Topik Terkait: Kirim Gambar Makanan Pada Orang Puasa

  • Bolehkah Mengirim Gambar Makanan dan Minuman pada Orang Berpuasa?
    Tips
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 11:41 WIB
    Pada saat berpuasa seperti sekarang ini, tidak sedikit di antara kita yang sering mengirimkan gambar makanan dan minuman yang menggoda kepada mereka yang sedang berpuasa. Bolehkah melakukannya?
  • Bolehkah Membagikan Foto Makanan Saat Berpuasa?
    Muslimah
    Jum'at, 14 April 2023 - 04:05 WIB
    Membagi atau mengirimkan gambar makanan dan minuman yang menggoda seringkali kita lakukan. Berbagi sekadar bercanda atau pemberitahuan semata. Di saat puasa seperti ini, bolehkan melakukan hal itu?
  • Hukum Puasa Orang yang Sakit Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Minggu, 02 April 2023 - 17:37 WIB
    Sakit yang membolehkan berbuka adalah sakit yang menyebabkan si penderita tidak mampu lagi untuk melaksanakan puasa atau bila ia berpuasa justru memperparah kondisinya.
  • 2 Kegembiraan Orang Berpuasa, Salah Satunya Ketika Berbuka
    Tausyiah
    Senin, 27 Maret 2023 - 18:17 WIB
    Kedudukan orang yang berpuasa sangat mulia di sisi Allah. Selain mendapat ganjaran langsung dari Allah, orang yang berpuasa mendapat dua kegembiraan.
  • Fidyah dan Seputar Hukum Puasa bagi Orang yang Sakit
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 17:21 WIB
    Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Bagi orang-orang yang beriman, puasa adalah wajib. Lalu bagaimana bila dalam kondisi sakit? Bolehkah fidiyah dibayar dengan uang?
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Bolehkah Mengqadha Puasa Ramadhan Sekaligus Puasa Arafah?
    Muslimah
    Minggu, 18 Juli 2021 - 16:34 WIB
    Sebagai muslimah ternyata masih memiliki utang puasa Ramadhan, dan harus mengqadhanya. Bagaimana hukumnya melaksanakan puasa qadha Ramadhan ini bertepatan dengan waktu puasa Arafah?
  • Al-Ghazali: Makanan yang Baik Fondasi Utama Perjalanan Suatu Golongan
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 08:48 WIB
    Makanan yang baik menjadi fondasi utama bagi perjalanan suatu golongan. Jika pun ada seorang hamba mendirikan sholat laksana sholatnya budak, hal itu tak akan berguna selama dia tidak mengetahui apa yang masuk ke dalam perutnya
  • Tidak Puasa bagi Para Pekerja Keras
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 10:02 WIB
    Umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa Ramadan, lalu bagaimana dengan kaum muslim yang meniti karir sebagai atlet sepakbola profesional atau atlet apapun itu terkait dengan kewajiban puasa?
  • Bacaan Niat Puasa Tasua, Puasa pada Hari ke-9 Muharam
    Tips
    Senin, 24 Juli 2023 - 15:03 WIB
    Bacaan niat puasa Tasua atau puasa sunah pada hari ke-9 Muharam penting diketahui umat muslim. Amalan sunah yang sangat dianjurkan pada bulan Muharam ini berdasarkan hadis Nabi SAW dari riwayat Imam Ahmad
  • Puasa Syawal, Pahalanya Seperti Puasa Setahun Penuh
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 08:00 WIB
    Puasa Syawal adalah puasa 6 hari di bulan Syawal. Puasa ini hukukmnya sunnah. Puasa Syawal biasanya dilakukan segera setelah hari raya Idul Fitri.
  • Cara Mengenalkan Puasa Ramadan pada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 13:45 WIB
    Cara mengenalkan puasa Ramadan pada anak penting dipahami oleh para orang tua, terutama pasangan keluarga muslim yang masih memiliki anak usia dini atau anak yang belum baligh.
  • Cara Kirim Doa Yasin untuk Orang Meninggal
    Tips
    Selasa, 05 Desember 2023 - 19:39 WIB
    Cara mengirim doa Yasin untuk orang meninggal termasuk amalan yang dianjurkan dalam Islam. Berikut tata tacaranya beserta bacaannya.
  • Fadhilah Puasa Ramadhan yang Wajib Diketahui Seorang Muslim
    Tips
    Rabu, 30 Maret 2022 - 09:00 WIB
    Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat islam, begitupun dengan ibadah puasa yang ditunaikan di bulan suci tersebut. Karena keistimewaannya, puasa Ramadhan juga memiliki beberapa fadhilah atau keutamaan yang luar biasa.
  • Bau Mulut Orang Berpuasa Lebih Wangi dari Kasturi, Ada 2 Alasannya
    Tausyiah
    Senin, 19 April 2021 - 14:31 WIB
    Bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah dari minyak kasturi. Padahal ketika dicium orang lain sangat tidak mengenakkan. Kenapa bisa demikian?
  • Beda Pendapat Soal Bekam: Membatalkan Puasa atau Tidak?
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 15:34 WIB
  • Berniat Batalkan Puasa, Sahkah Ibadah Puasanya?
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 15:30 WIB
    Setiap muslim perlu mengetahui ilmu fiqih termasuk perkara yang membatalkan puasa Ramadhan. Pertanyaannya, sahkah ibadah puasanya jika berniat membatalkan puasa?
  • Benarkah Olahraga Berenang Bisa Membatalkan Puasa?
    Muslimah
    Minggu, 09 April 2023 - 06:07 WIB
    Menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa sangat dianjurkan dengan tetap rajin berolahraga, salah satu olahraga yang favorit dilakukan adalah berenang. Namun, apakah aktivitas berenang membatalkan puasa?
  • Aspek Hukum Puasa bagi Orang Sakit dan Musafir Berdasarkan Surat Al-Baqarah Ayat 184
    Tausyiah
    Selasa, 21 Maret 2023 - 14:38 WIB
    Sebagian ulama menyatakan bahwa penyakit apa pun yang diderita oleh seseorang, membolehkannya untuk berbuka. Ibnu Sirin, pernah ditemui makan di siang hari bukan Ramadan, dengan alasan jari telunjuknya sakit.
  • 3 Makna Tentang Allah Mengkhususkan Ibadah Puasa Untuk-Nya
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 04:05 WIB
    Berdasar hadis qudsi bahwa puasa mengandung fadhilah dan keistimewaan dibandingkan dengan ibadah lainnya. Allah telah mengkhususkan ibadah puasa ini untuk-Nya.
  • Batas Puasa Syawal 2024 Sampai Kapan?
    Tausyiah
    Senin, 29 April 2024 - 15:10 WIB
    Batas puasa Syawal tahun 2024 sampai kapan? Pertanyaan ini menjadi penentu kapan berakhirnya waktu melaksanakan puasa sunnah Syawal selama 6 hari tersebut.