Orang Jawa Baru Tertarik Masuk Islam setelah Diperkenalkan selama 750 Tahun

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 18:28 WIB


Menurut Agus Sunyoto, salah seorang anggota keluarga istana Kerajaan Majapahit yang beragama Islam adalah Adipati Surabaya, Aria Lembu Sura. Sebab, nama yang berunsur “Lembu” dapat dipastikan merupakan keluarga Majapahit.

Aria Lembu Sura memiliki dua orang putri yang juga muslimah. Putrinya yang pertama diperistri oleh Raja Majapahit Brawijaya III (Girishawardhana Dyah Suryawikrama/1456-1466), sedangkan putrinya yang lain diperistri oleh Aria Teja, penguasa beragama Islam dari Tuban. Adapun Brawijaya III itu tidak jelas apakah seorang muslim atau nonmuslim.

Selain Aria Lembu Sura, di Surabaya, juga telah dikenal sejumlah nama tokoh muslim, yaitu Ki Ageng Bukul, penguasa wilayah Bukul, Surabaya selatan, dan juga Pangeran Reksa Samodra, seorang Laksamana Laut Majapahit.

Dalam berbagai sumber historiografi yang diteliti oleh Agus Sunyoto, disebutkan bahwa Raja Brawijaya V (Sri Kertawijaya) menikahi seorang muslimah asal Champa bernama Darawati, adik ipar Syekh Ibrahim as-Samarqandi. Tidak jelas apakah Raja Brawijaya V beragama Islam atau bukan, tetapi di dalam Islam, seorang muslimah dilarang menikahi laki-laki nonmuslim, lebih-lebih Darawati merupakan adik ipar ayah Sunan Ampel yang merupakan salah seorang tokoh Islam penyebar agama Islam. Hingga saat ini, makam Darawati masih bisa dijumpai di Trowulan, area situs Majapahit.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Malaikat tidak mau masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat patung-patung atau gambar-gambar.

(HR. Muslim No. 3948)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More