Topik Terkait: Jalan Kaki (halaman 2)

  • Sabar Menunggu Jalan Keluar dari Allah Taala
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juli 2021 - 07:49 WIB
    Tidak ada suatu masalah atau musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
  • Kaki Gunung Hail di Arab Saudi, Bukan Sekadar Gurun
    Dunia Islam
    Selasa, 23 Mei 2023 - 08:43 WIB
    Arab Saudi tak gersang lagi. Di wilayah Hal menawarkan pemandangan ngarai, dataran, gurun Al-Nafud, dan kaki gunung yang indah. Wilayah ini terletak di barat laut Arab Saudi.
  • Qalandar Puri: Betapa Anehnya Manusia
    Hikmah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 09:01 WIB
    Coba bayangkan sejenak bahwa engkau adalah makhluk selain manusia. Tidak dirasakan oleh manusia, engkau memasuki salah satu tempat tinggalnya. Asumsikan engkau tidak memiliki pengalaman kemanusiaan.
  • Penulis Klasik Hakim Jami dalam Jalan Sufi Idries Shah
    Hikmah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 15:47 WIB
    Ia membuat para pendeta dan pujangga di zamannya benar-benar merasa tidak nyaman. Terutama sejak konvensi, dimana tidak seorang pun kelihatan hebat kecuali ia merendahkan diri.
  • Ingatan Karya Haji Bahauddin dari Bukhara
    Hikmah
    Jum'at, 01 Januari 2021 - 14:21 WIB
    Latihan mengingat keberadaan dan pengalaman-pengalaman terakhir dirancang untuk memberi kita kapasitas ingatan jauh ke belakang mengingat bahwa yang mana dalam penundaan atau ditangguhkan.
  • Bahauddin Naqsyabandi tentang Latihan Batiniah
    Hikmah
    Rabu, 11 November 2020 - 10:06 WIB
    Perbaikan manusia adalah tujuan, dan pengajaran batiniah seluruh keyakinan bertujuan demikian. Dalam usaha menyempurnakannya, selalu terdapat tradisi yang diteruskan olah penerus para ahli.
  • 7 Panduan agar Jalan Hijrah Tetap Istiqamah
    Tips
    Senin, 24 Juli 2023 - 14:11 WIB
    Agar istiqamah dalam berhijrah , tentu memerlukan cara atau panduan khusus terutama saat saat memulai kehidupan baru dalam berhijrah. Apa dan bagaimana panduannya?
  • Tiga Kunjungan ke Guru Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Rabu, 04 November 2020 - 09:43 WIB
    Ketika pertama kalian datang, kelasku sangat serius --aku sedang menerapkan perbaikan. Kedua kali kalian datang, mereka terlalu gembira-- aku sedang memperbaikinya.
  • Sifat Tawadhu Jalan Menuju Kedudukan Mulia
    Muslimah
    Kamis, 14 Januari 2021 - 15:34 WIB
    Tawadhu atau rendah hati merupakan sebuah akhlak dalam Islam yang tergolong ke dalam akhlak terpuji. Tawadhu dalam Islam berarti seseorang menempatkan dirinya lebih rendah di hadapan Allah dan hamba-hamba Allah Subhanahu wa taala.
  • Ketika Kaum Muda Menengah dan Atas Kairo Memilih Jalan Sufi
    Dunia Islam
    Kamis, 11 Mei 2023 - 15:15 WIB
    Kaum sufi Mesir bersikap defensif terhadap negara selama beberapa dekade. Di sisi lain, minat terhadap mistisisme tumbuh di antara anggota muda kelas menengah dan atas Kairo.
  • Perenungan Diri: Menjadi Apa yang Seseorang Dapat Menjadi
    Hikmah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 14:28 WIB
    Sufisme adalah ilmu mendiamkan apa yang harus didiamkan, dan memperhatikan (waspada) apa yang harus diperhatikan (diwaspadai), tidak berpikir bahwa engkau dapat diam.
  • Allah beri jalan kemudahan dari tiap kesulitan
    Tausiyah
    Jum'at, 26 Juli 2013 - 17:45 WIB
    Allah bukan saja menyuruh kita berbuat baik, melainkan Allah juga menyediakan jalan-jalan kebaikan buat kita. Secara sederhana pancaindra kita adalah modal dari Allah buat kita agar bisa berbuat baik.
  • Kisah Dzunnun Al-Mishri: Kasih Tuhan Tak Berbatas
    Hikmah
    Kamis, 02 September 2021 - 09:29 WIB
    Betapa kasih sayang Allah sangat besar kepada hambanya. Bahkan kepada seorang pemabuk seperti dirinya, Allah masih memberikan perlindungan dan penjagaan-Nya.
  • Mengapa Tamu Adalah Penunjuk Jalan Menuju Surga?
    Muslimah
    Minggu, 05 September 2021 - 05:10 WIB
    Rumah tidak sekadar tempat tinggal, tetapi rumah juga bisa mendatangkan keberkahan bagi penghuninya. Yakni keberkahan dari keikhlasan seseorang dalam menjamu tamunya.
  • Cerita Ajaran: Tidak Hanya Tertawa Pada Si Bodoh
    Hikmah
    Sabtu, 19 Desember 2020 - 12:28 WIB
    Anda tertawa pada anekdot si bodoh. Sekarang, akankah Anda melakukan lebih (daripada itu) dan mengira tentang pemikiran yang Anda miliki (milik Anda sendiri) seolah garam dan tepung?
  • Di Kaki Kabah, Tatkala Khalifah Meminta Fatwa dari Bekas Budak
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 15:07 WIB
    Tiada aku melihat seorangpun yang lebih mengharapkan wajah Allah dengan ilmunya melainkan tiga orang, Atha, Thawus, dan Mujahid (Salamah bin Kuhail)
  • Kisah Al-Hallaj Dijatuhi Hukuman Bakar, Debu Jasadnya Dibuang ke Sungai Tigris
    Hikmah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 08:52 WIB
    Ia mengalami persatuan dengan Tuhan dan mengatakan Akulah yang Maha Benar. Lantaran itu, Al-Hallaj dijatuhi hukuman bakar, debu jasadnya dibuang ke Sungai Tigris.
  • Al-Qadam dan Kaos Kaki bagi Muslimah
    Muslimah
    Rabu, 19 Januari 2022 - 08:32 WIB
    Islam menegaskan bahwa semua bagian tubuh seorang perempuan muslimah adalah aurat, kecuali muka dan telapak tangan. Lantas, apakah bagian bawah kaki atau disebut al qadam termasuk batasan aurat juga?
  • Kisah Bakhtiar Baba, Penguasa Tiran, dan Nabi Khidir
    Hikmah
    Sabtu, 04 September 2021 - 19:13 WIB
    Seorang lelaki miskin dan buta bernama Bakhtiar Baba, menyusun siasat untuk memperoleh uang yang cukup untuk masa depan istrinya dengan cara menipu raja.
  • Keutamaan Rumah Jauh dari Masjid Ternyata Pahalanya Paling Banyak
    Tausyiah
    Sabtu, 09 September 2023 - 05:10 WIB
    Tahukah Anda, orang yang paling banyak mendapatkan pahala adalah orang yang rumahnya paling jauh dari masjid. Semakin jauh dari masjid semakin besar pula pahala yang didapat.