Topik Terkait: Ramadhan Bulan Ampunan

  • Dalil-dalil Tentang Ramadan Bulan Penghapusan Dosa
    Hikmah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 10:43 WIB
    Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan ampunan dan bulan penghapusan dosa. Mengapa disebut demikian? Karena bulan Ramadan merupakan bulan di mana Allah Subhanahu wa Taala mengampuni hamba-hambaNya.
  • Yang Merugi di Bulan Ramadhan, Siapa Saja Mereka?
    Muslimah
    Selasa, 20 April 2021 - 07:42 WIB
    Di bulan Ramadhan Allah berikan kepadanya nikmat yang besar, namun dia malah menjadi manusia yang celaka dalam nikmat besar yang Allah berikan kepadanya. Siapakah orang yang merugi ini?
  • Ramadhan, Bulan Kebahagiaan Bagi para Perindu Ampunan
    Tausyiah
    Senin, 27 April 2020 - 23:17 WIB
    Tausiyah Ustaz Salim A Fillah (dai yang juga penulis buku-buku Islami) ini bisa jadi motivasi bagi mereka yang merindukan ampunan di bulan Ramadhan.
  • Inilah Perkara-perkara yang Tidak Diampuni di Bulan Ramadan
    Tausyiah
    Sabtu, 08 April 2023 - 05:15 WIB
    Bulan Ramadan adalah bulan ampunan. Namun, ternyata ada perkara-perkara yang justru tidak akan mendapat ampunan bila dilakukan di bulan Ramadan. Perkara apa saja itu?
  • Keistimewaan dan Kelebihan Sedekah di Bulan Ramadhan
    Tips
    Jum'at, 22 April 2022 - 11:02 WIB
    Sesungguhnya sedekah di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan dan kelebihan. Dan ini haruslah menjadi motivasi seorang muslim menjadi lebih dermawan pula di bulan yang mulia.
  • Mengapa Bulan Ramadhan Wajib Disambut dengan Gembira? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 20 Maret 2022 - 16:11 WIB
    Bukanlah termasuk orang yang beriman jika datangnya Bulan Ramadhan disambut dengan bersedih hati. Ibarat kerabat dekat atau sahabat yang hendak berkunjung ke rumah, maka harus disambut dengan gembira dan antusias.
  • Meraih Ampunan di Fase Sepuluh Kedua Ramadhan
    Tausyiah
    Senin, 04 Mei 2020 - 08:36 WIB
    Bulan Ramadhan memasuki fase 10 hari kedua. Pada fase ini umat muslim seyogianya semakin meningkatkan kualitas ibadah demi mendapatkan keutamaan berupa maghfirah atau ampunan dari Allah SWT.
  • Mereka yang Mendapat Rukhsah Tidak Puasa di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:52 WIB
    Setidaknya ada tiga golongan yang mendapatkan rukhsah atau pengecualian untuk tidak melakukan ibadah puasa Ramadhan. Salah satunya adalah orang yang sedang sakit.
  • Inilah 5 Amalan yang Pahalanya Dilipatgandakan di Bulan Ramadhan
    Tips
    Rabu, 20 April 2022 - 17:01 WIB
    Dalam Islam, keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadhan dijelaskan melalui beragam bentuk, seperti pahala ibadah dilipatgandakan, hingga dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka. .
  • Wafat di Bulan Ramadhan, Benarkah Langsung Masuk Surga?
    Tips
    Minggu, 17 April 2022 - 14:13 WIB
    Ketika ada orang yang meninggal dunia di bulan Ramadhan, sering kali disebut wafat dengan keadaan husnul khatimah dan pasti masuk surga. Benarkah demikian?
  • Arab Saudi Ajak Umat Islam Lihat Bulan Sabit Ramadhan pada Minggu Malam
    Dunia Islam
    Sabtu, 10 April 2021 - 20:01 WIB
    Mahkamah Agung (MA) Arab Saudi mengajak semua Muslim di seluruh negeri untuk melihat bulan sabit bulan suci Ramadhan pada Minggu malam.
  • Puasa Ramadhan Itu Pintu Ampunan
    Tausiyah
    Minggu, 19 Mei 2019 - 03:30 WIB
    Salah satu bentuk misrepresentasi ajaran Islam di dunia Barat umumnya adalah bahwa Islam itu agama kebencian dan kekerasan. Padahal Islam mengajarkan kasih sayang.
  • Niat Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang Dilazimkan Para Ulama
    Tips
    Senin, 12 April 2021 - 09:36 WIB
    Setiap amalan tergantung pada niatnya dan bagi setiap orang apa yang dia niatkan. Berikut niat menyambut bulan suci Ramadhan sebagaimana dilazimkan para sholihin.
  • Bulan Ramadhan, Kebangkitan Bagi Peradaban Islam
    Hikmah
    Jum'at, 11 Mei 2018 - 17:29 WIB
    Masa itu dunia dalam kegelapan. Hukum yang berlaku hanyalah hukum rimba. Siapa yang kuat dialah yang berkuasa. Siapa yang lemah dialah yang tertindas.
  • Mustajabnya Berdoa di 4 Waktu Bulan Ramadhan Ini
    Muslimah
    Rabu, 14 April 2021 - 06:29 WIB
    Di bulan Ramadhan, selain puasa sholat tarawih atau sholat witir, ada amalan yang sangat dianjurkan yakni berdoa. Berdoa di bulan suci ini sangat mustajab, terutama di waktu-waktu mustajab dikabulkan doa oleh subhanahu wa taala. Di waktu kapan saja?
  • Waktu Mustajab Doa di Bulan Ramadhan : Dari Pagi Hingga Pagi Lagi
    Tausyiah
    Sabtu, 02 April 2022 - 17:10 WIB
    Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa, bulan penuh ampunan yang seluruh waktunya adalah mustajab untuk memanjatkan doa kepada allah Subhanahu wa taala.
  • Kunci Meraih Derajat Takwa  di Bulan Ramadhan,  Rajin Baca Al-Quran
    Muslimah
    Sabtu, 17 April 2021 - 05:00 WIB
    Al-Qur-an diturunkan pada bulan Ramadhan, di mana petunjuk dan berbagai pengaruh serta nilainya telah terealisasi di muka bumi ini. Al-Qur-an pun diturunkan sekaligus sebagai norma untuk berpijak.
  • Ramadhan Bulan Kebaikan
    Tausyiah
    Rabu, 21 April 2021 - 11:06 WIB
    Bulan Ramadhan kembali hadir dan Allah SWT kembali pertemukan kita dengan bulan suci Ramadhan. Pertemuan dengan bulan Ramadhan merupakan rahmat yang amat besar
  • 3 Golongan Manusia di Bulan Ramadhan
    Tips
    Minggu, 26 April 2020 - 03:30 WIB
    Mengingat fadhillahnya yang begitu besar, hendaknya umat Islam bertekad menjadikan Ramadhan kali ini lebih baik dari sebelumnya. Ada tiga golongan manusia dalam menyikapi bulan Ramadhan.
  • Berikut Doa Menyambut Bulan Ramadhan
    Tips
    Selasa, 22 Maret 2022 - 20:26 WIB
    Doa menyambut bulan Ramadhan perlu diketahui kaum muslimin. Sekadar mengingatkan, awal Ramadhan tahun ini tinggal beberapa hari lagi insya Allah jatuh 2 April 2022.