Kumpulan Artikel: Alquran (halaman 34)

  • Turunnya Ayat-Ayat Al-Quran Sejalan dengan Pertimbangan Dakwah
    Tausyiah
    Senin, 27 Maret 2023 - 11:51 WIB
    Turunnya ayat-ayat Al-Quran sejalan dengan pertimbangan dakwah yakni turun sedikit demi sedikit bergantung pada kebutuhan dan hajat, hingga mana kala dakwah telah menyeluruh, orang-orang berbondong-bondong memeluk Islam.
  • 3 Periode Turunnya Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 27 Maret 2023 - 04:00 WIB
    Ramadan adalah bulan tilawah dan tadarus Al-Quran, karena di bulan suci ini pula kitab suci umat Islam ini diturunkan. Lalu, bagaimana sejatinya sejarah turun dan tujuan pokok Al-Quran tersebut?
  • Haruskah Mengkhatamkan Al-Quran di Bulan Ramadan?
    Tausyiah
    Minggu, 26 Maret 2023 - 16:41 WIB
    Salah satu amalan di bulan Ramadan yang banyak dilakukan umat Islam adalah tadarus atau membaca kitab suci Al-Quran dengan harapan meraih pahala yang berlimpah.
  • UYM Berkomitmen Ciptakan Penghafal Quran Melalui Rumah Tahfidz PPPA Daarul Qur’an
    Dunia Islam
    Minggu, 26 Maret 2023 - 10:59 WIB
    Ustaz Yusuf Mansur atau dikenal UYM terus membangun generasi penerus bangsa agar menjadi generasi yang cinta dan hafal Quran.
  • Yayasan Muslim Sinarmas Bersinergi dengan ICMI Wakafkan 2.000 Mushaf Alquran
    Dunia Islam
    Minggu, 26 Maret 2023 - 10:08 WIB
    Alquran merupakan kitab suci umat Islam dan sangat dibutuhkan, apalagi di bulan suci Ramadan. Bertadarus Alquran sambil memaknai arti dan makna dari isi itu.
  • 3 Aspek dalam Al-Quran sebagai Bukti Kebenaran Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 03:06 WIB
    Paling tidak ada tiga aspek dalam Al-Quran yang dapat menjadi bukti kebenaran Nabi Muhammad SAW, sekaligus menjadi bukti bahwa seluruh informasi atau petunjuk yang disampaikannya adalah benar bersumber dari Allah SWT.
  • Bukti Kebenaran Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 17:52 WIB
    Al-Quran mempunyai sekian banyak fungsi. Di antaranya adalah menjadi bukti kebenaran Nabi Muhammad SAW. Bukti kebenaran tersebut dikemukakan dalam tantangan yang sifatnya bertahap.
  • Kisah Rumitnya Penulisan Mushaf Al-Quran di Era Abu Bakar Ash-Shiddiq
    Tausyiah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 08:10 WIB
    Abu Bakar memberi petunjuk agar tim tidak menerima satu naskah kecuali yang memenuhi dua syarat: Pertama, harus sesuai dengan hafalan para sahabat. Kedua, tulisan tersebut ditulis atas perintah dan di hadapan Nabi SAW.
  • Quraish Shihab: Al-Quran Sendiri Membuktikan Keotentikannya
    Tausyiah
    Rabu, 22 Maret 2023 - 17:48 WIB
    Al-Quran Al-Karim memperkenalkan dirinya dengan berbagai ciri dan sifat. Salah satu di antaranya adalah bahwa ia merupakan kitab yang keotentikannya dijamin oleh Allah, dan ia adalah kitab yang selalu dipelihara.
  • 7 Bukti Sejarah tentang Keotentikan Al-Quran
    Tausyiah
    Rabu, 22 Maret 2023 - 17:39 WIB
    Al-Quran Al-Karim turun dalam masa sekitar 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari. Abdul Azhim Al-Zarqaniy menyatakan ada beberapa faktor pendukung bagi pembuktian otentisitas Al-Quran.
  • Benarkah Kewajiban Puasa Ramadan Langsung Sebulan Penuh?
    Tausyiah
    Selasa, 21 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Apakah kewajiban itu langsung ditetapkan oleh Al-Quran selama sebutan penuh, ataukah bertahap? Sikap Al-Quran seringkali memang melakukan penahapan dalam perintah-perintahnya.
  • Ayat-Ayat Kauniyah dalam Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 20 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Al-Quran yang terdiri atas 6.236 ayat menguraikan berbagai persoalan hidup dan kehidupan, antara lain menyangkut alam raya dan fenomenanya. Uraian sekitar persoalan tersebut sering disebut ayat-ayat kauniyah.
  • Kisah Sebuah Teladan Ali bin Abi Thalib yang Mencintai Ukhuwah
    Hikmah
    Sabtu, 18 Maret 2023 - 19:48 WIB
    Tidak ada khalifah yang paling mencintai ukhuwwah, ketika orang berusaha menghancurkannya, seperti Ali ibn Abi Thalib. Baru saja dia memegang tampuk pemerintahan, beberapa orang tokoh sahabat melakukan pemberontakan.
  • Istilah Manusia, Produksi dan Reproduksi dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 09:05 WIB
    Dari sisi lain diamati bahwa banyak ayat-ayat Al-Quran yang menggunakan kata basyar yang mengisyaratkan bahwa proses kejadian manusia sebagai basyar, melalui tahap-tahap sehingga mencapai tahap kedewasaan.
  • Ini Mengapa Ulama Lebih Memilih Kalimat Marhaban Ya Ramadan, Bukan Ahlan wa Sahlan
    Hikmah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 11:12 WIB
    Mengapa ulama lebih memilih kalimat marhaban ya Ramadan ketimbang, misalnya, ahlan wa sahlan dalam menyambut bulan suci Ramadan. Padahal kedua kalimat itu bermaksa sama: selamat datang
  • Keutamaan Tadarus Al-Quran Berjamaah di Malam Ramadan
    Tausyiah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 05:10 WIB
    Tadarus Al-Quran pada malam-malam Ramadan sudah menjadi tradisi bagi muslim di Indonesia. Tadarus Al-Quran ini memiliki keutamaan apalagi dilakukan secara berjamaah.
  • Ini Mengapa Cara Suksesi yang Dilakukan oleh 4 Khalifah Berbeda-beda
    Hikmah
    Rabu, 15 Maret 2023 - 09:16 WIB
    Muncul dugaan, Al-Quran tidak memberikan perhatian yang cukup terhadap persoalan musyawarah. Nabi Muhammad SAW pun dalam banyak hal menjabarkan petunjuk-petunjuk umum Al-Quran, tidak meletakkan rinciannya.
  • 5 Konsep Kisah Al-Quran dalam Meningkatkan Spiritual Anak
    Tausyiah
    Selasa, 14 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Setidaknya ada 5 konsep kisah al-Quran dalam meningkatkan spiritual anak, yakni konsep irsyad, konsep dialogis, konsep hikmah dan itibar, konsep dzikra, konsep takhwif dan tahdzir.
  • Makna Ummatan Wasatha Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 13 Maret 2023 - 10:24 WIB
    Menurut Quraish Shihab, mulanya, kata wasath berarti segala yang baik sesuai dengan obyeknya. Sesuatu yang baik berada pada posisi di antara dua ekstrem.
  • Agama Islam dalam Kehidupan Modern Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Maret 2023 - 17:13 WIB
    Puncak dari prinsip itu adalah tauhid. Di sekelilingnya beredar unit-unit bagaikan planet-planet tata surya yang beredar di sekeliling matahari, yang tidak dapat melepaskan diri dari orbitnya.