Topik Terkait: Jalan Kaki

  • Keutamaan Berjalan Kaki ke Masjid untuk Sholat Jumat, Ini Pahalanya
    Tips
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 09:05 WIB
    Amalan satu ini mungkin sering diremehkan sebagian kaum muslim pada hari Jumat, padahal di dalamnya terdapat fadhilah besar. Amalan yang dimaksud ialah berjalan kaki menuju sholat Jumat.
  • Cara Unik ke Tanah Suci: Dari Jalan Kaki sampai Mengayuh Sepeda
    Dunia Islam
    Selasa, 09 Mei 2023 - 07:55 WIB
    Banyak cara pergi ke Tanah Suci. Hanya saja, di era modern seperti saat ini masih ada saja yang nekad jalan kaki, ada juga yang mengayuh sepeda untuk pergi haji.
  • Benarkah saat Ziarah Kubur harus Membuka Alas Kaki?
    Hikmah
    Selasa, 05 September 2023 - 16:03 WIB
    Salah satu adab yang terlupa ketika berziarah kubur yakni melepas alas kaki ketika di kuburan. Benarkah demikian? Bagaimana sebenarnya hukumnya dalam Islam?
  • Pemakaian Kaos Kaki, Wajibkah bagi Muslimah Sebagai Menutup Aurat?
    Muslimah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 10:15 WIB
    Tentang apakah bagian bawah kaki atau disebut al qadam termasuk batasan aurat juga? Sehingga pemakaian kaus kaki menjadi wajib atau tidak bagi muslimah untuk menutup auratnya ini?
  • Nasehat Bagi Perempuan yang Senang Jalan-jalan ke Pasar
    Muslimah
    Kamis, 19 November 2020 - 14:58 WIB
    Sebenarnya perempuan tidak dilarang untuk keluar dari rumahnya karena ada keperluan yang mendesak. Begitu pula, keluar untuk berbelanja, baik ke pasar maupun ke pusat-pusat perbelanjaan lainnya, namun hal yang diperhatikan syaraiat bagi mereka yang keluar rumah ini.
  • Alawi Akhirnya Sampai ke Tanah Suci: Pergi Haji Jalan Kaki Ditempuh 1 Tahun 17 Hari
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Juni 2023 - 11:54 WIB
    Ia berjalan kaki dari Kerala, India ke Tanah Suci. Impiannya untuk naik haji pun terkabul. Alawi sampai ke Makkah, setelah menempuh jarak 8.640 kilometer, selama satu tahun dan 17 hari.
  • Ibnu Batutah ke Samudera Pasai Kagumi Sultan Mahmud Sholat Jumat Jalan Kaki
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 September 2022 - 11:11 WIB
    Pengembaraan Ibnu Batutah tercatat sepanjang 120.000 kilometer selama 30 tahun, 15 hari di antaranya di Samudera Pasai (kini Aceh). Ia bertemu langsung Sultan Mahmud.
  • Ibnu Batutah Naik Haji: Sempat Menikah 2 Kali saat Perjalanan ke Tanah Suci
    Dunia Islam
    Minggu, 25 September 2022 - 12:55 WIB
    Ibnu Batutah naik haji. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1,5 tahun untuk perjalanan Maroko-Mekkah. Di perjalanan menuju Mekkah itu Ibnu Batutah sempat menikah dua kali.
  • Ketika Kaum Muda Menengah dan Atas Kairo Memilih Jalan Sufi
    Dunia Islam
    Kamis, 11 Mei 2023 - 15:15 WIB
    Kaum sufi Mesir bersikap defensif terhadap negara selama beberapa dekade. Di sisi lain, minat terhadap mistisisme tumbuh di antara anggota muda kelas menengah dan atas Kairo.
  • Ibadah Ruhani Sebagai Jalan Ketaatan
    Muslimah
    Sabtu, 07 Agustus 2021 - 15:37 WIB
    Menjalani kehidupan di masyarakat dan rumah tangga tanpa tazkiyah ibarat menanam tanpa air. Memang dapat tumbuh, tapi cepat layu dan cepat mati. Apa itu tazkiyah? Dan bagaimana penerapannya dalam ibadah?
