alexametrics

Keutamaan Surah Al-Waqi'ah Dapat Mencegah Kemiskinan

loading...
Keutamaan Surah Al-Waqiah Dapat Mencegah Kemiskinan
Salah satu keutamaan Surah Al-Waqi'ah adalah mencegah kefakiran. Foto/Dok Tarbawia
Surah Al-Waqi'ah (hari kiamat) terdiri dari 96 ayat dan termasuk surat Makkiyah. Surah ke-56 ini bercerita tentang dahsyatnya hari kiamat dan tiga golongan manusia pada hari kiamat.

Selain itu menceritakan balasan bagi orang kafir dan kaum mukmin. Dalam surah ini juga dijelaskan kemuliaan Kitab Suci Alqur'an dan larangan menyentuhnya kecuali bagi mereka yang bersuci atau disucikan.

Dari 114 surah dalam Alqur'an, Al-Waqi'ah termasuk surah yang diagungkan. Keistimewaan Surah Al-Waqi'ah disebut juga surah kekayaan. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca dan mengamalkan surah ini.



Keutamaan Surah Al-Waqi'ah

1. Dari Anas dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, "Ajarkanlah perempuan-perempuan kalian surah Al-Waqiah, karena sesungguhnya ia adalah surah kekayaan." (HR. Ad-Dailaimi)

2. Dari Abdullah bin Mas’ud RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang membaca surah Al-Waqi'ah setiap malam, maka ia tidak akan ditimpa kefakiran/kemelaratan selamanya." (HR. Abu Ya'la dan Ibnu Asakir).

3. Dari Abu Dhibah, ia berkata, Abdullah bin Mas'ud pernah sakit yang hampir wafat. Lalu Sayyidinia Utsman bin Affan menjenguknya dan berkata, "Apa yang kamu keluhkan?" Ia (Abdullah bin Mas'ud) menjawab, "Dosa-dosaku." Lalu apa yang inginkan?" "Rahmat (Allah Ta'ala) untukku."

"Bukankah aku telah menyuruh dokter untukmu?" "Dokter telah membuatku sakit." "Bukankah aku telah menyuruh untuk mu suatu pemberian?” "Aku tidak butuh itu." "Pemberian itu untuk putri-putrimu setelah engkau (tiada)". "Apakah engkau mengkhawatirkan putri-putriku akan menjadi faqir? Sungguh aku telah menyuruh putri-putriku membaca surah Al-Waqi'ah setiap malam, karena aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang membaca surah Al-Waqi'ah setiap malam, maka ia tidak akan ditimpa kefakiran selamanya," kata Abdullah bin Mas'ud.
(rhs)
cover top ayah
قُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ يَغُـضُّوۡا مِنۡ اَبۡصَارِهِمۡ وَيَحۡفَظُوۡا فُرُوۡجَهُمۡ‌ ؕ ذٰ لِكَ اَزۡكٰى لَهُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيۡرٌۢ بِمَا يَصۡنَـعُوۡنَ
Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.

(QS. An-Nur:30)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak