Topik Terkait: Nikmat Berpuasa

  • Doa Berlindung dari Hilangnya Nikmat dan Kesehatan
    Tausyiah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 22:09 WIB
    Rasulullah SAW mengajarkan sebuah doa indah agar terlindung dari hilangnya nikmat dan kesehatan. Doa ini juga sangat baik dibaca agar kita dilindungi dari murkanya Allah.
  • Menceritakan Nikmat kepada Orang Lain (2): Hukumnya Boleh Tapi Dibenci Jika Berbangga
    Tausyiah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 23:12 WIB
    Bagaimana sebenarnya hukum menceritakan nikmat kepada orang lain? Bolehkah atau dilarang? Mari simak penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq berikut.
  • Kisah Majusi Dapat Hidayah karena Hormati Orang Berpuasa
    Hikmah
    Sabtu, 15 April 2023 - 03:10 WIB
    Dikisahkan, seorang Majusi mendapat hidayah Islam sebelum wafatnya karena menghormati orang berpuasa di bulan suci Ramadan. Simak kisahnya berikut ini.
  • Bau Mulut Orang Berpuasa Lebih Wangi dari Kasturi, Ada 2 Alasannya
    Tausyiah
    Senin, 19 April 2021 - 14:31 WIB
    Bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah dari minyak kasturi. Padahal ketika dicium orang lain sangat tidak mengenakkan. Kenapa bisa demikian?
  • Peristiwa di Alam Barzakh,  Azab atau Nikmat Kubur?
    Muslimah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 08:08 WIB
    Allh Azza wa Jalla memberikan pemberitaan umum kepada seluruh makhluk, bahwa setiap jiwa akan merasakan kematian. Hanya Allh Yang Maha Hidup, tidak akan mati.
  • Rasa Bahagia Saat Berpuasa yang Jarang Disadari
    Hikmah
    Minggu, 09 April 2023 - 03:04 WIB
    Ada kebahagiaan yang dimiliki orang yang tengah berpuasa apalagi di bulan Ramadan, sayangnya kebahagiaan tersebut seringkali diabaikan
  • Apakah Nikmat dan Siksa Kubur Diterima Ruh atau Jasad? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 14 Mei 2024 - 12:31 WIB
    Di alam kubur ( barzakh ), setiap insan yang meninggal akan mengalami kenikmatan dan siksaan atas segala amal perbuatannya di dunia. Lantas, apakah siksaan dan kenikmatan di alam kubur itu menimpa ruh dan jasad?
  • Diwajibkan Atas Kamu Berpuasa, Siapa yang Mewajibkan?
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 16:24 WIB
    Redaksi diwajibkan atas kamu puasa, boleh jadi ini mengisyaratkan bahwa seandainya pun bukan Allah yang mewajibkan puasa, maka manusia akan mewajibkannya atas dirinya sendiri.
  • Menceritakan Nikmat kepada Orang Lain (1): Bentuk Syukur Atau Pamer?
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 14:14 WIB
    Allah memerintahkan hamba-Nya untuk senantiasa bersyukur dan mengagungkan nikmat yang dikaruniakan-Nya. Apakah menceritakan nikmat bentuk syukur atau pamer? Simak penjelasannya.
  • 5 Nikmat yang Didapat Ketika Sakit, Nomor 1 Diampuni Dosa-dosanya
    Tips
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 17:25 WIB
    Bagi seorang muslim, ketika diberi ujian sakit sebenarnya merupakan kenikmatan yang memiliki keutamaan. Kenapa demikian? Karena ternyata banyak keutamaan dari sakit yang tengah diderita itu sebagai karunia Allah Subhanahu wa taala.
  • Hati-hati, Penyakit Hati Bisa Menyebabkan Kufur Nikmat
    Muslimah
    Selasa, 01 Juni 2021 - 21:29 WIB
    Penyakit hati harus diwaspadai setiap muslim, karena kotoran hati akan menjadikan seseorang kufur nikmat dan mendatangkan azab Allah Subhanahu wa Taala. Kenapa penyakit ini selalu menghinggapi manusia?
  • 3 Anugerah Nikmat Allah Taala yang Tak Terhitung di Dalam Rumah
    Muslimah
    Senin, 27 Desember 2021 - 11:08 WIB
    Senang dan betah tinggal di dalam rumah, ternyata memiliki kebaikan dan anugerah luar biasa bagi seorang muslim. Rasulullah pernah menggambarkan betapa bahagianya orang seperti itu.
  • 2 Kegembiraan Orang Berpuasa, Salah Satunya Ketika Berbuka
    Tausyiah
    Senin, 27 Maret 2023 - 18:17 WIB
    Kedudukan orang yang berpuasa sangat mulia di sisi Allah. Selain mendapat ganjaran langsung dari Allah, orang yang berpuasa mendapat dua kegembiraan.
  • Bolehkah Menceritakan Nikmat kepada Orang Lain?
    Hikmah
    Kamis, 02 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Bolehkah menceritakan nikmat kepada orang lain? Betulkan hal itu adalah bentuk syukur atau pamer? Bagaimana Islam memandangnya?
  • Nikmat Allah Taala yang Wajib Disyukuri Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Rabu, 10 Agustus 2022 - 14:32 WIB
    Pada dasarnya segala nikmat yang diperoleh manusia harus disyukurinya. Nikmat diartikan oleh sementara ulama sebagai segala sesuatu yang berlebih dari modal Anda.
  • 2 Doa Pendek untuk Nikmat Sehat dan Panjang Umur, Yuk Amalkan
    Tips
    Senin, 22 Agustus 2022 - 08:24 WIB
    Salah satu nikmat yang seringkali terabaikan, adalah nikmat sehat. Baru ketika sakit, kita ingat dan berusaha mendekatkan diri kepada Allah.
  • Esensi berpuasa adalah perubahan
    Tausiyah
    Rabu, 24 Juli 2013 - 07:21 WIB
    Allah berfirman, &ldquoHai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orangorang sebelum kamu agar kamu bertakwa&rdquo (QS Al- Baqarah:183).&nbsp Ayat di atas menegaskan bahwa sasaran perintah berpuasa ditujukan pada orang yang beriman. Allah menggunakan kalimat Yaa ayyuhalladzina amanu tidak menggunakan kalimat &ldquoYaa ayyuhannas&rdquo (wahai manusia), bukan juga &ldquoYaa ayyuhal muslimun&rdquo (wahai orang-orang Islam).
  • Menjaga Nikmat Hidayah
    Muslimah
    Kamis, 20 Mei 2021 - 09:11 WIB
    Kata hidayah, banyak sekali disebutkan dalam Al-Quran, baik dalam doa atau disandingkan dengan para Rasul yang dijadikan teladan dalam kehidupan terutama dalam mempertahankan nikmat hidayah ini.
  • 5 Tips Melatih Anak Berpuasa Ramadan Sejak Dini
    Muslimah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 11:17 WIB
    Si kecil ingin belajar puasa Ramadan? Orang tua wajib mendukung dan melatihnya, apalagi bagi anak kecil yang belum mukallaf (baligh) untuk turut beribadah puasa wajib di bulan suci tersebut.
  • Hukum Berpuasa Setelah Tanggal 15 Syaban, Bolehkah?
    Tips
    Kamis, 01 April 2021 - 15:24 WIB
    Pertanyaan ini sering ditanyakan dalam berbagai kajian. Ada hadis riwayat Imam At-Tirmidzi yang menjelaskan bahwa ketika tersisa separuh bulan Syaban (setelah 15 Syaban), janganlah berpuasa.