Topik Terkait: Golongan Perempuan Yang Harus Bayar Fidyah

  • Mereka yang Boleh Membayar Fidyah Puasa Ramadhan
    Tips
    Selasa, 04 Mei 2021 - 18:23 WIB
    Ada beberapa kelompok manusia yang diperbolehkan meninggalkan puasa dan cukup menggantinya dengan membayar fidyah dengan cara memberi makan kepada fakir miskin sesuai dengan jumlah hari yang ia tinggalkan.
  • Cara dan Niat Fidyah Ibu Menyusui
    Muslimah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 08:02 WIB
    Cara dan niat fidyah puasa ibu menyusui ini penting untuk diketahui kaum muslimah yang sudah menjadi seorang ibu. Fidyah sendiri adalah ibadah yang berkaitan dengan harta, sehingga disyaratkan niat dalam pelaksanaannya.
  • Tidak Bisa Qadha Puasa? Begini Cara Menunaikan Fidyah atau Pengganti Puasa
    Tausyiah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 08:33 WIB
    Sebelum Ramadan tiba, umat muslim yang masih memiliki utang puasa wajib menggantinya dengan cara qadha di bulan-bulan sebelum Ramadan. Lalu, bagaimana yang tidak bisa qadha puasa?
  • Golongan Perempuan yang Wajib Bayar Fidyah Setelah Ramadhan
    Muslimah
    Minggu, 09 Mei 2021 - 11:33 WIB
    Bagi kaum muslimah, tentu saja mereka ada kalanya tidak bisa menjalankan ibadah selama 1 bulan penuh. Ada kendala datang haid atau kendala lainnya, seperti hamil dan menyusui.
  • 3 Golongan Manusia yang Diharamkan Masuk Surga
    Tausyiah
    Sabtu, 28 Oktober 2023 - 20:19 WIB
    Dalam Hadis disebutkan ada tiga golongan manusia yang diancam tidak mendapatkan surga. Orang yang telah melakukan dosa ini tidak akan diampuni Allah kecuali taubat nashuha.
  • Begini Cara Menunaikan Fidyah atau Pengganti Puasa
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 10:14 WIB
    Bagi beberapa orang yang tidak mampu menjalankan ibadah puasa dengan kriteria tertentu, diperbolehkan tidak berpuasa serta tidak harus menggantinya di lain waktu. Namun, sebagai gantinya diwajibkan untuk membayar fidyah (pengganti/penebus).
  • Perempuan-Perempuan yang Dinantikan Neraka
    Muslimah
    Minggu, 22 November 2020 - 18:27 WIB
    Ada beberapa golongan perempuan yang akan diusir dari surga dan berakhir di neraka, dan mereka bahkan tak diizinkan mencium harumnya surga. Padahal, begitu dasyatnya surga dapat tercium sejauh 70 tahun jarak perjalanan.
  • Orang Tuli dan Pikun, Termasuk 4 Golongan Istimewa di Yaumil Hisab, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Senin, 14 Februari 2022 - 16:31 WIB
    Orang yang tuli, orang pikun, orang keterbelakangan mental, dan orang yang hidup di masa tak ada rasul yang diutus, disebut sebagai 4 golongan yang mendapat keistimewaan dari Allah Taala di Yaumil Hisab.
  • Golongan Perempuan yang Boleh Tidak Berhijab
    Muslimah
    Jum'at, 04 September 2020 - 08:09 WIB
    Tidak semua perempuan muslimah terkena kewajiban untuk menutup aurat ini. Ada pula mereka yang berhak untuk tidak berhijab atau melepaskan jilbabnya. Siapa saja mereka?
  • Siapa Golongan Orang yang Tidak Mengalami Ketakutan saat Hari Kiamat?
    Hikmah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 11:32 WIB
    Hari kiamat merupakan perkara ghaib yang wajib diimani setiap mukmin. Dan, Allah Taala memberitahukan tanda-tandanya kepada Nabi Muhammad shallallahu alihi wa sallam.
  • 4 Golongan yang Doanya Tidak Ditolak Allah, Siapakah Mereka?
    Tausyiah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 21:05 WIB
    Ada 4 golongan manusia yang doanya tidak akan ditolak Allah subhanahu wa taala. Apa yang dipanjatkan dalam doa itu Insya Allah akan diijabah Allah berkat kasih sayang-Nya.
  • Jasad Guru Ngaji Viral, Ini 10 Golongan yang Jasadnya Utuh dalam Kubur
    Hikmah
    Sabtu, 15 Januari 2022 - 22:29 WIB
    Jasad guru ngaji yang masih utuh setelah 17 tahun dikubur menuai perbincangan publik. Berikut 10 golongan manusia yang jasadnya utuh di alam kubur.
  • Masuk Golongan Manakah Hati Kita?
    Muslimah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 07:57 WIB
    Jika hati lurus, maka perilakunya juga baik, begitu juga sebaliknya. Lantas, apakah hati kita termasuk golongan yang sehat, golongan hati yang sakit atau bahkan hati yang mati?
  • Aspek Hukum Puasa: Mereka yang Boleh Membayar Fidyah jika Tidak Berpuasa
    Tausyiah
    Kamis, 14 Maret 2024 - 14:44 WIB
    Orang-orang tua atau orang yang mempunyai pekerjaan yang sangat berat, sehingga puasa sangat memberatkannya, sedang ia tidak mempunyai sumber rezeki lain kecuali pekerjaan itu.
  • Inilah Golongan yang Tidak Boleh Diberi Zakat Fitrah
    Muslimah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 12:01 WIB
    Zakat fitrah tidak diberikan pada sembarang orang, ada 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah ini, dan ada 5 golongan yang tidak boleh diberi zakat fitrah tersebut.
  • Pengertian Fidyah dan Tata Cara Membayarnya
    Tips
    Selasa, 19 April 2022 - 13:24 WIB
    Bagi muslimin yang sudah tidak mampu lagi berpuasa, Allah memberikan keringanan untuk mereka dengan adanya fidyah. Apa itu fidyah dan bagaimana cara membayarnya?
  • 8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat
    Tausyiah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 04:09 WIB
    Dalam prinsip Islam, membayar zakat bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga merupakan cara untuk membersihkan harta serta memperlihatkan kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan. Lantas siapa saja yang berhak menerima zakat tersebut?
  • Inilah 4 Golongan yang Mendapat Kebaikan dari Allah SWT
    Tausyiah
    Senin, 20 Februari 2023 - 12:36 WIB
    Orang yang beriman yang tunduk dan patuh kepada Allah Subhanahu wa taala dan hanya mengharap kenikmatan dan kebaikan dari-Nya, merupakan orang-orang yang beruntung.
  • 5 Golongan yang Boleh Tidak Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan
    Tips
    Sabtu, 02 April 2022 - 05:15 WIB
    Puasa Ramadhan diwajibkan bagi setiap muslim yang sudah mukallaf (baligh), namun ada golongan yang diberi dispensasi oleh Allah Subhanahu wa Taala untuk tidak menunaikan ibadah puasa ini
  • Cara Menghitung Fidyah Puasa Ramadan serta Kategori Orang yang Harus Membayarnya
    Tips
    Senin, 26 Februari 2024 - 13:03 WIB
    Cara menghitung fidyah puasa Ramadan ini penting diketahui umat muslim. Fidyah puasa Ramadan, berarti tebusan yang dibayar karena melakukan larangan atau tidak berpuasa Ramadan.