Artikel Dialog Bersama Ustaz dan Islam

  • Puasa pada hari raya
    Puasa pada tanggal satu syawal memang diharamkan oleh Allah melalui sabda Rasulullah yang artinya: &ldquodari Anas ra, bahwa Nabi SAW melarang puasa lima hari dalam setahun, yaitu: hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha dan tiga hari tasyriq (tiga hari sesudah Idul Adha)&rdquo (HR. Daruquthni).
  • Dosa belum balig
    Rasulullah bersabda yang artinya: &ldquoYang terlepas dari hukuman (dosa) adalah tiga golongan, yaitu anak-anak hingga ia balligh, orang tidur hingga bangun dan orang gila hingga ia sembuh&rdquo (HR. Daud dan Ibnu Majah).
  • Salat fajar sebelum atau sesudah Azan?
    Yang dimaksud dengan salat sunat fajar adalah salat sunat yang dilaksanakan setelah terbit fajar dan masuknya terbitnya fajar berarti masuknya waktu subuh yang ditandai dengan azan subuh, dan kebiasaan Rasulullah, salat tersebut dilaksanakan sesudah azan sebelum salat subuh.
  • Tarawih sendirian
    Salat yang seharusnya dilakukan secara berjamaah sebaiknya dilakukan secara berjamaah, seperti salat lima waktu, salat jenazah dan salat sunat tarawih. Namun, bila seseorang berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan, maka salat ini bisa dilakukan sendirian.
  • Qunut salat witir?
    Dalam satu hadis diriwayatkan oleh Ahmad, Ash-habus sunah dan lain-lain dari Hasan bin Ali ra yang artinya: &ldquoRasulullah SAW mengajarkan doa-doa untuk saya baca dalam witir, yaitu: Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau tunjuki ...&rdquo.
  • Penghasilan yang dizakatkan
    Allah SWT berfirman yang artinya: &ldquoAmbilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah maha mendengar lagi maha menetahui &rdquo (QS 9:103)
  • Merusak Alquran
    Pada dasarnya setiap benda yang dimiliki seseorang menjadi kewajibannya untuk memelihara dan menjaganya. Jangankan Alquran, buku saja kita pelihara agar tetap bersih dan awet, bahkan koran yang baru kita beli, kita amat marah kepada orang yang merobeknya, karena koran itu belum kita baca.
  • Kutbah Id berapa kali?
    Di masyarakat kita memang kutbah Ied, baik Idul Fitri maupun Idul Adha ada yang melaksanakan sekali dan ada yang dua kali khutbah. Yang melaksanakan dua kali karena selama ini dianggap sama antara kutbah Id dengan kutbah Jumat.
  • Baca Alquran tanpa tajwid
    Membaca Alquran merupakan salah satu bentuk beribadah yang harus dilaksanakan dengan baik. Huruf demi huruf yang dibaca memberikan nilai kebaikan senilai sepuluh kali, bila membacanya pada bulan Ramadan tentu lebih besar lagi.
  • Tuntunan Ramadan
    Doa iftitah di dalam salat hukumnya sunat, jadi boleh dibaca dan boleh tidak. Kalau anda shalat tarawih berjamaah dan waktunya cukup untuk itu sebaiknya anda membaca, tapi bila tidak, sebab memang banyak imam tarawih yang tidak membacanya dan setelah takbiratul ihram ia langsung membaca Al fatihah
  • Perintah tarawih tidak ada?
    &ldquoDari Abu Hurairah, dia berkata: &ldquoadalah Rasulullah SAW senang salat (malam) di bulan Ramadan (qiyamu ramadan), dengan tidak menyuruhnya hal itu sebagai suatu keharusan (azimah). Bahkan dia bersabda, barangsiapa salat (malam) di bulan Ramadan dengan penuh iman dan karena Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu&rdquo. (HR. Jamaah).
  • Salat sesudah witir
    Memang dalam salah satu hadits, Rasululah bersabda yang artinya: &ldquoJadikanlah salat witir itu sebagai akhir dari salat malammu&rdquo (HR. Jamaah kecuali Ibnu Majah dari Ibnu Umar). Yang dimaksud dengan salat malam adalah salat tahajjud dan salat tarawih di malam bulan Ramadan, disamping salat witir itu sendiri.
  • Mengada puasa orang lain
    Hadits Rasul yang artinya: &ldquoDari Aisyah, telah berkata Rasulullah SAW: &ldquoBarangsiapa yang mati dengan meninggalkan kewajiban (kada) puasa, hendaklah walinya berpuasa untuk menggantikannya&rdquo (HR. Bukhari dan Muslim).
  • Imsak sebelum fajar
    Puasa memang harus dimulai pada saat terbit fajar dan diakhiri dengan berbuka pada saat terbenam matahari (magrib). Kalau kemudian di masyarakat kita sudah terbiasa imsak (masa menahan) sebelum fajar, itu hanyalah dengan maksud bersiap-siap agar pada saat terbit fajar kita sudah siap berpuasa.
  • Haid dan istihadhah
    Apabila lebih dari 15 hari berturut-berturut apalagi keluar darahnya tidak berurutan, maka hal itu bukan haid lagi namanya, oleh Fiqh Islam disebut dengan istihadhah atau masyarakat kita menyebutnya dengan istilah keputihan karena memang warna darahnya agak keputih-putihan.