  • Taubat Sebagai Jalan Keluar Masalah
    Muslimah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 07:13 WIB
    Hampir setiap hari manusia melakukan perbuatan salah, baik yang disadari atau pun tidak disadari. Oleh karena itulah Allah Taala memberikan jalan kepada manusia untuk senantiasa membersihkan diri dari noda-noda dosa, yakni taubat.
  • Semangat Kebersamaan, Eiger Berbagi Takjil Barokah kepada Pengguna Jalan
    Dunia Islam
    Senin, 03 Mei 2021 - 22:24 WIB
    Semangat kebersamaan di bulan penuh berkah Ramadhan 1442 Hijriah, PT Eigerindo Multi Produksi menggelar berbagi kasih terhadap sesama yang dikemas dalam Eiger Takjil Barokah.
  • Jalan Ketaatan Para Sufi Menurut Ibnu Taimiyah
    Tausyiah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:50 WIB
    Para sufi dan mereka yang menekuni fiqih sama-sama berhak memperoleh sebutan al-shiddiq-u, hanya saja masing-masing menempuh jalan ketaatan pada Allah dan Rasul-Nya menurut ijtihad yang mereka lakukan.
  • Jalan Sufi: Pertumbuhan, Kemerosoan, dan Pembaruan
    Hikmah
    Minggu, 17 Januari 2021 - 08:23 WIB
    Ajaran sejati dimulai dengan para Pelindung, Raja Pengetahuan dan Pemahaman. Tidak dimulai dengan cinta, usaha atau indakan yang hanya mungkin dengan pengetahuan sejati.
  • Jalan Kaum Sufi Menurut Al-Insan al-Kamil
    Hikmah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 15:24 WIB
    Sufisme adalah ajaran sebaik persaudaraan kaum Sufi, orang-orang mistis yang berbagi keyakinan bahwa pengalaman batiniah bukanlah bagian dari kehidupan, tetapi kehidupan itu sendiri.
  • Jalan Sufi: Berikut Salah Satu Materi Tarekat Chrisytiyah
    Hikmah
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 15:43 WIB
    Metodologi khusus kaum Chisyti segera mengalami kristalisasi menjadi kecintaan sederhana terhadap musik pembangkitan emosional yang dihasilkan musik dikacaukan dengan pengalaman spiritual.
  • Penulis Klasik Hakim Jami dalam Jalan Sufi Idries Shah
    Hikmah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 15:47 WIB
    Ia membuat para pendeta dan pujangga di zamannya benar-benar merasa tidak nyaman. Terutama sejak konvensi, dimana tidak seorang pun kelihatan hebat kecuali ia merendahkan diri.
  • Mengagumkan, Jejak Kaki Nabi Ibrahim di Masjidil Haram Terlihat Jelas
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Mei 2021 - 04:06 WIB
    Arab Saudi merilis gambar detail yang belum pernah dilihat sebelumnya dari Maqam Ibrahim, atau jejak kaki nabi Ibrahim saat membangun kakbah di Masjidil Haram.
  • Kisah di Zaman Nabi Syuaib: Tanda Hukuman Tuhan
    Hikmah
    Senin, 20 September 2021 - 16:05 WIB
    Pada zaman Nabi Syuaib, seorang pria datang ke hadapan Nabi, Tuhan telah menyaksikan semua dosa yang aku lakukan. Namun karena kemurahanNya, Ia masih juga belum menghukumku.
  • Asy-Syibli dan Al-Junaid: Guru Sufi Awal
    Hikmah
    Sabtu, 14 November 2020 - 07:20 WIB
    Abu Bakr ibnu Dulaf ibnu Jahdar (asy-Syibli), dan Abul Qasim al-Junaid, si Merak Kaum Terpelajar, adalah dua guru Sufi awal. Mereka berdua hidup dan mengajar lebih dari seribu tahun yang lalu.