmu Nujum
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 16:46 WIB
    Nabi Idris patut berjuluk sang pelopor. Beliau orang pertama kali yang menulis dengan pena. Pertama yang menulis suhuf. Beliau orang pertama ahli ilmu nujum.
  • Nabi Yakub, Mengabdi 14 Tahun Agar Bisa Menyunting  Sang Kekasih
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 04:30 WIB
    Tujuh tahun berlalu. Akan tetapi, Laban memberi tahu Yaqub bahwa adat istiadat di sana tidak boleh seorang adik mendahului nikah sebelum kakaknya.
  • Jadi Makhluk yang Terjelek, Kutukan Nabi Nuh Kepada Keturunan Yafits
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 03:48 WIB
    Nabi Nuh mengutuk keturunan anak ketiganya: Ya Allah, jadikanlah keturunan Yafits sebagai makhluk yang terjelek. Keturunannya adalah Yajuj dan Majuj.
  • Doa Nabi Nuh, Keturunan Sam Menjadi Nabi dan Raja
    Hikmah
    Rabu, 29 April 2020 - 17:34 WIB
    Nabi Nuh meletakkan kedua tangannya kepada Sam dan berdoa Ya Allah, berkatilah Sam beserta keturunannya, dan jadikanlah di antara keturunannya kenabian dan kerajaan.
  • Hitam dan Jadi Budak, Doa Nabi Nuh untuk Keturunan Ham
    Hikmah
    Rabu, 29 April 2020 - 17:32 WIB
    Selanjutnya Nabi Nuh memanggil Ham. Tidak seperti Sam, anak kedua ini tidak menyambut panggilan ayahnya. Akhirnya, Nabi Nuh mengutuk dalam doanya.